Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.214 views

Presiden Harus Lugas!

Tony Rosyid

Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa

11 April 2022 akan ada demo. Diikuti oleh BEM seluruh Indonesia, Pelajar dan juga masyarakat lainnya. Beritanya viral dan membesar. Apakah faktanya senen nanti demo akan benar-benar besar?

Besar tidaknya demo bergantung kepada tiga hal. Pertama, terkait dengan isu. Kalau isunya menyangkut kepentingan/kebutuhan fundamental rakyat, demo bisa besar. Kedua, kemampuan konsolidasi kordem (kordinator demo) dalam menggerakkan massa untuk ikut demo. Ketiga, bergantung pula pada kemampuan operasi pihak-pihak yang menggembosi demo.

Dari dulu, ketika menganalisis demo, mesti melihat isu, kemampuan para penggerak demo melakukan konsolidasi, dan operasi pihak yang menggembosi.

Meski di luar, narasi yang muncul tetap memggaungkan "demokrasi". Praktik di lapangan, demokrasi akan selalu dibatasi ekspresinya agar semua terkendali. Ini sudah klasik.

11 April besok bisa menjadi peristiwa biasa, bisa juga akan jadi peristiwa besar yang dicatat oleh sejarah. Peristiwa biasa apabila pertama, yang datang tidak sebesar berita yang viral. Kita semua tahu, ajakan demo 11 april besok luar biasa viral. Masuk ke semua akun yang kita punya. Faktanya? Kita tunggu hari Senin besok. Kedua, apa yang dituntut dalam demo dipenuhi. Kalau sudah dipenuhi, ya sudah. Kelar! Ketiga, tidak ada tragedi yang ucontrolled saat berlangsungnya demo. Artinya semua tragedi berhasil diredam. Kalau ini yang terjadi, demo akan biasa-biasa saja, seperti demo-demo sebelumnya.

Tuntutan demo yang santer adalah soal amandemen UUD 1945 (tunda pemilu atau tiga periode). Mahasiswa dan mayoritas rakyat menolak. Karena itu, mereka demo.

Kalau tuntutan demonya soal tunda pemilu dan tiga periode, itu mudah dihadapi. Presiden Jokowi cukup bicara lugas: "Saya secara tegas menyatakan tidak akan ada amandemen UUD 1945 selama kepemimpinan saya. Tidak ada! Pemilu tetap dilaksanakan tanggal 14 Pebruari 2024. Tidak ada penundaan pemilu. Dan saya juga tidak mau ada tiga periode. Ini adalah konstitusi dan kita harus patuhi bersama. Tolong kepada semua media dan juga seluruh rakyat Indonesia, pernyataan saya ini dicatat. Saya tidak ingin ada penundaan pemilu dan tidak ingin ada tiga periode. Dan ini adalah pernyataan final saya".

Dengan pernyataan ini, isu penundaan Pemilu dan tiga periode, selesai. Demo terkait isu ini dengan sendirinya akan mereda. Tidak punya obyek dan sasaran lagi. Kecuali jika Presiden Jokowi memang mau diperpanjang jabatannya. Ini akan seru.

Bagaimana dengan isu BBM dan minyak goreng? BBM yang naik hanya pertamax. Pertamax itu untuk orang-orang kaya. Pengguna pertamax sekitar 13 persen dari penduduk Indonesia. Isu BBM sepertinya kurang nendang.

Bagaimana dengan isu harga minyak goreng yang melambung? Pemerintah sudah antisipasi dengan BLT (Bantuan Langsung Tunai). Operasi pasar murah sedang dilakukan oleh sejumlah menteri. Sekalian para menteri itu kampanye untuk pilpres 2024. Kalau ini gak mempan juga, pemerintah cukup lakukan subsidi supaya minyak goreng murah. Gak sampai 10 T untuk subsidi minyak goreng supaya kembali ke harga normal. Beres! Jauh lebih kecil dari anggaran IKN (Ibu Kota Negara) yang 466,9 T. Soal yang beginian, pemerintah sudah lihai, jago dan berpengalaman.

Masalah distribusi, tinggal perketat pengawasan oleh aparat. Sekitar 34.000 jaringan distributor tetap bisa diawasi kalau pemerintah serius. Semua bisa ditertibkan jika keadaan dianggap darurat.

Tapi, jika pemerintah gak merespon tuntutan demo, atau merespon tapi telat, sementara demonya semakin membesar dan ada tragedi, ini bisa uncontrolled dan menjadi peristiwa sejarah. Waspadalah![PurWD/voa-islam.com]

Jakarta, 9 April 2022

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X