Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.821 views

Yang Mulia Tukang Baso

Oleh: Abdurrahman Anton Minardi

(Assoc. Professor at International Relations Department, Pasundan University and Advocate at PERADI and ANSHORULLAH)

Baso kembali "dipopulerkan" ke publik setelah sebelumnya presiden Amerika Serikat menyebutkan makanan kesukaannya saat tinggal di Jakarta Indonesia.

Tukang Baso bukan hanya sekedar menyajikan satu jenis makanan populer di tanah air kita, dia juga perlu keahlian khusus untuk membuat dan menyajikannya agar dapat disantap dengan ni'mat oleh kita.
Tidak semua sajian Tukang Baso selalu cocok dengan peni'matnya.

Tukang Baso selalu ramah menyapa pelanggannya dengan cara stand by di posnya bahkan dengan baiknya mereka membawa Produk olahannya kepada konsumennya.

Mereka selalu ditunggu konsumennya. Selain karena mereka akan menawarkan rasa kenyang dan ni'mat untuk konsumennya tapi juga karena Tukang Baso menawarkan produk yang Halal dan Thoyyib (menyehatkan).

Baso kembali "dipopulerkan" oleh seorang pimpinan partai di Indonesia yang mengaku sebagai partai nya wong cilik. Kita tidak terlalu faham dengan maksudnya mengungkapkan di forum umum dan mungkin ditujukan kepada anak beliau "jangan cari suami seperti Tukang Baso". Ungkapan ini sepertinya tidak dikhususkan kepada Tukang Baso yang mana dan Tukang Baso yang seperti apa.

Sepertinya beliau Mengeneralisir agar putrinya tidak memilih suami seperti Tukang Baso.
Apakah Tukang Baso dianggap negatif?
Apakah Tukang Baso dianggap tidak sepadan dengan Putri beliau?
Apakah beliau tidak berkenan dengan perilaku Tukang Baso?
Perilaku yang seperti apa yang beliau tidak berkenan?
Apakah karena pekerjaan nya tidak keren atau tidak hebat atau tidak mulia?

Derajat kemakmuran Tukang Baso memang berbeda antara Juragan Baso dengan Tukang Baso yang langsung menjajakan produknya.

Jelas mereka tidak pernah menyusahkan negara bahkan mereka membantu negara dengan tidak membebani negara untuk menyediakan lapangan pekerjaan untuk mereka. Walaupun sebenarnya negara yang punya kewajiban untuk mensejahterakan mereka.

Pekerjaan mereka Halal bahkan mulialah orang yang memperoleh nafkah dari hasil keringatnya bukan dengan meminta-minta. Baik meminta-minta pada "level kecil" atau pada "level besar" dengan proposalnya. Bahkan terkadang ada pihak yang memaksa negara agar "proposal"nya disetujui dengan berbagai cara termasuk dengan kekuasaan.

Abang Tukang Baso Marilah kemari
Aku Mau Beli

Tukang BASO sudah buat

Bahagia,
Asyik dan
Senang
Orang

Mulialah mereka yang bekerja dengan Halal dan Thoyyib dengan keringatnya jauh dari menipu dan merugikan RAKYAT !

Rosulullah Shollallahu Alahi wa Sallam bersabda: 

عَنِ الْمِقْدَامِ رَضِي اللَّهم عَنْه عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ((مَا أَكَلَ أَحَدٌ طَعَامًا قَطُّ خَيْرًا مِنْ أَنْ يَأْكُلَ مِنْ عَمَلِ يَدِهِ وَإِنَّ نَبِيَّ اللَّهِ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلَام كَانَ يَأْكُلُ مِنْ عَمَلِ يَدِهِ)) رواه البخاري.

Dari al-Miqdam Radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidaklah seorang (hamba) memakan makanan yang lebih baik dari hasil usaha tangannya (sendiri), dan sungguh Nabi Dawud ‘alaihissalam makan dari hasil usaha tangannya (sendiri)” (HR. Bukhori No. 1966).

Para Nabi Alaihim Salam adalah para pekerja biasa Dalam memenuhi nafkah keluarganya. Para Nabi ada yang bekerja sebagai Para penggembala, Nabi Dawud Alaihi Salam adalah seorang Pandai Besi, bahkan Nabi Zakariya juga adalah seorang Pencari Kayu.

Yang jelas pekerjaan nya adalah untuk bekal Pengabdiannya sebagai hamba ALLOH Subhanahu wa Ta'ala. Karena kemuliaan tidak diukur dengan harta, pangkat dan jabatan tetapi dengan Taqwa.

Nabi kita tercinta Nabi Muhammad Shollallahu Alahi wa Sallam juga seorang Yang miskin secara harta dunia, tapi beliau telah dinobatkan sebagai manusia paling Mulia di Dunia dan Akhirat.

Allah Ta’ala berfirman memuji hamba-hamba-Nya yang shalih:

رِجَالٌ لَا تُلْهِيهِمْ تِجَارَةٌ وَلَا بَيْعٌ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ يَخَافُونَ يَوْمًا تَتَقَلَّبُ فِيهِ الْقُلُوبُ وَالْأَبْصَارُ

“laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jual beli dari mengingat Allah, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat. Mereka takut pada hari (pembalasan) yang (pada saat itu) hati dan penglihatan menjadi goncang” (QS an-Nuur:37).

Semoga kita semua menjadi seperti Tukang Baso yang Mulia. Karena Tukang Baso juga bisa menjadi orang yang paling dekat dengan Rosulullah Shollallahu Alahi wa Sallam, para Siddiqin dan Syuhada yaitu Tukang Baso yang JUJUR.

التاجر الصدوق الأمين مع النبيين والصديقين والشهداء

“Pedagang yang jujur dan terpercaya akan dibangkitkan bersama para Nabi, orang-orang shiddiq dan para syuhada” (HR. Tirmidzi no.1209).

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X