Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.715 views

Cingkrang dan Cadar Menurut Ulama Mazhab Syafii

 

Oleh:

Abul Fata Miftah, BA

 

 

CINGKRANG dan cadar akhir-akhir ini menjadi perbincangan, lantaran ada rencana larangan mengenakan cadar dan bercelana cingkrang bagi ASN saat bekerja di kantornya.

Sebagian orang meyakini bahwa cadar dan cingkrang tidak ada kaitannya dengan agama Islam, lebih ironisnya lagi dianggap sebagai ciri kelompok radikal.

Sebagian orang justru menganggap bahwa cadar dan cingkrang adalah bagian dari ajaran agama Islam dengan merujuk pada Al-Quran, hadis dan penafsiran sahabat dan para ulama.

Diantara ulama yang menyinggung masalah cingkrang dan cadar adalah ulama madzhab Syafii, yang merupakan madzhab terbesar yang dianut oleh masyarakat Indonesia.

 

Masalah Cingkrang

Isbal adalah menjulurkan pakaian baik celana, sarung, gamis dan sejenisnya hingga menutupi atau melebihi mata kaki. Orang yang tidak isbal biasa disebut cingkrang.

Imam An-Nawawi Asy-syafii rahimahullah menerangkan tentang bagaimana pakaian lelaki yang dianjurkan. Beliau membuat bab khusus dalam kitabnya syarah shahih muslim "Bab Haramnya Menjulurkan Pakaian Karena Sombong, Penjelasan Batasan Menjulurkan Yang Diperbolehkan Dan Yang Dianjurkan".

Beliau rahimahullah berkata: "Pendapat yang benar bahwa isbal itu berlaku pada sarung, gamis, dan sorban. Tidak diperbolehkan menjulurkannya hingga menutupi mata kaki karena sombong, jika bukan kerena sombong hukumnya makruh (tidak disukai)".

Beliau rahimahullah juga berkata: "Adapun batasan atau kadar yang sesuai ketika menjulurkan gamis dan sarung adalah hingga pertengahan betis (cingkrang)".

Dan beliau rahimahullah juga berkata: Dalam hadis Abi Said Al-Hudhri radhiyallahu anhu yang berbunyi "Pakaian orang mukmin ketika dijulurkan hanya sampai pertengahan betis, tidak mengapa sampai antara pertengahan betis dan mata kaki (sekitar setengah jengkal ke atas dari mata kaki), dan yang melebihi mata kaki ada di neraka" sehingga dianjurkan ketika dalam berpakain (bagi laki-laki) adalah sampai pertengahan betis dan boleh juga kebawah lagi hingga pas mengenai mata kaki (tanpa menutupi atau melebihinya)". 

Intinya, sudah gamblang sekali Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam menyampaikan bahwa pakaian mukmin yang tepat itu sampai setengah betis atau tidak mengapa kebawah hingga mata kaki (tanpa menutupi atau melebihinya). Adapun isbal (menutupi atau melebihi) mata kaki hukumnya haram apabila karena sombong dan makruh (tidak disukai) jika bukan karena sombong. Sehingga salah besar atau bahkan bisa dibilang jahil jika mengatakan cingkrang bukanlah bagian dari agama Islam.

 

Masalah Cadar

Cadar atau niqab adalah kain (yang didesain) untuk menutupi wajah seorang muslimah ketika keluar rumah atau di hadapan lelaki yang bukan mahram.

Imam Ibnu Katsir Asy-Syafii rahimahullah dalam tafsirnya mengutip ucapan sabahat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dan tabiin (generasi setelah sahabat), yaitu; Dari Ali ibnu Abu Thalhah rahimahullah telah meriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhu, bahwa Allah memerintahkan kepada kaum wanita yang beriman apabila mereka keluar rumah untuk suatu keperluan, hendaklah mereka menutupi wajah mereka dimulai dari kepala mereka dengan kain jilbab dan hanya diperbolehkan menampakkan sebelah matanya saja.

Muhammad ibnu Sirin rahimahullah mengatakan bahwa ia pernah bertanya kepada Ubaidah As-Salmani tentang makna firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. (QS. Al-Ahzab: 59) Maka Ubaidah As-Salmani mengatakan, menutupi wajah dan mukanya, serta menampakkan mata kirinya (yakni dengan memperagakannya).

Imam Jalaluddin As-Suyuti Asy-Syafii rahimahullah berkata:Firman Alllah: “Hai Nabi, Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang Mukmin, “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. (QS. Al-Ahzab: 59), lafadz Jalabib adalah bentuk jamak (plural) dari lafadz Jilbab, yaitu kain yang dipakai oleh seorang wanita untuk menutupi seluruh tubuhnya. Maksudnya hendaknya mereka mengulurkan sebagian daripada kain jilbabnya itu untuk menutupi muka mereka, jika mereka hendak keluar karena suatu keperluan, (yang ditampakkan) hanya satu mata. ” [Lihat Tafsir Al-Jalalain].

