Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
709 views

Kekuatan Doa Menghadapi Masalah

 

Oleh: KH Bachtiar Nasir

 

BERISLAM dan menjalankan semua syariah-Nya itu harus juga bersungguh-sungguh. Jangan sampai ketidaksungguhan kita akan merusak ketaatan, lalu setahap demi setahap melunturkan komitmen kita sebagai orang beriman. Bahkan, beriman secara radikal dalam konteks yang positif juga perlu dilakukan.

Artinya, misalkan ingin berdemokrasi atau bertoleransi, semua itu boleh dilakukan sebagai bentuk ikhtiar. Asalkan tetap berpijak pada nilai-nilai iman dan Islam. Juga, tanpa melangkahi aturan Allah Ta’ala. Jangan sampai jargon-jargon itu justru mengaburkan identitas kita sebagai orang beriman, hingga tanpa sadar kita sudah termasuk dalam golongan orang yang sekuler, liberal, fasik, dan munafik.

Ingatlah ketika kita pelan-pelan mulai menjauh dari syariah Islam, bahwa kelak kita akan kembali kepada Allah, suka atau tidak suka. Kita juga akan kembali untuk mempertanggungjawabkan apa yang kita lakukan suka atau tidak suka. Dan, kita juga akan menuai hasil dari setiap pilihan-pilihan yang kita lakukan, suka atau pun tidak.

Mari kita ingat kembali kisah Nabi Yunus As yang dilemparkan ke laut. Tidak ada yang menyangka bahwa orang yang paling baik dan paling tekun beribadah di dalam kapal itulah yang justru terpilih. Namun, Nabi Allah yang satu ini memang telah memilih mengabaikan kaumnya karena kecewa menghadapi kaumnya. Sehingga ia meninggalkan kaumnya, Ninawa, dan meninggalkan tugasnya sebagai seorang penyampai risalah.

Nabi Yunus kemudian ditelan oleh seekor ikan besar dan dibawa ke dasar laut yang gelap. Seolah tidak ada lagi harapan baginya untuk dapat naik ke darat dan menjalani hidup sebagai seorang manusia.

Namun, dengan doa yang dibisikkannya dari hati yang paling tuluslah, Nabi Yunus as dapat selamat dan diampuni Allah Ta'ala. Sebagaimana peristiwanya diabadikan dalam surat Al-Anbiya' ayat 87-88:



وَذَا النُّوْنِ اِذْ ذَّهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ اَنْ لَّنْ نَّقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادٰى فِى الظُّلُمٰتِ اَنْ لَّآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَ ۚ
فَاسْتَجَبْنَا لَهٗۙ وَنَجَّيْنٰهُ مِنَ الْغَمِّۗ وَكَذٰلِكَ نُـْۨجِى الْمُؤْمِنِيْنَ



“Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap, ‘Bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau. Mahasuci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim.’ Maka, Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya dari pada kedukaan dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman.” (Surat Al Anbiya’: 87-88).

Hal yang paling esensial dari doa Dzun Nun (Nabi Yunus) ini adalah pengakuan atas kesalahan yang telah dilakukannya serta penegasan bahwa hanya Allah Ta’ala saja yang berhak disembah. Dengan doa ini, Yunus As akhirnya dibawa kembali oleh ikan besar yang menelannya, kembali ke daratan. Nabi Yunus As juga diperkenankan Allah Ta’ala untuk kembali bertemu dengan kaumnya dalam kondisi yang sudah bertaubat dan menanti bimbingan Nabi Yunus As.

Inilah luar biasanya kekuatan doa yang dipanjatkan oleh hati yang benar-benar pasrah kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Layaknya peristiwa Nabi Yunus, bukan cuma selamat, tapi urusannya diselesaikan oleh Allah tanpa campur tangan Nabi Yunus lagi. Oleh karena itu, jangan putus asa terhadap situasi yang sedang kita hadapi. Ada doa yang kekuatannya menjadi senjata bagi seorang mu’min.

Berdoalah untuk setiap urusan. Termasuk dalam urusan keluarga. Laki-laki yang lemah adalah lelaki yang kerap menggunakan amarah untuk menghadapi permasalahan dengan istrinya. Ayah yang lemah adalah ayah yang senantiasa menggunakan kekuatan dan kekuasaannya untuk menekan anak-anaknya di rumah, manakala datang persoalan. Suami dan ayah seperti ini biasanya sangat jarang berdoa dan sangat jarang melembutkan hatinya untuk memohon pertolongan kepada Allah Azza wa Jalla. Perbanyaklah dzikir dan doa kepada Allah Ta'ala, di baliknya ada kekuatan dan pertolongan yang luar biasa.

Selama ini kita kurang mampu melihat pertolongan Allah di balik doa dan dzikir, mungkin karena kita terlalu banyak menggunakan rasionalitas. Sehingga kita mengutamakan logika dan pikiran; tak mampu merasa dan membaca intuisi. Mungkin juga karena kita terlalu materialistik sehingga tidak mampu melihat sesuatu yang ghaib. Contohnya, orang tua lebih sering mentransfer uang untuk biaya kebutuhan kuliah anak, kemudian sudah merasa melakukan yang terbaik; dibandingkan ia lebih sering mentransfer doa untuk kesuksesan kuliah anak.

