Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.251 views

PBB: Menuduh Koruptor Berarti Menuduh PKI, Jaksa Ilegal Ibarat Zina

Surabaya (voa-islam.com) –Perseteruan kasus pengadaan Sistem Administrasi Badan Hukum (Sisminbakum) semakin meruncing, perang argumentasi antar pakar hukum tak terelakan. Analisis setajam pisau terkadang menelurkan juga statemen yang kurang etis, tuduhan-tuduhan gencar dilansir dari kedua belah pihak, mulai dari  kata-kata seperti zina sampai PKI.

DPP Partai Bulan Bintang (PBB) pun siap pasang badan dalam kasus pengadaan Sistem Administrasi Badan Hukum (Sisminbakum) yang menimpa Ketua Majelis Syuro DPP PBB Yusril Ihza Mahendra. PBB akan menyiapkan langkah bantuan hukum bagi mantan Menkumham tersebut.

Pasalnya, tuduhan kejaksaan terhadap Yusril sebagai tersangka atas kasus dugaan korupsi pada Sisminbakum yang merugikan keuangan negara sebesar Rp 420 miliar adalah ilegal, karena sistem tersebut tidak termasuk dalam peraturan pemerintah sebagai penerimaan bukan pajak.

...Kalau dituduh korupsi sama halnya dengan dituduh PKI pada zaman dulu. Itu sangat menyakitkan hati,” kata Kaban

“Kerugian Negara Rp 420 miliar adalah sebuah opini yang diciptakan untuk membunuh karakter dan menjatuhkan nama Yusril. Kalau dituduh korupsi sama halnya dengan dituduh PKI pada zaman dulu. Itu sangat menyakitkan hati,” kata Ketua Umum DPP PBB Malam Sambat Kaban di kantor DPW PBB Jatim, Jl Pucang Adi Surabaya, Senin (5/7/2010) malam.

Menurut mantan Menteri Kehutanan MS Kaban, posisi Hendarman Supanji sebagai Jaksa Agung RI saat ini adalah ilegal dan tidak sah menurut sistem administrasi ketatanegaraan. “Kami persilahkan Komisi III DPR RI memanggil Yusril. Kami harapkan masalah ini segera diklirkan agar tidak timbul polemik berkepanjangan di mata masyarakat,” tegasnya.

Dia menambahkan, Sisminbakum itu dibuat pada masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan telah disahkan Wapres Megawati Sukarno Putri. PBB memastikan tidak ada unsur kerugian negara dan korupsi dalam kasus tersebut. “Sesuatu yang sumir jangan dipaksakan, nanti malah jadi preseden buruk bagi perjalanan bangsa ini,” tukasnya.

Kaban bahkan meminta pemerintah dan Jaksa Agung menuntaskan kasus bailout Bank Century Rp 6,7 triliun yang diduga melibatkan Wapres Boediono. “Jika ingin mempidanakan Yusril, kami minta Wapres Boediono harus bisa dipidanakan juga karena terlibat kasus Century. Jangan hanya bisa tebang pilih,” pungkasnya.

Yusril: Jaksa Agung Ilegal Ibarat Zinah!

Sementara itu, Mantan Mensesneg Yusril Ihza Mahendra tak sependapat dengan pernyataan politisi PDIP Gayus Lumbuun yang menilai persoalan legalitas Hendarman Supandji sebagai Jaksa Agung hanya persoalan administrasi semata.

Menurut Yusril, ibarat sebuah pernikahan resmi haruslah diikat oleh ijab kabul yang resmi pula tidak di bawah tangan. Apalagi jika tidak dilakukan akad nikah sama dengan berzinah. Sebab, hal itu bisa berimplikasi panjang bagi keabsahan keluarga dan keturunannya kelak.

"Kalau orang pacaran tidak menikah hanya zina atau nikah sirri, kemudian pernikahan itu tidak diakui oleh negara dan anaknya tidak berhak menerima waris dan memiliki akta lahir," terang Yusril Senin (5/7).

Yusril mengatakan, jika Gayus menilai kedudukan Hendarman Supandji sebagai jaksa agung adalah sah maka sama dengan melegalkan perzinahan atau pernikahan di bawah tangan.

..."Analogi seperti zinah tadi itu, ini persoalan penting menyangkut sebuah kewenangan besar dalam penegakkan hukum. Jadi tidak bisa seenaknya SBY cuma bilang lisan ke Hendarman tanpa ada Keppres pengangkatan," terang Yusril...

"Analogi seperti zinah tadi itu, ini persoalan penting menyangkut sebuah kewenangan besar dalam penegakkan hukum. Jadi tidak bisa seenaknya SBY cuma bilang lisan ke Hendarman tanpa ada Keppres pengangkatan," terang Ketua Majelis Syuro Partai Bulan Bintang (PBB) ini.

Sebelumnya, Politisi PDIP Gayus Lumbuun menilai Hendarman Supandji adalah jaksa agung yang sah namun tidak memenuhi syarat administratif. "Bagi saya ini bukan tidak sah, tapi kekurangan syarat administratif di mana tidak ada pemberhentian dan pengangkatan. Ini tidak bisa memengaruhi kedudukan keputusannya,” ujar Gayus, Senin (5/7). (Ibnudzar/dbs)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X