Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
10.416 views

Gedung Baru DPR Rp.1,6 Triliun, Mau Kerja Atau Rekreasi?

Jakarta (voa-islam.com) -Astagfirullah, berulangkali kinerja DPR di sorot tapi fasilitas mewah terus digelontorkan saja. Sebut saja rencana pembangunan gedung baru DPR senilai Rp 1,6 triliun yang nantinya dilengkapi fasilitas rekreatif termasuk spa dan kolam renang. Tak urung  protespun berdatangan, kali ini Sebastian Salang dari Formappi yang geleng-geleng kepala.

"Mereka (anggota DPR) ini sebenarnya mau pergi berenang atau kerja?" tanya Koordinator Forum Masyarakat Pemantau Parlemen (Formappi), Selasa (31/8/2010).

..."Mereka (anggota DPR) ini sebenarnya mau pergi berenang atau kerja?" tanya Koordinator Forum Masyarakat Pemantau Parlemen (Formappi)...

Sebastian berpendapat, jika rencana tersebut berjalan, maka akan mempermalukan Dewan sendiri. "Makin hari mereka semakin menelanjangi dirinya bahwa inilah mental Dewan kita. Jarak mereka akan semakin jauh dengan masyarakat. Apa yang mereka lakukan akan permalukan diri mereka sendiri," katanya.

Di mata Sebastian, fasilitas itu cukup mewah. Dia membandingkan dengan gedung parlemen di luar negeri yang bisa dibilang sangat sederhana. "Mereka tega membuat gedung yang mewah seperti itu sementara banyak orang gantung diri karena ekonomi," sesalnya.

Sebastian berpandangan, bila pembangunan gedung didasarkan pada prestasi anggota Dewan selama bekerja, hal tersebut menunjukkan niat buruk anggota Dewan. "Kalau menjadi pemimpin dan meminta pamrih itu menunjukan niat busuk dan punya motivasi pribadi," urainya.

Ia mencontohkan pahlawan perebut kemerdekaan yang tidak meminta pamrih dalam perjuangannya. Berbanding terbalik dengan anggota Dewan yang segala kegiatan dibiayai negara.

"Bayangkan dengan pejuang yang cuma modal bambu runcing dan itu pun dibuat sendiri, tidak pakai uang negara, apa pernah pahlawan merebut kemerdekaan minta pamrih," kata Sebastian.

Ia meminta DPR mengkaji ulang rencana pembangunan gedung 'wah' tersebut. "DPR harus berempati dengan masyarakat," sarannya.

Tak mau kalah, protes juga muncul dari peneliti bidang hukum dan politik ICW, Abdullah Dahlan yang menilai fasilitas itu justru terlalu menghambur-hamburkan uang. Padahal masih banyak rakyat yang memikirkan untuk makan sehari-hari saja sulit.

"Itu tidak pantas. Mau buat hotel mewah atau ruang kerja? Terlalu mewah itu orientasinya, bukan untuk kerja malah lebih rileks," kata peneliti bidang hukum dan politik ICW, Abdullah Dahlan, Selasa (31/8/2010).

Abdullah menjelaskan, gedung DPR tentunya dibangun guna memudahkan seorang anggota DPR menjalankan fungsi seorang wakil rakyat. "Jadi kurang tepat kalau ada kolam renang, karena di sana mereka bukan untuk mendapatkan hiburan dan kemewahan," imbuhnya.

Namun yang patut dicermati, imbuh Abdullah, yakni akses kepatutan anggaran atau standar biaya. Temuan ICW biaya pembangunan gedung di atas rata-rata. "Kita mensinyalir alokasi anggaran permeter persegi Rp 10 juta. Sementara berdasarkan informasi pengembang, permeter Rp 4 juta saja sudah dalam rate hotel mewah," imbuhnya.

Atas alasan itu, satuan anggaran pembangunan gedung ini harus dibuka ke publik. "Mesti ada audit BPK dan diawasi KPK," terangnya.

Bagaimana dengan gedung yang akan tertutup untuk umum? "Itu menyalahi semangat sebagai lembaga politik. DPR itu harus membangun citra yang positif, bukan menjauhkan diri dari publik karena tugasnya sebagai penyaring," tutupnya.

Anggota Dewan Girang Bisa Istirahat

Sementara itu, Anggota DPR menyambut gembira rancangan gedung baru gerbang aspirasi yang akan menyediakan ruang khusus rekreasi. Tempat rekreasi ini diharapkan dapat membuat anggota DPR rileks dan makin semangat bekerja.

..."Saya malah baru denger, tapi Kalau itu benar dibangun, bagus. Relaksasi itu penting biar anggota DPR semakin sehat dan semangat bekerja," ujar anggota BURT DPR M Toha...

"Saya malah baru denger, tapi Kalau itu benar dibangun, bagus. Relaksasi itu penting biar anggota DPR semakin sehat dan semangat bekerja," ujar anggota BURT DPR M Toha, Selasa (31/8/2010).

