Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.464 views

Ulil Keukeh Teror Bom Buku Bernuansa Politis dan Tidak Terkait Teroris

SEMARANG (voa-islam.com) - Meski beberapa orang yang disebut pengamat teroris menuduh bahwa teror bom Utan Kayu dan beberapa lainnya dilakukan oleh kelompok "Islam garis keras," orang yang justru akan menjadi korban dari serangan tersebut tetap keukeh mengatakan bahwa aktor intelektual dibalik teror bom tersebut bukan dari kelompok teroris dan lebih bernuansa politis.

Aktivis Jaringan Islam Liberal, Ulil Abshar Abdalla, menilai teror bom buku yang ditujukan kepadanya tidak berkaitan dengan jaringan terorisme, namun bermuatan politis.

"Aktor intelektual di balik teror bom itu saya kira bukan dari jaringan teroris," katanya, usai sekolah Ideologi bertema "Mengenal Liberalisme, Meneguhkan Demokrasi" di Semarang, Senin (28/03/2011).

Menurut dia, pengiriman bom buku yang ditujukan kepadanya di Kantor KBR 68H, Utan Kayu, Jakarta Timur berkaitan dengan aktivitasnya menyuarakan liberalisme dan aktivitas politiknya.

..Aktor intelektual di balik teror bom itu saya kira bukan dari jaringan teroris..

Karena itu, kata dia, meski polisi sudah menggambar sketsa pelaku pengiriman bom tersebut, aktor intelektual di balik pengiriman bom buku itu susah untuk ditangkap.

Ia mengatakan, penanganan kasus bom buku tersebut harus menggunakan instrumen politik, mengingat muatan politis dari teror bom buku yang ditujukan kepadanya itu.

Sementara terkait teror bom buku yang juga terjadi di daerah-daerah lain, ia menilai hal itu hanya tren iseng yang menunggangi isu kekerasan dari teror bom buku tersebut.

..meski polisi sudah menggambar sketsa pelaku pengiriman bom tersebut, aktor intelektual di balik pengiriman bom buku itu susah untuk ditangkap..

Sejak awal Sebelumnya pendiri Jaringan Islam Liberal (JIL) yang juga Ketua Pusat Pengembangan Strategi dan Kebijakan DPP Partai Demokrat tersebut mengatakan bahwa paket bom yang dikirimkan untuk dirinya bukan lantaran persoalan pribadi semata.

Ulil menduga ada motif politik di balik pengirim paket berisi tersebut. "Ini bentuk teror politik," kata Ulil. Dugaan itu didasari keaktifan dirinya selama setahun di Partai Demokrat. Selama di Demokrat, salah satu Ketua DPP Partai Demokrat itu termasuk orang yang bersuara keras agar Presiden Yudhoyono melalukan reshuffle di kabinet.

"Selama 10 tahun saya bergerak di bidang pemikiran Islam di Jaringan Islam Liberal (JIL), tidak pernah ada kejadian seperti ini," kata Ulil Abshar Abdalla saat diwawancarai Lucia Saharui dari Metro TV melalui saluran telepon, Selasa (15/3). (aa/ant,voi)

Berita terkait: Aktivis JIL: Bom Buku terkait Politis, Bukan Kerjaan Islam Garis Keras

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Jumat Barokah: Mari Berbagi Wakaf Qur’an & Tebar Hidangan kepada Santri Pelosok Garut

Insya Allah besok Jum’at IDC berbagi Sedekah Jum’at dan Wakaf Mushaf Al-Qur'an kepada para Santri TPQ Masjid Al-Iman Garut. Mari berburu keberkahan sedekah Jumat dan wakaf Al-Qur'an....

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah  Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Kampung Peundeuy Banten Terhenti, Ayo Sedekah Jariyah.!!!

Pembangunan Mushalla Nurul Hikmah di Tangerang Banten ini terhenti karena terkendala biaya. Diperlukan biaya 30 juta rupiah untuk merampungkan agar ibadah dan syiar Islam makin semarak....

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Hijrah dari Gubuk Rombeng, Ayo Bangun Rumah Dakwah Ustadz Karita

Ustadz Karita dan Ustadzah Nurjanah totalitas berdakwah memajukan pendidikan agama di Leuwigede Indramayu. Karena keterbatasan ekonomi, mereka tinggal di gubuk dari karung bekas. Ayo Bantu..!!!...

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Ayo Wakaf Tempat Wudhu ke Masjid Al-Iman Talegong, Alirkan Pahala Abadi.!!

Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah, ibadah dan pengajian warga Kampung Warung Gantung Talegong Garut, Jawa Barat. Namun sampai saat ini belum memiliki tempat wudhu. Ayo Wakaf..!!!...

Latest News

MUI

Must Read!
X