Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.548 views

Harga Produk Pangan Melangit, Ekonomi Rakyat Terjepit

 

Oleh: Miftahul Jannah

(Aktivis Dakwah Kampus)

 

Setiap individu membutuhkan makanan untuk bertahan hidup karena merupakan kebutuhan utama yang wajib dipenuhi. Aktivitas yang dilakukan individu ataupun kelompok untuk memperoleh barang atau jasa dalam memenuhi kebutuhan hidupnya disebut sebagai kegiatan ekonomi. Yakni dengan saling bertukar barang (barter) atau menukarnya dengan mata uang.

Beberapa persoalan terjadi belakangan ini seperti tingginya harga sejumlah komoditas di pasar global yang berdampak pada kenaikan harga barang secara umum. Kesulitan rakyat dalam memperoleh produk pangan karena terbatasnya ketersediaan stok barang menjadi masalah penting yang harus segera diatasi.

Dilansir dari cnbc Indonesia, daftar harga barang yang naik pada tahun 2022 yaitu BBM, minyak goreng, LPJ, daging, tahu dan tempe. Selain masyarakat, pada pedagang pun mengeluhkan kenaikan harga kebutuhan. Pasalnya, ongkos yang dikeluarkan lebih besar, sementara di sisi lainnya pedagang harus menekan harga agar semakin kompetitif (04/03/2022).

Diperkirakan bahan pangan akan mengalami kenaikan hingga menjelang Ramadhan tiba. Kenaikan dan kelangkaan bahan pangan kerap terjadi karena banyaknya oknum yang melakukan penimbunan barang dan akan dipasarkan ketika menjelang Ramadhan ataupun hari raya.

Tidak hanya itu, pemerintah juga kerap menyerahkan urusan pangan pada asing. Sehingga, wajar jika kebutuhan pangan di negeri harus mengandalkan impor dan otomatis biaya impor lebih besar dibandingkan produksi lokal.

Hal ini tidak menghalangi kebahagiaan masyarakat muslim dalam mencari persediaan kebutuhan untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan. Sayangnya, hanya masyarakat yang tergolong mampu yang dapat membeli keperluan bahan makanan pokok dan keperluan lainnya. Berbeda dengan masyarakat miskin yang pendapatannya tidak seberapa.

Mengapa fenomena ini terjadi setiap tahun dan terus berulang? Terdapat tiga faktor penyebab terjadinya kenaikan harga produk pangan menjelang bulan Ramadhan.

Pertama, Isu perubahan iklim global yang berdampak pada ekonomi. Hal ini terjadi apabila kondisi iklim berubah-ubah, seperti kemarau panjang dan musim penghujan yang tak kunjung selesai, maka hasil pertanian menjadi tak menentu.

Kedua, kebijakan ekspor dan impor yang kurang tepat membuat stok barang menjadi terbatas bagi rakyat dan juga membuat produk lokal tak laku. Sumber daya alam yang dikelola tersebut seharusnya diutamakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ketiga, adanya kecurangan dalam pengelolaan distribusi barang sehingga terjadi penimbunan. Produk pangan yang biasanya didistribusikan ke masyarakat, macet ditimbun oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

Islam Mempunyai Solusi

Sistem Islam yang merupakan sistem pemerintahan yang berdasarkan hukum Allah memiliki solusi atas permasalahan kenaikan harga yang membuat masyarakat resah dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Kita perlu memahami bahwa negara adalah penanggung jawab pasokan ketersediaan bahan pangan bagi rakyatnya. Di tengah kondisi perubahan iklim ini, Islam akan memfasilitasi dan memperhatikan para petani agar tetap menghasilkan produk pangan yang berkualitas.

Selanjutnya, pengelolaan yang baik dengan menerapkan kebijakan pendistribusian yang adil sehingga kebutuhan pokok masyarakat terpenuhi. Negara juga melarang adanya praktik penimbunan barang termasuk menimbun bahan kebutuhan pokok. Karena hal ini akan menyebabkan kelangkaan bahan-bahan kebutuhan pokok tersebut juga naiknya harga produk pangan yang dibutuhkan masyarakat.

Begitulah aturan Islam yang menjamin kebutuhan masyarakat. Bulan Ramadhan yang dinanti seharusnya disambut dengan sadarnya kaum muslimin tentang pentingnya penerapan aturan Islam dalam kehidupan agar tidak terjadi kedzaliman. Wallahu a'lam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Ahad, 16/06/2024 13:34

UKT dan Liberalisasi Pendidikan