Namun Toha berharap ruang rekreasi yang akan dibangun di puncak gedung baru DPR tersebut tidak untuk fasilitas macam-macam. Toha berharap akan dibangun fasilitas yang menunjang kesehatan anggota DPR. "Kalau itu fitness atau potong rambut, ruang santai juga boleh. Tapi kalau panti pijet ya saya tidak sependapat," harap Toha.

Sebelumnya dalam sosialisasi pembangunan gedung baru DPR, Tim Leader pembangunan fisik gedung baru, Budi Asdar Sukada, menyampaikan bahwa gedung baru DPR akan dilengkapi dengan ruang rekreasi. "Gedung baru dibangun sebanyak 36 lantai, dilengkapi ruang rekreasi di lantai paling atas," ujar Budi.

Budi menyampaikan, sarana ruang rekreasi diharapkan dapat menjadi hiburan santai anggota DPR di tengah melaksanakan tugas legislasi. "Agar anggota DPR bisa rileks," jelasnya.

Wakil Ketua DPR Tolak Pembangunan Spa

Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso menolak keras pembangunan fasilitas Spa di Gedung Baru DPR. Ide tersebut dinilai sangat menodai amanat rakyat. "Kalau benar ada spa segala, itu sudah kelewatan," ujar Priyo kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (31/8/2010).

..."Tidak boleh gedung baru diberi fasilitas spa, yang satu ini harus dibatalkan," tegas Priyo...

Priyo mengaku belum mendapat laporan lengkap terkait pembangunan gedung baru DPR. Priyo berharap penanggungjawab pembangunan gedung membuang rencana fasilitas spa di lantai paling atas gedung baru. "Tidak boleh gedung baru diberi fasilitas spa, yang satu ini harus dibatalkan," tegas Priyo.

Sebelumnya diberitakan, dalam gambaran umum sosialisasi pembangunan gedung baru DPR terdapat fasilitas ruang rekreasi di lantai paling atas. Di ruang rekreasi disediakan kolam renang hingga fasilitas spa untuk anggota DPR.

Dalam waktu dekat, DPR siap menenderkan proyek pengerjaan gedung baru tersebut. Oktober 2010, pengerjaan akan mulai dilaksanakan. Gedung tersebut diperkirakan mencapai 157.000 meter persegi.

Masing-masing anggota dewan memiliki ruang kerja seluas 120 meter persegi. Ruang kerja tersebut terdiri dari ruang kerja anggota, ruang staf ahli dan asisten pribadi, ruang rapat kecil, kamar istirahat yang berisi spring bed, kamar mandi, WC, dan ruang tamu.

Di salah satu lantai ada pula kolam renang dan spa dan fasilitas rekreatif lainnya. Awas kalo Skandal Dewan Mesum merebak lagi y!!(Ibnudzar/dbs)

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Wakaf Speaker Mushalla Gunung Sri Tasikmalaya, Dapatkan Pahala yang Terus Mengalir

Wakaf Speaker Mushalla Gunung Sri Tasikmalaya, Dapatkan Pahala yang Terus Mengalir

Sudah 13 tahun mushalla ini menjadi sentral dakwah di kampung Gunung Sri, Tasikmalaya. Namun mushalla ini belum memiliki alat pengeras suara. Diperlukan dana 5 juta rupiah. Ayo Bantu....

Ayo Bantu Yatim Piatu Anna Puspita, Peluang Masuk Surga Bersama Nabi Sedekat Dua Jari

Ayo Bantu Yatim Piatu Anna Puspita, Peluang Masuk Surga Bersama Nabi Sedekat Dua Jari

Sejak balita ia ditinggal wafat sang ayah, menyusul sang ibunda wafat dua tahun silam. Segala kesulitan, kesedihan dan keruwetan hidup, kini harus dipikul sendiri. ...

Danang Remaja Yatim Kritis Digerogoti Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Danang Remaja Yatim Kritis Digerogoti Tumor Ganas. Ayo Bantu.!!

Lengkap sudah ujian hidup remaja yatim asal Indramayu ini. Terlahir yatim sejak balita, ia dibesarkan tanpa belaian kasih ayah dan ibu. Kini di usia remaja, ia diuji dengan penyakit tumor ganas...

Masya Allah... Mushalla Al-Hidayah Mojosari Lapuk Terancam Ambruk. Ayo Bantu..!!

Masya Allah... Mushalla Al-Hidayah Mojosari Lapuk Terancam Ambruk. Ayo Bantu..!!

Mushalla berumur 80 tahun ini didirikan Kyai Asmuri pada zaman penjajahan Belanda sebagai markas ibadah dan perjuangan pemuda kampung Mojosari Sragen. Kini kondisinya lapuk, reyot, dan keropos...

Hijrah Memeluk Islam, Muallaf Calon Dokter Diterpa Banyak Ujian. Ayo Bantu Biaya Kuliah.!!

Hijrah Memeluk Islam, Muallaf Calon Dokter Diterpa Banyak Ujian. Ayo Bantu Biaya Kuliah.!!

