Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
15.188 views

Dilarang Shalat Jum'at, Karyawan Lapor Ke Dewan

Jember (voa-islam.com) -Lagi, pelarangan karyawan untuk sholat jum'at masih terjadi di pabrik. Kali ini giliran indomarco yang ketiban panggilan DPRD karena laporan pelarangan sholat jum'at.

Ada yang menarik saat digelar hearing antara Komisi D DPRD Jember dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pemkab Jember, serta pihak Indomarco, kemarin. Terungkap, komisi D menerima pengaduan dari karyawan Indomarco Adi Prima dan Indomarco Prismatama yang menyatakan ada larangan karyawan menjalankan salat Jumat.

...Kami mendapatkan laporan melalui surat resmi. Larangan ini jika benar bisa berakibat fatal karena ini sensitif masalah SARA," kata Sunardi...

"Kami mendapatkan laporan melalui surat resmi. Larangan ini jika benar bisa berakibat fatal karena ini sensitif masalah SARA," kata Sunardi, ketua Komisi D DPRD Jember. Untuk itulah, komisi D kemudian menggelar hearing dengan melibatkan pihak disnakertrans dan dua Indomarco tersebut.

Kepala Disnakertrans Pemkab Jember M. Tamrin menjelaskan, dua Indomarco tersebut adalah milik konglomerat Liem Sioe Liong, hanya beda manajemen. Indomarco Adi Prima adalah stockiest atau penyedia barang, sedangkan Indomarco Prismatama membawahi ritel Indomaret. "Dua Indomarco itu milik satu orang, tapi beda manajemen," ujarnya.

Menanggapi hal itu, Lucas, pimpinan Cabang Indomarco Adi Prima mengaku, pihaknya tidak tahu soal adanya larangan salat Jumat tersebut. "Kami sangat menghargai karyawan yang beragama Islam. Setiap Jumat jam 11.30, mereka keluar kantor untuk melaksanakan salat Jumat," kata Lucas di hadapan wakil rakyat, kemarin.
Lucas menjelaskan, Indomarco di Jember membawahi beberapa kabupaten. "Jember ada tiga depo. Ada 24 area yang meliputi Jember, Bondowoso, Lumajang, dan Situbondo," paparnya. Dan, kata dia, selama ini tidak ada larangan untuk salat Jumat bagi karyawannya.

...Mungkin salah satu counter (mini market, Red) yang agak lebay (berlebihan, Red), sehingga salat Jumat pun tidak diizinkan," ujarnya...

Sedangkan Kadisnakertrans Tamrin memperkirakan, pelarangan salat Jumat itu dialami ritel Indomaret. Namun, dia tidak yakin, jika hal itu merupakan kebijakan perusahaan. "Mungkin salah satu counter (mini market, Red) yang agak lebay (berlebihan, Red), sehingga salat Jumat pun tidak diizinkan," ujarnya.

Kendati begitu, kata Tamrin, jika benar larangan tersebut, pihaknya akan menindak tegas pengusaha yang melarang hak karyawannya untuk beribadah. Sebab, hak itu dilindungi oleh Pasal 63 dan Pasal 100 UU Nomor 13 Tahun 2003. "Sanksinya bisa pidana. Tapi akan saya panggil dulu pengusaha dan memberikan pembinaan," terangnya.

Tamrin menambahkan, pihaknya pernah memberikan teguran salah satu perusahaan yang memberikan tempat ibadah di bawah tangga. "Itu dulu. Sekarang perusahaan itu sudah memberikan musala besar bagi karyawannya," tegasnya. Dia menjelaskan, perusahaan memiliki kewajiban memberikan tempat ibadah bagi karyawannya.

Sayangnya, kemari, Komisi D DPRD Jember gagal menghadirkan manajemen Indomarco Prismatama. Yang hadir, hanya supervisor dan bagian personalianya. Itu pun keduanya terlambat hadir di Komisi D DPRD Jember. Padahal, Komisi D DPRD Jember ingin hearing langsung dengan pimpinannya.

Setelah ditawarkan kepada anggota Komisi D DPRD Jember, akhirnya disepakati akan digelar hearing lanjutan dengan Indomarco Prismatama. Komisi D DPRD Jember akan kembali memanggil pihak manajemen Indomarco Prismatama. (JPNN, 05/02/10)

Bukan Yang Pertama, Kasus Cimahi

Awal tahun 2009, kita juga menyaksikan perjuangan tiga buruh PT Mewah Niagajaya (MN) Cimahi, Jawa Barat, yang dipecat karena memperjuangkan hak untuk menjalankan ibadah shalat Jumat.

Kasus ini sempat mendapat dukungan dari berbagai pihak. Namun meskipun demikian, manajemen PT MN tetap melarang buruhnya menunaikan shalat Jumat.

Sebenarnya, Mejelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Cimahi telah mengeluarkan rekomendasi agar manajemen PT MN tidak melarang atau menghambat para buruh melaksanakan ibadah shalat Jumat. MUI pun meminta manajemen PT MN memindahkan hari libur dari hari Sabtu menjadi Jumat.

