Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.186 views

Muhammadiyah Targetkan Satu Juta Paket Sembako untuk Ketahanan Pangan

YOGYAKARTA (voa-islam.com)--Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga kini membuat roda perekonomian nasional mengalami gangguan serius dan mengakibatkan ancaman bagi ketahanan pangan warga khususnya dari golongan ekonomi menengah ke bawah. Ini tentu menjadi persoalan besar jika tidak diatasi karena bisa mengakibatkan gangguan tatanan sosial seperti meningkatnya kemiskinan, resiko kekurangan pangan dan sampai kriminalitas.

Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) dalam siaran persnya siang ini (06/05) di Kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah Cik Di Tiro Yogyakarta memaparkan informasi terkait program satu juta paket sembako untuk ketahanan pangan.

Mengawali keterangannya Ketua MCCC Agus Samsudin menyatakan rasa keprihatinan dan duka cita yang mendalam terhadap para tenaga medis baik dokter maupun perawat yang meninggal dalam perjuangan menanggulangi pandemi Covid-19 di Indonesia.

Selanjutnya Agus menyampaikan untuk membantu pemerintah dalam mengatasi dampak sosial ekonomi akibat pandemi Covid-19 Muhammadiyah melalui MCCC selain bergerak di bidang kesehatan, yang menjadi bidang pokok permasalahan pandemi ini, dengan menugaskan Rumah Sakit Muhammadiyah dan Aisyiyah (RSMA) untuk melayani pasien Covid-19, juga melaksanakan gerakan di bidang-bidang lain salah satunya ketahanan pangan.

Agus Samsudin mengatakan beberapa langkah yang sudah ditempuh dalam ketahanan pangan antara lain membentuk lumbung pangan, pembagian makanan siap saji dan sembako untuk warga terdampak serta inovasi program ketahanan pangan.

“Program pembagian sembako hingga kini secara keseluruhan berdasarkan update data hingga tanggal 5 Mei 2020 tercatat sudah dibagikan 305.703 paket dengan rincian 223.705 paket dari MCCC seluruh Indonesia, 'Aisyiyah 74.182 paket dan Perguruan Tinggi Muhammaadiyah Aisyiyah 7.843 paket,” katanya.

Sampai akhir bulan Ramadhan nanti (menjelang Idul Fitri), Agus Samsudin mentargetkan 500 ribu paket sembako akan disalurkan kepada warga yang membutuhkan karena terdampak Covid-19. Kemudian 500 ribu paket lagi ditargetkan bisa dibagi sampai akhir tahun ini sehingga total akan jadi 1 juta paket sembako. 

Melalui Lazismu pembagian paket bantuan sembako secara serentak akan dilaksanakan lagi tanggal 19 Mei 2020, bersamaan dengan pendistribusian paket bantuan untuk guru. Pada hari itu juga akan dilakukan launching program ketahanan pangan atau lumbung hidup dengan optimalisasi halaman rumah atau tempat lain yang memungkinkan.

Sementara itu program lumbung pangan selama ini sudah dilaksanakan berbagai level pimpinan Muhammadiyah dari ranting hingga pusat. Contoh seperti lumbung pangan Pimpinan Ranting Muhammadiyah Nitikan, Kota Yogyakarta dan program 100 ribu paket sembakonya Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur. 

Untuk rintisan inovasi ketahanan pangan, MCCC Jawa Tengah mulai aktif menggerakkan program Keluarga Tangguh Hadapi Covid-19 (Katavid) lewat MCCC daerah dan ibu-ibu Aisyiyah dengan menggagas budidaya sayuran serta ikan dalam ember. Seperti MCCC Kebumen pada tanggal 3 Mei 2020 yang lalu melaksanakan pelatihan budidaya ikan dan sayuran dalam ember bertempat di PCM Sruweng.

Agus Samsudin menambahkan program-program penanggulangan pandemi Covid-19 Muhammadiyah selain didukung penuh oleh warga Muhammadiyah sendiri juga mendapat support dari berbagai pihak. Salah satunya dari Kompas Gramedia Grup yang menyerahkan donasi dari penyanyi (alm) Didi Kempot dan para fans-nya yang dikenal dengan sebutan “Sobat Ambyar” melalui acara “Konser Amal Dari Rumah”.

Konser tersebut digelar pada hari Sabtu, 11 April 2020 silam sementara penyerahan donasi yang berhasil dihimpun dari konser tersebut dilaksanakan pada tanggal 22 April 2020 di Gedung Dakwah Muhammadiyah Menteng, Jakarta Pusat. Dalam kesempatan tersebut diserahkan donasi sebesar 2,122 miliar rupiah yang diterima oleh Direktur Eksekutif Lazismu, Edy Suryanto.

Atas kontribusi luar biasa dari almarhum Didi Kempot yang wafat kemarin (05/05) terhadap ikhtiar penganggulangan Covid-19 yang dilaksanakan Muhammadiyah melalui MCCC, keluarga besar Muhammadiyah menyampaikan bela sungkawa yang mendalam dan ucapan terima kasih. Semoga sumbangsih yang diberikan menjadi amal jariyah almarhum. *[Ril/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Rabu, 21/02/2024 16:17

Istimewanya Anak Muda dalam Islam