Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
13.415 views

Dikucilkan Warga, Istri Mujahid Klarifikasi dihadapan Warga

Depok (voa-islam) – Pasca ditangkapnya Mardiansyah alias Ferdiansyah (Ferdi) oleh Densus 88 tak jauh dari kontrakannya di kawasan Studio Alam, Depok, sang istri Asma atau yang biasa disapa Ummu Maryam beserta keluarga harus menerima pengucilan dari warga sekitar.

Sungguh berat beban penderitaan Asma. Ia harus rela hidup, tanpa ditemani suami, saat dirinya tengah hamil sembilan bulan, dan sebentar lagi akan melahirkan anaknya yang kedua. Sementara itu ia tak punya cukup biaya persalinan untuk menyiapkan jabang bayinya bila lahir nanti.

Atas permintaan Ibu RW, Ummu Maryam harus memberikan klarifikasi di depan majelis taklim kaum ibu, untuk menjelaskan apa adanya, bahwa suaminya tidak terlibat dugaan terorisme seperti dituduhkan Densus.  Sebagai istri, Ummu Maryam tahu banyak tentang kegiatan suaminya selama ini. “Suami saya memang berbisnis air soft gun. Ini pun legal. Untuk membeli senjata, ada surat-suratnya, bahkan mendapatkan keanggotaan dari Perbakin,” ujar ibu dari Maryam ini.

Ketika Ummu Maryam yang bercadar itu mengklarifikasi bahwa suaminya tidak bersalah, ada warga yang bertanya: Jika tidak bersalah, kenapa tidak dilepaskan saja. Lalu dijawab lagi oleh Ummu Maryam, bahwa suaminya difitnah oleh Densus melakukan aksi teorisme. Padahal, tidak pernah terlibat dengan bom Cirebon.

Seperti dikatakan Ummu Maryam, dulu, sang suami pernah bekerjasama dengan Sofyan Tsauri untuk  memasarkan air soft gun. Kerjasama itu berlangsung selama setahun. Tapi kemudian, suaminya berbisnis sendiri, tak lagi bekerjasama dengannya. Sebelumnya, Ferdi pernah bekerja sebagai sopir . Karena lelah, sang suami beralih profesi untuk menjalankan bisnis air soft gun. Bisnis itu ditekuninya secara serius.

“Saya heran, kenapa bisnis legal ini diidentikkan dengan teroris. Setahu saya, banyak ikhwan yang berbisnis air soft gun. Tapi kenapa hanya suami saya yang ditangkap.  Saya sebagai istrinya, sering kok mendampingi suami untuk ambil barang dari importir yang didatangkan dari Jepang dan Taiwan,” kata Asma yang tahu banyak soal jenis air soft gun.

Pernah, Babinsa datang ke kontrakannya untuk mencari tahu kegiatan suami berbisnis air soft gun. Lalu dengan secara terbuka, istri Mardiansyah ini, menjelaskan bisnisnya yang dijalankan lewat online itu. Bahkan ia mempersilahkan babinsa tersebut melihat jenis air soft gun pesanan orang, berikut brosurnya.

Ummu Maryam juga membantah, jika ia dan suaminya tidak bergaul dengan warga sekitar. ”Salah, jika orang berjengggt tidak  pernah bergaul. Buktinya, suami saya sering berbisnis dengan warga di sini, seperti  jual motor atau beli tanah. Sedangkan saya, memang sering bolak-balik ke rumah mertua di Cipayung, Jakarta Timur. Karena importirnya ada diluar Depok, maka untuk memudahkan pengambil barang, kami terpaksa nginap di rumah mertua,” tukasnya menjelaskan.

Sebelumnya, kepada voa-islam, Ketua RT  04 Kampung Cikumpa, Ahmad Fauzi, mengatakan, jika Ibu Maryam dan suaminya tidak berinteraksi dengan masyarakat setempat. Bahkan ke musholla pun tidak pernah.  ”Ferdiansyah jarang bergaul dengan warga sekitar serta memiliki kepribadian yang tertutup. Bila ada pengajian warga di lingkungannya,  Ferdiansyah tidak pernah mengikutinya,"  kata Ketua RT menuduh.

Dikatakan Fauzi, Ibu Maryam selaku warga sudah melapor dan mendatangi rumahnya secara baik-baik. ”Bagi saya, Bu Maryam tak perlu memberi konfirmasi kepada warga. Mungkin itu permintaan Bu RW. Yang jelas, tidak ada perintah dari saya kepada warga untuk mengucilkan Ibu Maryam, apalagi mengusirnya dari kampung ini. Saya tidak punya hak untuk mengusir. Sebagai Ketua RT, saya hanya berharap, Ibu Maryam mau bergaul dengan masyarakat sekitar. Sebab. jika ada kesusahan, kan tetangga terdekat yang akan menolong,” tukas Pak RT.

Ditangkap Densus

Seperti diberitakan sebelumnya, Ferdiansyah (27) yang telah menghuni rumah kontrakan selama satu tahun di Jl. Kemang II, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok. Ferdiansyah diketahui berbisnis air soft gun melalui internet.

Dengan tuduha tak jelas, Ferdi kemudian disergap di tengah jalan, ketika ia beserta istri dan anaknya hendak membeli makan malam, seusai shalat Magrib.