...Tapi, manajemen tidak konsisten. Manajemen membuka pintu bagi buruh yang tetap mau bekerja pada Jumat dan dihitung lembur,” papar Tusani, pengurus SPN Cimahi...

Sebenarnya rekomendasi MUI itu disetujui manajemen pabrik. Sejak munculnya rekomendasi MUI, pabrik mulai menetapkan hari Jumat sebagai hari libur dan karyawan diminta bekerja seperti biasa pada Sabtu. ”Tapi, manajemen tidak konsisten. Manajemen membuka pintu bagi buruh yang tetap mau bekerja pada Jumat dan dihitung lembur,” papar Tusani, pengurus SPN Cimahi.

Buruh yang masuk pada hari Jumat, kata dia, lagi-lagi tidak diperbolehkan shalat Jumat. ”Mereka yang melaksanakan ibadah shalat Jumat dilarang masuk ke pabrik lagi,” katanya tegas. (Republika, 29/01/09.

Hukum Meninggalkan Sholat Jum'at Dengan Sengaja

Shalat jum’at adalah sebuah kewajiban bagi ummat Islam, khususnya laki-laki dewasa. Kewajiban ini dituangkan di dalam firman Allah; Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, maka bersegeralah kalian kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.( Al-Jumu’ah: 9)

Adapun kewajiban itu bagi kaum muslim laki-laki berdasarkan kepada hadis nabi; Dari Thariq bin Syihab ra bahwa Rasulullah SAW bersabda,

الْجُمُعَةُ حَقٌّ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ فِى جَمَاعَةٍ إِلاَّ أَرْبَعَةً عَبْدٌ مَمْلُوكٌ أَوِ امْرَأَةٌ أَوْ صَبِىٌّ أَوْ مَرِيضٌ

Shalat Jumat itu adalah kewajiban bagi setiap muslim dengan berjamaah, kecuali (tidak diwajibkan) atas 4 orang. [1] Budak, [2] Wanita, [3] Anak kecil dan [4] Orang sakit.” (HR Abu Daud)

Dalil-dalil tersebut menunjukkan kewajiban melakukan shalat jum’at bagi lelaki muslim. Jika kewajiban itu ditinggalkan, maka ia mendapatkan dosa besar.

Kalimat Ummat Nabi Muhammad memiliki dua makna, ummat da’wah dan ummat istajabah. Ummat da’wah adalah semua orang yang hidup setelah beliau diutus sebagai Nabi dan Rasul. Sedangkan umat Istijabah adalah manusia yang hidup setelah kerasulan beliau dan memutuskan untuk menerima dakwah baliau. Pengeluaran seseorang dari ummat nabi Muhammad memiliki makna penetapan kekufuran seseorang.

Benarkah orang yang meninggalkan shalat Jum’at ia keluar dari agama islam, alias murtad? Mari kita tinjau hadis-hadis yang menerangkan bahayanya meninggalkan shalat jum’at, apalagi sampai tiga kali berturut-turut adalah

مَنْ تَرَكَ الْجُمُعَةَ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ مِنْ غَيْرِ عُذْرٍ وَلاَ عِلَّةٍ طَبَعَ اللَّهُ عَلَى قَلْبِهِ

Barangsiapa meninggalkan shalat jum’at tiga kali tanpa udzur dan tanpa sebab (yang syar’i) maka Allah akan mengunci mata hatinya (HR Malik).

مَنْ تَرَكَ الْجُمُعَةَ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ تَهَاوُنًا بِهَا طَبَعَ اللَّهُ عَلَى قَلْبِهِ

Barangsiapa meninggalkan shalat jum’at tiga kali karena meremehkannya maka Allah akan mengunci mata hatinya (HR at-Tirmidzi).

Ibnu Abbas mengatakan

مَنْ تَرَكَ الْجُمُعَةَ ثَلاَثَ جُمَعٍ مُتَوَالِيَاتٍ فَقَدْ نَبَذَ اْلإِسْلاَمَ وَرَاءَ ظَهْرِهِ

Barangsiapa meninggalkan shalat Jum’at tiga kali berturut-turut maka ia telah melemparkan ikatan Islam ke belakang punggungnya (HR Abu Ya’la dari kata-kata Ibnu Abbas)

Dengan memperhatikan hadis-hadis tentang meninggalkan shalat jum’at, kita temukan bahwa tidak ada nash yang jelas yang menunjukkan batalnya keimanan seseorang.

Memang Ibnu Abbas mengatakan telah melemparkan tali Islam ke belakangnya, maksud dari kata ini bukanlah melepaskan agama Islam, tetapi melepaskan sebagian kewajiban di dalam Islam. Terlebih bahwa ucapan itu bukan berasal dari Rasulullah saw sehingga tidak bisa digunakan untuk memastikan batalnya keislaman seseorang.

Dari sini, maka orang yang tidak menjalankan shalat jum’at tiga kali tidak dinyatakan sebagai orang kafir, apalagi kalau ia masih mau shalat yang lain.Wallahu a’lam bish-shawab. (Ibnudzar/dbs).

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X