Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.617 views

Menag: Calon Jamaah Haji akan Divaksin Novartis dari Italia

Jakarta (voa-islam.com) - Calon Jemaah Haji yang akan diberangkatkan pada tahun ini dapat memulai melakukan pembayaran pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) pada 3 Agustus, esok hari. Hal itu diungkapkan oleh Kementerian Agama dalam jumpa persnya di kantor Kemenag di Jakarta, Senin (2/8).

"Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank Penerima Setoran BPIH tempat setoran awal selama 19 hari kerja untuk jemaah haji reguler,"ujar Menteri Agama, Suryadharma Ali kepada wartawan. Untuk jemaah haji khusus memiliki waktu pelunasan yang lebih pendek yaitu mulai dari 3 Agustus hingga 12 Agustus.
..."Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank Penerima Setoran BPIH tempat setoran awal selama 19 hari kerja untuk jemaah haji reguler,"ujar Menteri Agama, Suryadharma Ali...
Suryadharma melanjutkan, apabila kuota belum terpenuhi pada hari akhir pembayaran pelunasan biaya yaitu 30 Agustus, maka rentang waktu pembayaran akan diperpanjang."Bisa dilakukan mulai dari tanggal 31 Agustus sampai 6 September,"katanya.
Para calon jemaah haji reguler dan juga khusus diwajibkan untuk segera melapor ke kantor kementrian agama kabupaten atau kota sesuai domisilinya."Diwajibkan segera daftar ulang selambat-lambatnya 4 hari kerja," kata Suryadharma.

Calon Jemaah Haji Pakai Vaksin Mengitis Italia

Terkait dengan penggunaan vaksin meningitis, yang akan digunakan jamaah Haji tahun ini adalah novartis dari Italia.

"(Vaksin) ini Novartis dari Italia, Itu yang digunakan jamaah haji Indonesia dan segera kita gunakan tahun ini," ujar Suryadharma.
..."(Vaksin) ini Novartis dari Italia, Itu yang digunakan jamaah haji Indonesia dan segera kita gunakan tahun ini," ujar Suryadharma...
Dan dirinya juga menyatakan vaksin meningitis Italia dipilih karena vaksin ini telah teregistrasi. Dan dirinya meminta masyarakat percaya bahwa vaksin yang disuntikkan bebas dari yang haram, "Kalau menurut saya, kita harus percaya dengan Kementerian Kesehatan. Walaupun vaksin yang dinyatakan haram sudah dibeli, saya yakin Kementerian Kesehatan tidak akan menyuntikkan vaksin tersebut (GSK dari Belgia), jelasnya.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam hal ini Menteri Kesehatan (Menkes) Endang Rahayu Sedyaningsih mengatakan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan nomor registrasi atau izin edar bagi vaksin meningitis dari Novartis yang telah dinyatakan halal oleh MUI. "Jadi pengadaan akan segera dilakukan secepatnya," kata Menkes ketika ditemui di Gedung YTKI, Jl Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis, (30/7/2010).

Sementara itu, vaksin meningitis Glaxo Smith Kline (GSK) yang telah didistribusikan ke sebagian daerah di Indonesia penggunaannya akan dihentikan dan diganti dengan vaksin yang dinyatakan halal. Dari dua vaksin meningitis yang dinyatakan halal oleh MUI yakni Novartis Vaccine and Diagnotis S.r.l Italia dan Zheiyiang Tianjuan Cina, namun Novartis yang mendapatkan nomor registrasi Badan POM sehingga vaksin tersebut yang akan dipakai.

Menag Bantah Selewengkan Dana Abadi Umat

Sementara terkait dugaan pemakaian dana abadi umat, Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali membantah anggapan bahwa Kementerian Agama melakukan penyimpangan dalam penggunaan dana abadi umat (DAU).

"Kami tidak menggunakan DAU sepersen untuk kepentingan apa pun. Sampai saat ini dana tersebut masih ada," ungkap Suryadharma, Senin (2/8/2010).

..."Kami tidak menggunakan DAU sepersen untuk kepentingan apa pun. Sampai saat ini dana tersebut masih ada," ungkap Suryadharma...

Suryadharma juga menjelaskan, untuk menggunakan dana tersebut tidak sembarangan. Sebab, harus melalui keputusan presiden. Menang juga mengatakan, DAU hanya bisa digunakan untuk kepentingan pendidikan, dakwah, sosial, agama, kesehatan, serta prasarana ibadah.

Penegasan Menag tersebut untuk mengklarifikasi sebuah pemberitaan yang menyebutkan institusi yang dipimpinnya telah menggunakan DAU untuk membiayai para ulama, wartawan, dan anggota DPR menunaikan ibadah haji.

Sebelumnya, Suryadharma mengatakan DAU sudah dibekukan sejak Mei 2005 lalu sehingga tak benar kalau DAU telah dipergunakan untuk keperluan ibadah haji. Dia menambahkan, seluruh dana optimalisasi haji untuk keperluan penyelenggaraan ibadah haji terlebih dahulu dibicarakan di Komisi VIII DPR (Ibnudzar/dbs).

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X