Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.265 views

Survei Akhir Tahun: Rakyat AS Penentang Perang Afghanistan Bertambah


Hidayatullah.com--Jumlah penentang perang AS di Afghanistan naik dan angkanya mencapai yang tertinggi selama ini, demikian menurut survei terbaru yang dilakukan oleh CNN/Opinion Research Corporation.

Sekarang, rakyat Amerika yang menentang perang di Afghanistan mencapai 63%. Hanya 35% rakyat Amerika yang menyatakan masih mendukungnya.

Meningkatnya oposisi terhadap keberadaan AS di Afghanistan seiring dengan naiknya pesimisme atas perang yang sedang berlangsung. Menurut jajak pendapat yang digelar 17-19 Desember 2010 itu, 56% warga AS yakin bahwa keadaan memburuk bagi keberadaan Amerika Serikat di Afghanistan.

"Perang tidak selalu tidak populer--kembali ke bulan Maret, ketika sebagian besar berpendapat bahwa perang berjalan dengan baik, negara ini terpecah secara rata. Tapi di bulan September, jumlah orang yang mengatakan keadaan baik-baik saja bagi AS di Afghanistan menurun hingga 44%, dan penentang perang meningkat menjadi 58%," kata Direktur Jajak Pendapat CNN Keating Holland.

"Hari ini, di saat orang Amerika tetap pesimistis atas situasi di Afghanistan, mereka juga tetap menentang perang."

Meskipun tipis, kelompok Partai Republik dan aktivis Tea Party tetap cenderung mendukung perang.

Rinciannya: Tea Party 52% mendukung perang dan 45% menentang perang; Republik 52% mendukung dan 44% menentang; Konservatif 49% mendukung dan 48% menentang.

Mayoritas penentang ada di kelompok Demokrat  dengan 74% menentang dan 24% mendukung. Liberal 80% menentang dan 20% mendukung. Independen 63% menentang dan 35% mendukung. Moderat 66% menentang dan 32% mendukung.

Rupanya besaran pendapatan warga juga memiliki peran penting dalam menentukan sikap. Terbukti 70% orang dengan pendapatan di bawah USD 50.000 setahun menyatakan menentang perang. Sementara orang dengan pendapatan di atas USD 50.000 setahun hanya 54% yang menyatakan menentang perang AS di Afghanistan.

Tahun 2010 dinyatakan banyak pengamat sebagai tahun mematikan di Afghanistan, tidak hanya bagi warga sipil tapi juga bagi prajurit yang ikut perang.

Los Angeles Times yang mengutip laporan PBB menyebutkan,  korban sipil di 10 bulan pertama 2010 jumlahnya 20% lebih banyak dibanding periode sama tahun sebelumnya.

Menurut data iCasualties, selama sembilan tahun perang di Afghanistan, jumlah pasukan asing yang tewas di sana pada 2010 mencapai angka tertinggi yaitu 700 personil. Sementara pasukan AS yang tewas hampir mencapai 500 orang.

Diperkirakan masih terdapat 140.000 pasukan asing di Afghanistan. Tahun lalu Presiden AS Barrack Obama memerintahkan 30.000 personil militernya dikirim ke Afghanistan. Dia berjanji kepada PBB akan mulai menarik pasukannya mulai Juli 2011.[di/huf/hidayatullah.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Hidayatullah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X