Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.826 views

Krisis Energi Dunia, Apakah Indonesia Untung?

 

Oleh: Siti Saodah, S. Kom

Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja, daya (kekuatan) yang digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan menurut KKBI. Sumber energi didapatkan dari berbagai sumber seperti matahari menghasilkan energi panas. Sedangkan energi juga bisa bersumber dari barang-barang fosil yang menghasilkan minyak bumi, batu bara dan lainnya. Energi yang dihasilkan dari pengendapan lama fosil-fosil tersebut banyak dibutuhkan oleh masyarakat.

Minyak bumi, batu bara, gas adalah energi yang dihasilkan dari endapan fosil yang cukup lama. Sedangkan minyak bumi adalah energi yang sangat dibutuhkan di seluruh dunia.

Sekretariat Eksekutif I Kementerian Koordinator Perekonomian yaitu Raden Pardede mengatakan bahwa dunia saat ini sedang mengalami krisis energi. Ia menambahkan menipisnya sumber energi fosil menjadi penyebab utama krisis energi dunia. Sedangkan Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah ruah terutama minyak, gas, batu bara, nikel dan lainnya. Sumber energi tersebut patut menjadi perhatian pemerintah dalam pengelolaannya. Pasalnya energi tersebut bukan energi yang bisa dengan mudah didapatkan, butuh proses puluhan tahun untuk memetik hasilnya.  Oleh sebab itu perlu ada pelestarian energi tak terbarukan sehingga ia tidak mudah habis.

Namun sangat disayangkan, pemerintah justru menggenjot produksi energi minyak bumi dan gas guna memenuhi kebutuhan energi dunia. Permintaan yang meningkat membuat harga jual kian merangkak naik. Saat  bersamaan industri-industri dunia kian rakus dalam meraup keuntungan. Tak peduli dampak yang dihasilkan dari besarnya produksi industri mereka.

Industri-industri besar turut andil menyumbang kerusakan dari lingkungan. Emisi karbon yang dikeluarkan oleh industri besar kian menambah kerusakan udara bagi seluruh makhluk hidup salah satunya terjadinya pemanasan global dunia. Kemudian hasil dari pemanasan global tersebut yaitu rusaknya iklim yang tak menentu, banjir, kekeringan dan lainnya.  Seharusnya negeri ini bersiap diri menghadapi kerusakan lingkungan yang dihasilkan oleh industri-industri yang dibangun atas asas keuntungan semata.

Faktanya saat ini apakah Indonesia diuntungkan dari krisis energi dunia? Jelas tidak. Sebab negeri ini sudah banyak mengalami kerugian akibat rusaknya sumber daya alam seperti hutan, barang tambang, hingga perairan. Negeri ini hanya menikmati untung dari hasil pajak saja, sedangkan pengelolaan sumber daya alam diserahkan ke swasta sehingga menghasilkan  kerusakan alam yang tak terkendali.

Kekayaan alam termasuk kepemilikan umum artinya ia adalah milik umat. Kekayaan alam ini dikelola oleh negara dan hasilnya diserahkan untuk kesejahteraan rakyat secara umum. Maka haram pengelolaan kekayaan alam kepada individu ataupun swasta.  Pedoman kepemilikan umum merujuk kepada hadist Rasulullah SAW “Kaum muslim berserikat dalam tiga hal yaitu air, rumput dan api“ (HR. Ibnu Majah). Bahkan Islam jelas melarang pengelolaan sumber daya alam yang hanya menguntungkan segelintir orang saja.

Islam juga mengatur umatnya untuk berhemat dalam penggunaan energi. Merujuk pada riwayat berikut ini :

عَنْ جَابِرٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :أَطْفِئُوا الْمَصَابِيحَ بِاللَّيْلِ إِذَا رَقَدْتُمْ وَغَلِّقُوا (وَأَغْلِقُوا) الْأَبْوَابَ وَأَوْكُوا الْأَسْقِيَةَ وَخَمِّرُوا الطَّعَامَ وَالشَّرَابَ قَالَ هَمَّامٌ وَأَحْسِبُهُ قَالَ وَلَوْ بِعُودٍ يَعْرُضُهُ

Dari Jabir ra. Berkata, Rasululullah SAW bersabda “ matikanlah lampu-lampu pada malam hari ketika kalian hendak beristirahat, dan tutuplah pintu-pintu, tutuplah bak-bak air, tutuplah makanan dan minuman.” Hammam berkata “tutuplah walau hanya dengan sebatang ranting.” (HR. Bukhari)

Dari hadist diatas Rasulullah mengajarkan kepada umatnya untuk berhemat menggunakan energi. Bahkan dalam hal kecil seperti mematikan lampu karena ini akan berdampak pada penghematan listrik dan penggunaan bahan bakar untuk membangkitkan listrik. Penghematan ini berdampak pada kelestarian energi yang tak terbarukan juga. Sekaligus berdampak pada perbaikan iklim dunia jika mampu menghemat energi.

Hanya dengan Islam saja aturan diatas dapat diterapkan jika ada sebuah institusi yang mengatur kehidupan dengan aturan Allah yang paripurna. Waalahualam bisshowab. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Insya Allah besok Jum’at IDC berbagi Sedekah Jum’at dan Wakaf Mushaf Al-Qur'an kepada para Santri TPQ Masjid Al-Iman Garut. Mari berburu keberkahan sedekah Jumat dan wakaf Al-Qur'an....

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah  Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Nurul Hikmah di Tangerang Banten ini terhenti karena terkendala biaya. Diperlukan biaya 30 juta rupiah untuk merampungkan agar ibadah dan syiar Islam makin semarak....

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Ustadz Karita dan Ustadzah Nurjanah totalitas berdakwah memajukan pendidikan agama di Leuwigede Indramayu. Karena keterbatasan ekonomi, mereka tinggal di gubuk dari karung bekas. Ayo Bantu..!!!...

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah, ibadah dan pengajian warga Kampung Warung Gantung Talegong Garut, Jawa Barat. Namun sampai saat ini belum memiliki tempat wudhu. Ayo Wakaf..!!!...

Latest News

MUI

Must Read!
X