Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.741 views

Ramadhan, Momentum Pas Berhenti Merokok

SURABAYA (voa-islam.com) - Ramadhan menjadi momentum yang pas untuk berhenti merokok.

Dosen Prodi Kesehatan Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), Dwi Handayani mengatakan saat Ramadhan para perokok aktif bisa mengurangi jumlah rokok yang dihisapnya.

"Lebih bagus lagi melalui bulan puasa ini bisa menghentikan kebiasaan merokok dan seterusnya," ujar Dwi.

Menurut dia, berhenti merokok adalah salah satu tips menjaga kesehatan saat berpuasa. Apalagi puasa tahun ini bertepatan dengan cuaca ekstrim.  Ramadhan tahun ini bertepatan dengan musim pancaroba, atau peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

Dwi mengatakan, menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa di tengah cuaca ekstrim adalah dengan menerapkan enam langkah yang diberi nama Cerdik. Cerdik merupakan kependekan dari cek kesehatan secara berkala, enyahkan asap rokok, rajin aktivitas fisik, diet gizi seimbang, istirahat cukup, dan kelola stres.

Dwi menjelaskan, cek kesehatan secara berkala menjadi bagian terpenting dibanding langkah lainnya.

"Jangan hanya datang ke pelayanan kesehatan jika sudah sakit. Tapi pengecekan kesehatan secara berkala ini sangat penting. Terlebih yang memiliki riwayat penyakit seperti diabetes, hipertensi, jantung, dan penyakit kronis lainnya," kata Dwi.

Langkah selanjutnya adalah dengan rajin melakukan aktivitas fisik selama Ramadhan. Dwi mengingatkan, puasa bukan menjadi penghalang seseorang untuk bermalas-malasan. Artinya, meskipun sedang berpuasa, aktivitas fisik harus tetap dilakukan.

"Kita bisa melakukan aktivitas yang tidak terlalu berat, seperti jalan santai atau bersepeda selama 30 menit saja sudah cukup," kata Dwi seperti dilansir dari republika.co.id.

Langkah keempat, lanjut Dwi, melalui diet gizi seimbang. Menurutnya, berpuasa bisa menjadi kesempatan untuk bisa mengontrol makanan maupun minuman yang dikonsumsi. Meskipun saat waktu buka puasa, kadang seseorang tidak bisa mengontrol makanan ataupun minuman yang dikonsumsinya.

"Kebanyakan masyarakat banyak mengonsumsi gorengan dan minuman serba manis. Perlu diingat, jika mengonsumsi gula dan lemak berlebihan itu tidak baik bagi kesehatan, karena berisiko terhadap penyakit degenerative," kata Dwi.

Dwi menambahkan, mengonsumsi buah menjadi salah satu alternatif agar tetap bisa berbuka puasa dengan yang manis. Ia juga mengingatkan untuk tidak lupa mengatur asupan air minum hingga memenuhi kebutuhan minimal 1,5 hingga 2 liter per hari. Hal itu penting untuk mencegah tubuh dari dehidrasi saat berpuasa.

"Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dapat membagi porsi minum pada saat berbuka, sebelum tidur, dan pada saat sahur," kata dia.

Istirahat cukup juga menjadi langkah penting dilakukan untuk menjaga kesehatan selama berpuasa. Meskipun, kata dia, momen Ramadan biasanya sering dimanfaatkan masyarakat untuk mengejar amalan ibadah.

Langkah selanjutnya, lanjut Dwi, adapah dengan mengelola stres selama berpuasa. Mengelola stres menurutnya bisa dilakukan dengan cara mendekatkan diri kepada Allah SWT.

"Pendekatan spiritual seperti ini dapat menjadi salah satu upaya untuk mengelola stress menjadi lebih baik lagi," kata Dwi. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Health lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X