Imam Taqiyuddin Al-Hishni Asy-Syafii rahimahullah yaitu seorang ulama besar madzhab Syafii, saking hati-hatinya dan perhatiannya dalam masalah hukum wanita menampakkan wajahnya, beliau rahimahullah tetap mewajibkan seorang muslimah menutup wajahnya walaupun dalam keadaan shalat, yaitu ketika shalat di tempat umum yang di sana banyak lelaki bukan mahram dan dikhawatirkan terjadinya kerusakan dan fitnah. Hal ini telah dirasakan di zaman beliau rahimahullah bagaimana dengan kondisi di zaman sekarang?

Hukum asal wanita ketika shalat harus membuka wajahnya namun ketika itu justru menimbulkan kerusakan dan fitnah maka wajahnya harus ditutup walaupun dalam kedaan shalat.

Imam Taqiyuddin al-Hishni asy-Syafii rahimahullah berkata: “Dimakruhkan bagi seorang laki-laki shalat menggunakan pakaian yang bergambar, menutup mulutnya (dengan kain). (Dimakruhkan) bagi wanita memakai cadar (menutup wajah) kecuali dia shalat di masjid dan di sana ada laki-laki bukan mahrom yang tidak bisa menghindari dari melihat wajah wanita tersebut, apabila laki-laki itu dengan melihat wajah wanita tersebut kemudian menimbulkan kerusakan atau fitnah maka haram bagi wanita tersebut menampakan wajahnya dan ini banyak terjadi di tempat-tempat yang biasa dikunjungi seperti di Baitul Maqdis- semoga Allah menambahkan kemuliaannya- maka hendaknya meninggalkan perbuatan tersebut (yaitu membuka wajah). ” [Lihat Kitab Kifayatul Akhyar].

Hal serupa juga disampaikan oleh Imam Al-Khathib Asy Syarbini Asy-Syafii Rahimahullah, beliau mengatakan:

 

ﻳُﻜْﺮَﻩُ ﺃﻥْ ﻳﺼﻠﻲ ﻓﻲ ﺛﻮﺏ ﻓﻴﻪ ﺻﻮﺭﺓ، ﻭﺃﻥ ﻳﺼﻠﻲ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﻣُﺘﻠﺜِّﻤًﺎ ﻭﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﻣﻨﺘﻘﺒﺔ : ﺇﻻ ﺃﻥ ﺗﻜﻮﻥَ ﻓﻲ ﻣﻜﺎﻥٍ ﻭﻫﻨﺎﻙ ﺃﺟﺎﻧﺐُ ﻻ ﻳﺤﺘَﺮِﺯُﻭﻥَ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﻈﺮ ﺇﻟﻴﻬﺎ، ﻓﻼ ﻳﺠﻮﺯ ﻟﻬﺎ ﺭﻓﻊُ ﺍﻟﻨﻘﺎﺏ  

 

"Dimakruhkan seseorang shalat menggunakan pakaian yang bergambar, juga makruh shalat laki-laki yang memakai masker atau penutup mulut dan wanita yang memakai cadar, kecuali jika wanita tersebut berada di tempat yang tidak bisa dihindari bahwa laki-laki pasti melihatnya maka tidak boleh baginya melepas cadarnya. (Kitab Al-Iqna', 1/124).

Imam Ibnu Hajar Al-Haitami Asy-Syafii Rahimahullah mengatakan:

 

ووجهه الإمام باتفاق المسلمين على منع النساء أن يخرجن سافرات الوجوه

"Hendaknya seorang pemimpin mengarahkan berdasarkan kesepakatan kaum muslimin bahwa kaum wanita terlarang keluar rumah dengan memamerkan wajahnya. (Kitab Tuhfatul Muhtaj, 7/193).

Jadi, sudah sangat gamblang dan jelas tentang cingkrang dan cadar dalam agama Islam. Seorang muslim yang betul-betul beriman pasti akan mendahulukan Al-Quran, Al-Hadits, ucapan sahabat Rasulullah, ucapan tabiin dan ucapan ulama yang hidup di zaman penuh ilmu dan keberkahan serta jauh dari fitnah syahwat dan syubhat daripada ucapan orang, tokoh akademik, tokoh politikus apalagi ucapan orang-orang jahil tentang syariat dan hukum Islam yang hidup di zaman ini yang penuh fitnah, syahwat dan syubhat, keharaman dan kepentingan dunia serta kekuasaan. Semoga Allah selalu menjaga syariat Islam yang mulia ini dan memudahkan umat Islam dalam mengamalkannya.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Maryanti tak bisa khusyuk beribadah Ramadhan karena kondisinya kritis. Persalinan di rumah sakit berjalan lancar, namun tagihan 4,5 juta rupiah tak mampu dibayar oleh keluarga kuli serabutan...

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Terlahir disabilitas tanpa kaki dan tangan yang sempurna, ia tetap tegar berdakwah dan bekerja mencari nafkah sebagai tukang las di bengkel berat. Ia butuh sepeda motor roda tiga untuk berdakwah....

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Sudah 21 hari Kakek Jaman mengungsi ke jembatan di tengah sawah Karangharja Bekasi. Rumah bambu yang dihuni sejak tahun 1985 itu roboh diterjang banjir akibat jebolnya tanggul Citarum....

