Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
12.076 views

Bom Itu Kontra Intelijen

(voa-islam.com) - Setiap kali terjadi peledakan bom di tanah air, baik Bom Bali l, Bom Bali ll, Bom di Kedubes Australia, di Hotel  JW Marriott, dan tempat lainnya, umat Islam selalu jadi kambing hitam. Nama baik seperti pesantren dicoreng sebagai gudang teroris. Bahkan menurut pencitraan Densus 88 Mabes Polri, pesantren khusus putri  pun bisa jadi gudang teroris.

Padahal cukup jelas, menurut logika orang awam saja, peledakan bom bukan kejadian yang terjadi begitu saja. Setiap peledakan bom pasti melibatkan bermacam-macam kepentingan politik, ekonomi, serta hal-hal lain baik individual maupun institusional yang berkelindan. Motifnya hanya dua yaitu (keuntungan) uang dan hegemoni dalam arti pelanggengan pengaruh. Oleh karena itu, meski sudah diketahui siapa master mind atau otaknya, ia tak akan pernah ditangkap.

Peledakan bom kerap terjadi di tempat dengan penjagaan aparat. Ini tidak mengherankan. Tentang hal ini, mantan komandan Densus 88, Surya Darma, dengan enteng menjelaskan bahwa hal itu bisa saja terjadi karena adanya keterlibatan orang dalam.

“Lazimnya, aparat tak menyentuh orang dalam,” kata Surya. Disadari atau tidak, jawaban Surya Darma itu merendahkan kredibilitas BIN dan Densus 88 yang tak tahu atau membiarkan keterlibatan orang dalam tersebut.

Nama baik seperti pesantren dicoreng sebagai gudang teroris. Bahkan menurut pencitraan Densus 88 Mabes Polri, pesantren khusus putri  pun bisa jadi gudang teroris.

Yang menimbulkan keheranan justru seperti main tebak-tebakan dalam mencari siapa orang dalam itu. Sumber BIN mengatakan bahwa orang dalam itu koki, lalu di koreksi, bukan koki tapi floris, lalu dikoreksi lagi, bukan floris, tapi anak-anak. Akibatnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tak jadi menghadiri acara puncak hari peringatan Hari Anak Nasional di Ancol, ( jangan-jangan ) gara-gara anak-anak Indonesia sudah pandai merakit dan meledakan bom.

Surya Darma lebih lanjut mengatakan bahwa peledakan bom itu dilakukan oleh kaki tangan jaringan Al-Qaidah atau Jamaah Islamiyah. Farihin, yang mengaku sebagai anggota Al-Qaidah dan tahu seluruh anggota Al-Qaidah yang ada di Indonesia, malah menantang Surya Darma untuk membuktikan ucapannya. “Kalau Benar pelakunya anggota Al-Qaidah syukurlah, tetapi kalau bukan berarti pelakunya adalah kaki tangan Amerika Serikat, yang mengebom simbol-simbol As sendiri,”  ujarnya.  ”Di dunia ini hanya ada dua kutub permusuhan yaitu AS versus Islam, “ tambahnya.

Ketika Presiden SBY dianggap menuduh ada kaitan pengeboman itu dengan Pilpres 2009, ia pun membantah. Ia tidak menuduh kalau bom itu terkait dengan pilpres. Apa yang disampaikannya bukan hal yang mengada-ada, melainkan berdasarkan laporan intelijen.

Berbicara tentang bom sungguh sangat panjang. Peledakan bom bisa erkait kepeningan pribadi atau institusi, bisa terkait dengan motif uang dan hegemoni, dan juga terkait dengan masalah idelogi dan rekayasa dekonstruksi sosial. Setiap peledakan bom tak luput dari desain, umat Islam yang bisa dikorbankan dikambinghitamkan, dan Islam disudutkan sebagai agama yang mengajarkan kekerasan. “Pengeboman itu jelas merupakan upaya untuk mendiskreditkan Islam, “ tegas juru bicara HTI, Ismail Yusanto.

“Pengeboman itu jelas merupakan upaya untuk mendiskreditkan Islam, “ tegas juru bicara HTI, Ismail Yusanto.

Lantas, apa kata publik tentang peledakan bom di Hotel JW Marriott dan Hotel Ritz Carlton itu?  Selama 24 juli hingga 31 juli 2009 Republika online  (ROL) menggelar jejak pendapat seputar peristiwa mematikan tersebut. Ternyata, sebanyak 46,1 persen responden berkeyakinan bahwa peledakan bom itu merupakan tindakan kontra Intelijen. Hanya sebanyak 20,7 persen responden menyatakan bahwa ledakan bom itu murni tindakan teroris, dan 27,3 persen meyakininya sebagai tindakan pengacau keamanan. (PurWd/voa-islam/rol) 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X