Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.009 views

Penunjang Keilmuan Auditor Syariah

Oleh : Ahmad Ghozi (Abdullah Mahasiswa STEI SEBI)

Dalam dunia industri di Indonesia, segala aktivitas bisnis telah diatur oleh regulasi melalui undang – undang yang berlaku. Setiap transaksi yang terjadi di perusahaan harus di laporkan sebagai akuntabilitas dari kinerja perusahaan.

Rujukan pencatatan dan pelaporan keuangan di Indonesia mengacu kepada Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang diterbitkan oleh Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) yang merupakan adopsi dari IFRS. Di tahun 1998 IAI membentuk Dewan Standar Akuntansi Syariah (DSAK) sebagai respon dari pertumbuhan industri bank Syariah yang bertahan pada masa krisis moneter tersebut.

Untuk menyesuaikan pencatatan pada transaksi yang berbasis Syariah, pada tahun 2002 IAI mengesahkan SAK Syariah dengan tujuan agar industri keuangan Syariah di Indonesia dapat membuat laporan sesuai dengan standar.

Pertumbuhan industri keuangan Syariah di Indonesia terus berkembang pesat hingga saat ini. Praktik keuangan Syariah tidak lagi hanya bergerak di sektor perbankan saja, tetapi juga sudah meliputi asuransi Syariah, pasar modal Syariah, multifinance Syariah, dan masih banyak lagi.

Dalam menyikapi pertumbuhan industri keuangan Syariah ini diperlukannya peran Dewan Pengawas Syariah (DPS) atau konsultan yang juga bergerak dalam bidang audit syariah dalam sistem pengawasan terhadap penerapan standar akuntansi keuangan dan aspek Syariah pada perusahaan atau institusi keuangan Syariah.

Di negara Malaysia, Praktik audit Syariah juga terus berkembang pesat beriringan dengan pertumbuhan industri keuangan Syariah atau di sebut Islamic Financial Institutional (IFIs)di Malaysia. Dalam menanggapi perkembangan tersebut, Fakultas Ekonomi dan Muamalat (FEM) dari Universitas Sains Islam Malaysia (USIM) membuat sebuah program pendidikan professional untuk para auditor Syariah bernama Sharia Audit Training (SAT). Program SAT ini dibuat untuk meningkatkan pemahaman secara komprehensif terkait audit Syariah.

Audit Syariah dalam perkembangan IFIs di Malaysia, membuat kebutuhan akan auditor Syariah meningkat pesat, sehingga pada praktiknya tidak semua auditor yang memiliki latar belakang Syariah dapat ikut andil menjadi auditor Syariah.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Kamarudin M & Hanefah M (2017) dengan tujuan melihat bagaimana kondisi kompetensi keuangan Syariah dan efektifitas program SAT yang di berikan kepada peserta program yang terdiri dari kepala departemen, internal auditor hingga karyawan yang telah bekerja di salah satu industri keuangan Syariah lebih dari 1 (satu) tahun. Hasilnya dapat di lihat dalam tabel sebagai berikut:

Setelah melihat tabel dari hasil penelitian tersebut, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa tidak semua praktisi di industri keuangan Syariah memahami secara kompleks aspek Syariah dalam industri keuangan, hal tersebut dapat di lihat bagaimana peningkatan pengetahuan peserta sebelum dan setelah program SAT dilaksanakan.

Program yang di buat sebagai sarana peningkatan kompetensi keuangan Syariah memang terus dibutuhkan. Tentu para auditor Syariah juga tetap dituntut untuk selalu membekali diri dengan pemahaman Syariah dan update akan pembaruan regulasi keuangan syariah.

Dalam penunjang kompetensi para auditor, Ikatan Akuntan Publik Indonesia (IAPI) diharapkan dapat terus memberikan training dan diskusi terkait update regulasi atau fatwa terbaru yang di keluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Isu-isu dan tantangan audit Syariah di Indonesia harus diperhatikan secara serius, sehingga pertumbuhan industri keuangan Syariah di Indonesia dapat terus meningkat dan dalam pengawasan yang baik dari kinerjanya.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X