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla ini ambruk tak kuat menahan gempuran hujan deras. Kegiatan ibadah dan syiar mushalla pun terhenti. Ayo bantu renovasi supaya pada bulan Ramadhan warga bisa shalat jamaah, tarawih dan...

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Belum genap berusia 2 tahun, bocah imut mungil ini harus menjalani hidup dengan dahsyatnya penyakit tumor ganas di. Hari-harinya dipenuhi tangis bersimbah darah yang mengucur dari luka matanya...

Latest News
Permakluman Tindak Kemungkaran, Ibliskah?

Permakluman Tindak Kemungkaran, Ibliskah?

Kamis, 06 May 2021 12:57

Larangan Mudik Jilid II dengan Problematikanya

Larangan Mudik Jilid II dengan Problematikanya

Kamis, 06 May 2021 11:06

Akhir Ramadhan, ASAR Humanity Berbagi Kebahagiaan dengan Yatim-Dhuafa

Akhir Ramadhan, ASAR Humanity Berbagi Kebahagiaan dengan Yatim-Dhuafa

Kamis, 06 May 2021 10:14

Seorang Wanita Mali Lahirkan 9 Bayi Sekaligus

Seorang Wanita Mali Lahirkan 9 Bayi Sekaligus

Rabu, 05 May 2021 20:27

Taliban Rebut Sebuah Distrik Di Baghlan Utara Afghanistan

Taliban Rebut Sebuah Distrik Di Baghlan Utara Afghanistan

Rabu, 05 May 2021 19:15

Sayap Militer Hamas Peringatkan Israel Atas Serangan Geng Zionis Di Yerusalem Timur

Sayap Militer Hamas Peringatkan Israel Atas Serangan Geng Zionis Di Yerusalem Timur

Rabu, 05 May 2021 18:54

Jangan Tinggalkan Doa Ini di Lailatul Qadar

Jangan Tinggalkan Doa Ini di Lailatul Qadar

Rabu, 05 May 2021 15:08

Tips Menghindari Tag Video Porno di Facebook

Tips Menghindari Tag Video Porno di Facebook

Rabu, 05 May 2021 14:59

Al Qur'an, Perempuan, dan Literasi

Al Qur'an, Perempuan, dan Literasi

Rabu, 05 May 2021 14:52

E-KTP untuk Transgender, dari Toleransi Hingga Mengasihi

E-KTP untuk Transgender, dari Toleransi Hingga Mengasihi

Rabu, 05 May 2021 14:31

Indonesiaku Hijau, Cara PKS Lawan Penghancuran Global

Indonesiaku Hijau, Cara PKS Lawan Penghancuran Global

Rabu, 05 May 2021 13:53

MUI: Pemberangkatan Haji Harus Pertimbangkan Keselamatan Jiwa Jamaah

MUI: Pemberangkatan Haji Harus Pertimbangkan Keselamatan Jiwa Jamaah

Rabu, 05 May 2021 12:50

Lemak Ini Lebih Berbahaya Dibandingkan Kolesterol Makanan

Lemak Ini Lebih Berbahaya Dibandingkan Kolesterol Makanan

Rabu, 05 May 2021 11:00

IMT-GT Tempatkan Produk Halal Bagian Program Pemulihan Ekonomi

IMT-GT Tempatkan Produk Halal Bagian Program Pemulihan Ekonomi

Rabu, 05 May 2021 10:55

Silaturahim Dengan MUI, PKS Jelaskan Kiprah Perempuan Dalam Politik dan Dukungan Terhadap RUU Ekonom

Silaturahim Dengan MUI, PKS Jelaskan Kiprah Perempuan Dalam Politik dan Dukungan Terhadap RUU Ekonom

Rabu, 05 May 2021 10:50

Maksimalkan Pengelolaan Emosi di Bulan Suci, PP Himi Persis Adakan Sinergi Ramadhan

Maksimalkan Pengelolaan Emosi di Bulan Suci, PP Himi Persis Adakan Sinergi Ramadhan

Rabu, 05 May 2021 10:45

Tragedi Nanggala 402, Hima PERSIS Desak Pemerintah Lakukan Percepatan Modernisasi Alutsista TNI

Tragedi Nanggala 402, Hima PERSIS Desak Pemerintah Lakukan Percepatan Modernisasi Alutsista TNI

Rabu, 05 May 2021 10:40

Kapal Selam KRI Bocah Jogokariyan-1442

Kapal Selam KRI Bocah Jogokariyan-1442

Rabu, 05 May 2021 10:35

Kajian Akbar Spesial Akhir Ramadhan Bersama Ustaz Abdul Somad dan Ustaz Zaitun Rasmin

Kajian Akbar Spesial Akhir Ramadhan Bersama Ustaz Abdul Somad dan Ustaz Zaitun Rasmin

Rabu, 05 May 2021 08:48

Utang Luar Negeri Indonesia Semakin Membengkak, Anis: Sinyal Kurang Baik

Utang Luar Negeri Indonesia Semakin Membengkak, Anis: Sinyal Kurang Baik

Rabu, 05 May 2021 08:09


MUI

Must Read!
X