Meskipun keduanya penting, tetapi mendoakan kesuksesan anak tentu jauh lebih penting. Pernahkah orangtua terutama seorang ayah mendoakan anaknya seperti Zakaria As yang berdoa untuk kehadiran Yahya As? Atau, seorang ibu berdoa untuk anaknya seperti Hannah binti Faqud, ibunda Maryam, yang mendoakan putrinya ketika berada di dalam kandungan?



إِذْ قَالَتِ امْرَأَةُ عِمْرَانَ رَبِّ إِنِّي نَذَرْتُ لَكَ مَا فِي بَطْنِي مُحَرَّرًا فَتَقَبَّلْ مِنِّي إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ
فَلَمَّا وَضَعَتْهَا قَالَتْ رَبِّ إِنِّي وَضَعْتُهَا أُنْثَى وَاللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا وَضَعَتْ وَلَيْسَ الذَّكَرُ كَالأنْثَى وَإِنِّي سَمَّيْتُهَا مَرْيَمَ وَإِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ



“Ya Robbi, sesungguhnya aku bernadzar kepada-Mu, apa yang ada dalam kandunganku kelak akan menjadi hamba yang mengabdi kepada-Mu, maka terimalah nadzarku. Sungguh, Engkaulah Yang Maha mendengar, lagi Maha mengetahui.” (Surat Ali Imran: 35-36).

Yaitu memanjatkan doa yang mengantarkan anak-anaknya untuk tidak tunduk pada dunia, yang mengantarkan mereka kembali kepada Allah Swt, dan membaktikan seluruh hidupnya untuk menjaga agama. Jika anak juga dibiasakan untuk mendoakan kedua orantuanya, tentu juga akan terbuka pintu-pintu berkah untuk seluruh anggota keluarga.

Akhirnya, bila kita tertimpa masalah, maka bertahanlah pula dengan doa. Yaitu, dengan mengatakan, “Qadarullah wa massyaaa fa’ala,” yang artinya, “Allah telah menakdirkannya dan apa yang Dia kehendaki, Dia perbuat.” Berdoalah pula seperti yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam manakala menghadapi musibah.



اَللَّهُمَّ إِنِّيْ عَبْدُكَ، وَابْنُ عَبْدِكَ، وَابْنُ أَمَتِكَ ، نَاصِيَتِيْ بِيَدِكَ، مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ، عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ، سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ، أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِيْ كِتَابِكَ، أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ، أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِيْ عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ، أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيْعَ قَلْبِيْ، وَنُوْرَ صَدْرِيْ، وَجَلاَءَ حُزْنِيْ، وَذَهَابَ هَمِّيْ



"Ya Allah, sesungguhnya aku adalah hambaMu, anak hambaMu, dan anak hamba perempuanMu, ubun-ubunku berada di tanganMu, hukumMu berlaku terhadap diriku, dan ketetapanMu adil pada diriku. Aku memohon kepadaMu dengan segala Nama yang menjadi milikMu, yang Engkau namai diriMu dengannya, atau yang Engkau turunkan di dalam kitabMu, atau yang Engkau ajarkan kepada seseorang dari makhlukMu, atau yang Engkau rahasiakan dalam ilmu ghaib yang ada di sisiMu, maka aku mohon dengan itu agar Engkau jadikan Alquran sebagai penyejuk hatiku, cahaya bagi dadaku, pelipur kesedihanku, dan penghilang bagi kesusahanku.”

Juga penting, bagi kita untuk memahami apa isi doa yang kita panjatkan. Akan sangat baik, jika doa berisi pengakuan bahwa Dialah Yang Mahaperkasa dan Mahakuasa atas segala sesuatu. Kitalah yang lemah dan Dialah Allah, sumber dari segala kekuatan dan kemampuan.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News
Hamas 'Bersiap' Hadapi Serangan Darat Zionis Israel di Rafah

Hamas 'Bersiap' Hadapi Serangan Darat Zionis Israel di Rafah

Jum'at, 29 Mar 2024 21:12

Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Jum'at, 29 Mar 2024 13:12

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 22:02

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Kamis, 28 Mar 2024 21:17

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 20:28

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Kamis, 28 Mar 2024 15:37

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

Kamis, 28 Mar 2024 08:36

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Rabu, 27 Mar 2024 21:01

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Rabu, 27 Mar 2024 18:00

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

Rabu, 27 Mar 2024 17:15

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

Rabu, 27 Mar 2024 16:29

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Rabu, 27 Mar 2024 07:22

Puasa Jangan Lemas!

Puasa Jangan Lemas!

Rabu, 27 Mar 2024 07:09

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Selasa, 26 Mar 2024 22:15

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Selasa, 26 Mar 2024 21:20

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Selasa, 26 Mar 2024 17:12


MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X