Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.354 views

Bersama 60 Negara, Indonesia Akan Gugat Arogansi Israel

Jakarta (voa-islam.com) - Pengacara dari 60 negara, termasuk Tim Pengacara Muslim (TPM) dari Indonesia, akan bertemu di Istanbul, Turki, 15-16 Juli, untuk menggugat Israel terkait penyerangan misi kemanusiaan yang membawa bantuan ke Gaza.

"Ada pengacara yang berasal dari 60 negara yang akan melakukan langkah-langkah hukum untuk menggugat dan menuntut pelaku penyerangan Mavi Marmara," kata Ketua Dewan Pembina, Mahendradatta, di kantor TPM, Jakarta, Senin.

Mavi Marmara adalah kapal utama yang membawa bantuan ke Gaza tersebut. Mahendradatta memaparkan, pihaknya menjadi kuasa hukum dari enam orang WNI yang menjadi korban dari penyerangan tersebut, termasuk dua WNI yang terluka, yaitu Surya Fachrizal dan Oktavianto.

Para pengacara puluhan negara tersebut antara lain dari Turki, Inggris, dan berbagai negara yang tergabung dalam kawasan Uni Eropa.

Para pengacara tersebut, ujar dia, akan merumuskan suatu gugatan terhadap Israel, baik di sejumlah forum pengadilan internasional maupun forum bilateral lainnya.

Untuk itu, Mahendradatta menegaskan, pihaknya akan tetap terus melawan Israel untuk menunjukkan perlawanan terhadap sikap arogansi kekuasaan negara zionis tersebut.

Pengacara dari Tim Pembela Muslim (TPM) akan berangkat ke Istanbul, Turki, untuk mengajukan gugatan terkait tragedi kekerasan terhadap relawan untuk Gaza, Palestina.

...“Kami akan bawa barang bukti. Salah satunya baju yang penuh darah milik dr Arief Rahman (relawan Mer-C). Kami juga berharap dapat serpihan peluru yang kini masih berada di RSPAD"...
“Kami akan berangkat ke Istanbul. Tanggal 15 Juli ada pertemuan dengan para pengacara dari negara-negara yang warganya menjadi korban Israel di Kapal Mavi Marmara,” ungkap Ketua Tim, Mahendradatta.

Masih menurut Mahendra, Indonesia tidak sendirian dalam mengajukan gugatan. Hampir semua negara yang warganya menjadi korban penyerangan Israel akan datang ke Istanbul untuk bertemu pada 15 dan 16 Juli nanti. Negara-negara yang akan hadir, menurut Mahendra, antara lain Jerman, Belgia, Inggris, Malaysia, Spanyol, dan negara-negara Timur Tengah.

“Kami akan mendiskusikan upaya untuk menggugat Israel. Nantinya akan dibicarakan apakah gugatan akan dilayangkan secara bersamaan atau per negara,” ungkap Mahendra.

Dia memaparkan dari Indonesia sendiri akan membawa tiga tuntutan, yaitu penghilangan paksa, penyiksaan, dan kejahatan terhadap perempuan dan anak-anak.

“Kami akan bawa barang bukti. Salah satunya baju yang penuh darah milik dr Arief Rahman (relawan Mer-C). Kami juga berharap dapat serpihan peluru yang kini masih berada di RSPAD,” tambah Mahendra.

Peluru itu sebelumnya bersarang di dalam tubuh Surya Fachrizal, wartawan Hidayatullah yang dioperasi di RSPAD setibanya di Indonesia, bulan lalu.

TPM juga berharap ada perhatian dari Pemerintah Indonesia untuk membantu terkait gugatan ini. Menurutnya, negara lain sangat didukung pemerintahnya masing-masing.

“Bahkan dari Jerman yang saya dengar, mereka akan didampingi Jaksa Federal. Ini sudah membuktikan bahwa negara itu sangat serius menindaklanjuti kasus ini,” kata Mahendra.

 

 

Sementara itu, Ketua Presidium Mer-C, organisasi Bulan Sabit Merah Indonesia, Jose Rizal Jurnalis mengatakan, kasus Mavi Marmara merupakan kampanye untuk melakukan tekanan kepada Israel agar segera memperlonggar blokade di Palestina.

Ia juga mengingatkan bahwa organisasi badan rahasia Israel juga terkait dengan tindak pembunuhan petinggi HAMAS, partai politik di Palestina, yang terjadi di salah satu negara di Timur Tengah.

"Saya berharap agar upaya hukum untuk menggugat Israel bisa sampai ke ICC (Pengadilan Kriminal Internasional yang terletak di Belgia)," kata Jose Rizal. (Ibnudzar/dbs)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X