Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.205 views

Bahaya Penyakit Radang Panggul: Bisa Pendarahan Hingga Kemandulan

JAKARTA (voa-islam.com) - Infeksi menular seksual (IMS) merupakan salah satu penyebab tersering dari terjadinya penyakit radang panggul (PRP). Bila PRP sudah terjadi, kesuburan wanita bisa menjadi taruhannya.

Pada wanita, dua jenis IMS yang paling umum ditemukan adalah klamidia dan gonore. Akan tetapi, kedua jenis IMS tersebut jarang memunculkan gejala yang jelas sehingga wanita yang terkena penyakit ini bisa tak menyadarinya.

"Bila tak diobati, sekitar 10-15 persen perempuan dengan klamidia akan mengalami PRP, yang bisa menyebabkan infertilitas atau kemandulan dan kerusakan permanen pada organ reproduktif," ujar dr Earim Chaudry, seperti dilansir Mirror, Rabu (25/05).

Dr Chaudry mengungkapkan, PRP merupakan infeksi yang memengaruhi rahim, saluran tuba falopi, dan ovarium wanita. Bila dibiarkan tanpa diobati, PRP dapat menyebabkan beragam masalah pada sistem reproduktif.

Sebagian di antaranya adalah menyebabkan timbulnya jaringan parut dan kecacatan pada organ yang terdampak. Bila kerusakan ini sudah terjadi, wanita akan sulit dan bahkan tidak bisa mencapai kehamilan atau mengandung janin sampai melahirkan.

"Kecuali diobati dengan segera, selalu ada kemungkinan infertilitas," kata dokter ternama asal Inggris, dr Miriam Stoppard seperti dikutip dari republika.co.id.

Meski memiliki dampak yang sangat merugikan, PRP yang ditemukan sejak dini bisa diobati dengan mudah menggunakan antibiotik. Oleh karena itu, penting bagi setiap perempuan untuk bisa mewaspadai dan mengenali gejala PRP.

Secara umum, PRP bisa memicu gejala seperti rasa nyeri di bagian bawah perut, terutama pada sisi kiri. Gejala lain dari PRP adalah menstruasi yang berat atau terasa sakit, serta rasa nyeri atau tidak nyaman saat berkemih maupun saat melakukan hubungan seksual.

Selain itu, PRP dapat menyebabkan gejala seperti keluarnya cairan dari vagian yag tak biasa atau berbau tak sedap. Cairan ini terkadang berwarna kuning atau hijau. Perdarahan setelah melakukan hubungan seksual atau perdarahan yang terjadi di antara dua siklus menstruasi juga merupakan gejala dari PRP.

Pada sebagian kecil kasus, PRP bisa menyebabkan gejala yang lebih berat. Beberapa gejala tersebut adalah sakit yang terasa sangat parah di area perut, demam tinggi, dan merasa mual atau muntah.

"Penyakit radang panggul selalu dipertimbangkan ketika seorang wanita mengeluhkan nyeri yang tiba-tiba pada bagian kanan bawah perut," ujar Stoppard.

Menurut dr Stoppard, wanita yang memiliki keluhan nyeri terutama di area perut sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Menunda pengobatan PRP atau mengalami episode PRP berulang bisa meningkatkan risiko komplikasi serius dan jangka panjang.

Salah satu cara untuk menurunkan risiko terkena prp adalah tidak berganti pasangan untuk melakukan hubungan seksual. Penggunaan kondom saat melakukan hubungan seksual dengan pasangan baru juga sebaiknya dilakukan, setidaknya sampai pasangan melakukan pemeriksaan kesehatan seksual dan dinyatakan sehat.

"Klamidia sangat umum dialami pria muda, dan sebagian besar tidak mengalami gejala," ungkap National Health Service. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Health lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X