Sejak hijrah dari Kristen, Maria terbuang dari keluarga besar dengan berbagai tuduhan dan fitnah keji. Tanpa dukungan keluarga, mahasiswi kedokteran Universitas Brawijaya ini butuh biaya kuliah...

Latest News
Survei Indo Barometer, Anies Baswedan Paling Berpotensi Jadi Presiden 2024

Survei Indo Barometer, Anies Baswedan Paling Berpotensi Jadi Presiden 2024

Senin, 24 Feb 2020 07:30

Wakil Bupati Bantaeng: Pimpin Masa Depan dengan Menguasai Teknologi

Wakil Bupati Bantaeng: Pimpin Masa Depan dengan Menguasai Teknologi

Senin, 24 Feb 2020 07:02

PKS: RUU Minerba Harus Memihak Rakyat

PKS: RUU Minerba Harus Memihak Rakyat

Senin, 24 Feb 2020 06:30

Seluruh Korban Hanyut Susur Sungai Sempor Telah Ditemukan

Seluruh Korban Hanyut Susur Sungai Sempor Telah Ditemukan

Senin, 24 Feb 2020 06:28

Kritik untuk Menteri Nadiem: Merdekakan Kampus dari Korporasi!

Kritik untuk Menteri Nadiem: Merdekakan Kampus dari Korporasi!

Ahad, 23 Feb 2020 22:33

Ucapan Salam Keselamatan, Ada yang Alergi?

Ucapan Salam Keselamatan, Ada yang Alergi?

Ahad, 23 Feb 2020 22:05

Mengerikan, Pasukan Israel Seret Jenazah Warga Palestina di Perbatasan Gaza Menggunakan Buldoser

Mengerikan, Pasukan Israel Seret Jenazah Warga Palestina di Perbatasan Gaza Menggunakan Buldoser

Ahad, 23 Feb 2020 21:00

Muadzin Masjid Raya London yang Ditikam Saat Kumandangkan Adzan Maafkan Pelaku Penusukan

Muadzin Masjid Raya London yang Ditikam Saat Kumandangkan Adzan Maafkan Pelaku Penusukan

Ahad, 23 Feb 2020 19:55

#QQRizki atau Quranic Quantum Rizki, Metode Tarik Rizki Sambil tiduran

#QQRizki atau Quranic Quantum Rizki, Metode Tarik Rizki Sambil tiduran

Ahad, 23 Feb 2020 18:18

Tabligh Akbar di Gowa, Direktur Pristac: Anak adalah Aset Peradaban

Tabligh Akbar di Gowa, Direktur Pristac: Anak adalah Aset Peradaban

Ahad, 23 Feb 2020 17:50

Lebih Dari 10.000 Warga Sipil Terbunuh atau Terluka Dalam Perang Afghanistan pada 2019

Lebih Dari 10.000 Warga Sipil Terbunuh atau Terluka Dalam Perang Afghanistan pada 2019

Ahad, 23 Feb 2020 17:48

Olok-olok Salam Pancasila

Olok-olok Salam Pancasila

Ahad, 23 Feb 2020 16:07

Berkaca pada Pemindahan Ibukota Turki

Berkaca pada Pemindahan Ibukota Turki

Ahad, 23 Feb 2020 13:59

FOL-PIP Dideklarasikan Bersamaan dengan Milad ke 12 Adara Relief International

FOL-PIP Dideklarasikan Bersamaan dengan Milad ke 12 Adara Relief International

Ahad, 23 Feb 2020 12:58

Iran Tutup Sekolah, Universitas dan Pusat Budaya Setelah 6 Orang Tewas Akibat Virus Corona

Iran Tutup Sekolah, Universitas dan Pusat Budaya Setelah 6 Orang Tewas Akibat Virus Corona

Ahad, 23 Feb 2020 11:30

Kepala LLDIKTI Wilayah IX Tampil Sebagai Pembicara di Dialog Kebangsaan Muktamar III LIDMI

Kepala LLDIKTI Wilayah IX Tampil Sebagai Pembicara di Dialog Kebangsaan Muktamar III LIDMI

Sabtu, 22 Feb 2020 23:42

Naftali Bennet: Israel Tidak Akan Pernah Menyerahkan Satu Inci Pun Tanahnya pada Orang Arab

Naftali Bennet: Israel Tidak Akan Pernah Menyerahkan Satu Inci Pun Tanahnya pada Orang Arab

Sabtu, 22 Feb 2020 22:30

Panggilan Jiwa Kaum Jurnalis

Panggilan Jiwa Kaum Jurnalis

Sabtu, 22 Feb 2020 22:27

Dubes Negara Sahabat Diundang Pembukaan KUII Termasuk Dubes AS

Dubes Negara Sahabat Diundang Pembukaan KUII Termasuk Dubes AS

Sabtu, 22 Feb 2020 21:22

Keinginan Seorang Wanita Saat Menanti Jodoh

Keinginan Seorang Wanita Saat Menanti Jodoh

Sabtu, 22 Feb 2020 21:20


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X