Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.292 views

LSM Prancis Zoe's Ark Tukang Tipu


 

Rabu, 05 Desember 2012

Hidayatullah.com—Lembaga swadaya masyarakat asal Prancis L'Arche de Zoe (atau dikenal secara internasional sebagai Zoe's Ark) dalam persidangan di Paris dituduh sebagai manipulator karena menyelundupkan anak-anak Chad dengan memanipulasinya sebagai anak-anak yatim Somalia.

Eric Bretau, pendiri LSM Zoe's Ark, bersama lima orang lainnya didakwa berusaha menerbangkan secara ilegal 103 anak Chad ke Prancis pada tahun 2007.

Bretau dan seorang terdakwa lain, yang sekarang mukim di Afrika Selatan, menolak menghadiri persidangan di Paris hari Senin (3/12/2012) kemarin.

Setiap terdakwa terancam hukuman 10 tahun penjara jika terbukti bersalah.

Para terdakwa itu pertama kali ditangkap di Chad, saat mereka berusaha membawa pergi ratusan anak menuju Prancis dengan pesawat terbang. Anak-anak itu ternyata berasal dari Chad dan mereka masih memiliki keluarga. Kenyataan itu berbeda dengan pengakuan Zoe's Ark yang menyatakan bahwa mereka adalah anak yatim dari Darfur korban perang sipil di Somalia.

Setelah divonis kerja paksa selama 8 tahun, para terdakwa itu direpatriasi ke Prancis, dan tahun 2008 akhirnya mereka mendapat ampunan dari presiden Chad.

Enam warga Prancis itu --terdiri dari Bretau, Emilie Lelouch, Philippe van Winkelberg, Alain Peligat, Agnes Pelleran dan Christophe Letien-- didakwa melakukan kegiatan sebagai perantara adopsi ilegal, memfasilitasi orang masuk ke Prancis secara ilegal dan penipuan terhadap 358 keluarga yang berhadap bisa mengadopsi anak.

Seorang sumber pengadilan mengatakan, sebelum sidang Bretau dan Lelouch menyatakan tidak ingin membela diri dan tidak berharap didampingi pengacara.

Saat membuka sidang, hakim Marie-Francoise Guidolin mengkritik para terdakwa yang tidak berani tampil di muka pengadilan dengan menyebutnya sebagai tindakan pengecut.

Zoe's Ark didirikan oleh Bretau, mantan petugas pemadam kebakaran, pada tahun 2005 dengan misi yang konon ingin menolong anak-anak korban tsumani Aceh Desember 2004.

Dalam persidangan, Cathy de Souza seorang perawat yang menjadi saksi menyebut Breatau sebagai seorang pembohong dan penipu, dengan menyembunyikan misi sesungguhnya membawa anak-anak Afrika itu ke Prancis.

“Kami bicara soal vaksinasi, bukan evakuasi,” kata De Souza, dikutip koran Prancis Le Figaro.

Nathalie Cholin, seorang perawat psikologi dalam tim medis Zoe's Ark yang kini ikut menggugat, menggambarkan Bretau sebagai seorang “penipu yang sangat kuat.” Bretau dinilainya sangat mampu meyakinkan orang bahwa misinya di Chad membantu anak-anak yatim di Darfur mendapatkan rumah di Prancis.

Menurut Cholin, Bretau mengatakan bahwa misinya legal serta dilindungi oleh Konvensi Umum Jenewa 1951. “Saya tidak membayangkan bahwa misi semacam ini bisa dilakukan tanpa dukungan dari pihak berwenang.”*

 

Rep: Ama Farah
Red: Dija

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Hidayatullah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X