Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.230 views

Indonesia Akan Jadi Tuan Rumah Musabaqah Internasional

Indonesia telah secara resmi ditunjuk tuan rumah tetap Musabaqah Hafalan al-Quran & Hadits (MHQH) Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz Alu Su'ud 

Hidayatullah.com -- Jika tak ada aral melintang, Indonesia akan menjadi tuan rumah Musabaqah Hafalan al-Quran & Hadits (MHQH) Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz Alu Su'ud Tingkat Internasional di masa mendatang. Atase Kerajaan Saudi Arabia bersama Departemen Agama Republik Indonesia punya obsesi agar perhelatan ini mendunia.

Selama ini dari Atase Saudi Arabia dan Depag memang sudah mewacanakan hal tersebut. Mereka berharap agar perhelatan tahunan ini tidak saja sebatas pada level nasional atau Asia Pasifik, tapi bisa mendunia.

"Kita punya obsesi ke sana. Ini memang sudah kita wacanakan," kata Koordinator Sekretariat MHQH Asia Pasifik 2010, Ghunaim Ihsan, ditemui Hidayatullah.com di Hotel Gran Melia, Jakarta, Senin (4/10).

Apalagi Indonesia, lanjut Ghunaim, secara resmi telah ditunjuk sebagai tuan rumah tetap Musabaqah Hafalan al-Quran & Hadits (MHQH) Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz Alu Su'ud ini.

"Di awal sudah ada kesepakatan-kesepakatan antara Atase Agama Saudi dengan Kementerian Agama Indonesia," katanya.

Dipilihnya Indonesia dirasa tepat, sebab kata Ghunaim, Indonesia adalah negara Muslim terbesar di dunia. Selain itu, Indonesia adalah negara yang pertama mengusulkan penyelenggaraan lomba yang disponsori langsung oleh Sultan Bin Abdul Aziz Alu Su'ud.

Hubungan harmonis ini berawal dari kunjungan Ketua Mahkamah Agung Arab Saudi Syaikh Dr Shalih bin Abdullah al Humaid pada tahun 2007. Dia juga sekaligus utusan khusus Sultan ketika itu. Sekembalinya dari Indonesia, al Humaid pun langsung menyampaikan keinginan Indonesia tersebut ke Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz Alu Su'ud. Atas kesepahaman tersebut, kerjasama ini pun berkelanjutan hingga saat ini.

"Musabaqah Asia Pasifik di Indonesia ini adalah pertama kali diadakan di luar Arab Saudi," papar Ghunaim.

Ghunaim menjelaskan, tujuan acara ini adalah sebagai wadah perekat dan pemersatu ukhuwah Islamiah, terkhusus bagi negara-negara peserta.

"Dalam satu kamar, di dalamnya kita gabungkan pesertanya dari berbagai negara," jelas Ghunaim.

Hal tersebut, kata Ghunaim, agar para peserta lebih akrab dan bisa saling berinteraksi. Ini sebagaimana tujuan acara MHQH sendiri sebagai wadah perekat ukhuwah antar kaum muslimin.

Sementara itu, biaya akomodasi dan transportasi peserta dan official Musabaqah Hafalan al-Quran & Hadits Pangeran Sultan Bin Abdul Aziz Alu Su'ud Tingkat Asia Pasifik di Indonesia tahun 2010, seluruhnya ditanggung oleh penyelenggara.

Pelayanan agak khusus diterima peserta dari Mindanau. Sebanyak 8 peserta dari Filipina, 4 di antaranya berasal dari wilayah bergejolak di Mindanau. Sedangkan 4 peserta lainnya dari Metro Manila.

Sehingga, kata Ghunaim, mereka diberikan perhatian khusus berupa tanggungan biaya seluruhnya mulai berangkat dari kampung halaman sampai ke tempat acara.

"Penyelenggara menjamin semua biaya mereka pulang pergi," imbuh Ghunaim.

 
Juara Umum
 
Sementara itu, juara umum Musabaqah Hafalan al-Quran & Hadits Tingkat Asia Pasifik kebanyakan berasal dari Indonesia.  

 
Kategori 30 Juz
1. Muhammad Rasyid - Indonesia
2. Ahmad Mujahid bin Salleh Sani - Malaysia
3. Ahmad Muzakkir Abdurrahman - Indonesia

Kategori 20 Juz
1. Muhammad Salim Ghazali - Indonesia
2. Zaenal Muttaqin - Indonesia
3. Muhammad Ezmir Kushairy bin Roslee - Malaysia

Kategori 15 Juz
1. Ahmad Fauzi Abdurrahman - Indonesia
2. Muhammad Anshor - Indonesia
3. Heitham Sabri - Australia

Kategori 10 Juz
1. Zainuddin - Indonesia
2. Muhammad Al-Nawawi bin Borhan - Malaysia
3. Aliyuddin - Indonesia

Kategori Hafalan Hadits
1. Muhammad Abdullah Imaduddin - Indonesia
2. Abdullah Fudhail Ibnul Hadi - Indonesia
3. Ferdi Zanuar Azan – Indonesia. [ain/hidayatullah.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Hidayatullah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X