Dengan penangkapan itu, warga sekitar mengaku kaget dengan penggerebekan yang dilakukan oleh Densus 88. Masyarakat dikejutkan ketika sejumlah anggota Densus 88 menggeledah rumah kontrakan dan menyita barang-barang berharga milik Ferdi, seperti motor Honda Legenda, CPU komputer, dan DVD murotal 30 juz.

Sebelum penangkapan, diceritakan Ummu Maryam, sang suami sempat ditelepon oleh seseorang di Bandung untuk membawa barang air soft gun. Tapi oleh sang istri dilarang, mengingat ada insiden bom Cirebon. ”Firasat saya sebagai istri, ada kekhawatiran jika ada yang menjebak. Suami saya akirnya tidak jadi ke Bandung. Saya bertanya-tanya, kenapa harus ke Bandung.”

Saat terjadi peristiwa pengeboman masjid di Cirebon, Ummu Maryam sempat geram dan bertanya pada suami. ”Abah, kok ada orang ngebom masjid. Suami saya geleng-geleng kepala. Dia bilang tidak tahu sama sekali pelakunya. Yang pasti, saat itu suami saya ada dirumah kontrakan. Ia sedang istirahat di kamarnya. Saya juga sering melarang pergi kemana-mana jika tidak ada keperluan, kecuali jika ada bisnis.”

Suatu ketika, Ummu Maryam dan suami serta putrinya yang masih balita keluar rumah untuk membeli jajan makan malam dengan mengendarai sepeda motor. Saat berada di lahan kosong, ada yang menelpon dari orang yang tak dikenal. Di tengan jalan, tiba-tiba Kijang Innova menjegatnya. Yang menjegat hanya seseorang, tapi di portal ojek, banyak sekali orang yang menunggu.

”Abah (Ferdi) dipanggil. Lalu ditarik ke dalam mobil dengan tangan terborgol. Saya dan anak saya pun turut dibawa ke mobil. Di dalam mobil, suami saya ditanya, soal dimana keberadaan Abu Haykal. Suami saya bilang tidak tahu. Lalu ditanya lagi, dimana Eko Ibrahim. Suami saya lagi-lagi tidak mengenalnya. Yang jelas, ada beberapa daftar nama yang akan dijadikan target oleh Densus. Jam 02.00 malam, saya kemudian dipisahkan dari suami. Sampai di rumah, sudah banyak wartawan yang menunggu. Saya dan suami betul-betul tidak menduga, jika ada penangkapan.”

Ummu Maryam berharap, ia masih tetap ingin tinggal di rumah kontrakan di studio Alam, Depok. ”Saya ingin tinggal disini, karena biaya kontrakannya murah, itu sudah termasuk dengan listrik,” katanya.

Jika ada yang ingin membantu ukhti kita yang satu ini untuk membiayai persalinan bayinya nanti, bisa menghubungi voa-Islam. Atas kebaikan akhi dan ukhti semua, semoga mendapat balasan dari Allah SWT. (Desastian)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Mbah Siti, Sang Ahli Ibadah Hidup di Bilik Reyot Bantaran Sungai. Ayo Bantu.!!

Nenek renta ahli ibadah ini hidup seorang diri di bilik reyot Bengawan Solo. Bila hujan seisi rumah kebocoran air. Di malam hari, ia menggigil kedinginan diserang angin malam karena dindingnya...

Hidup Sebatang Kara, Muallaf  Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Muallaf Suliatin Diterpa Berbagai Ujian Hidup, Ayo Bantu.!!

Hijrah menjadi Muslimah, mantan Kristen Pantekosta ini ditimpa banyak ujian mulai dari keluarga hingga kerasnya pekerjaan. Hidup sebatang kara, ia bekerja keras sebagai buruh pembuat batu bata. ...

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Kista Membahayakan Kehamilan, Teh Imas Ummu Zahra Harus Harus Dikiret. Ayo Bantu.!!

Teh Imas mengalami gangguan kehamilan karena mengidap kista. Janinnya tak berkembang, yang dalam medis disebut IUGR (intrauterine growth restriction). Ia harus dikiret karena membahayakan nyawa....

Korban Tabrak Lari,  Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Korban Tabrak Lari, Istri Aktivis Dakwah Tergolek Remuk Tulang, Ayo Bantu!!!

Saat hendak membantu orang tertimpa musibah, Ummu Qisthi jadi korban tabrak lari mobil pickup. Empat bulan pasca operasi tulang remuk, kondisinya memburuk dan lukanya mengeluarkan nanah...

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Gunungsari Butuh Masjid. Ayo Bantu Amal Jariyah.!!!

Sudah 4 tahun Pesantren Tahfiz Al-Qur’an ini mendidik para yatim dan kaum dhuafa tanpa memungut biaya. Mereka butuh masjid, anggaran dana 160 juta rupiah. Sisihkan harta, dapatkan istana di...

Latest News
Nasihat Kematian

Nasihat Kematian

Selasa, 01 Dec 2020 11:00

Akbar Pemulung Cinta Al Qur’an

Akbar Pemulung Cinta Al Qur’an

Selasa, 01 Dec 2020 09:50

dr. Gamal Jadi Pengurus di DPP PKS, Asyik: Saya Beri Porsi Anak Muda untuk Siap Jadi Pemimpin

dr. Gamal Jadi Pengurus di DPP PKS, Asyik: Saya Beri Porsi Anak Muda untuk Siap Jadi Pemimpin

Senin, 30 Nov 2020 23:50

Lebih dari 20 Ribu Produk Didaftarkan Sertifikasi Halal di BPJPH

Lebih dari 20 Ribu Produk Didaftarkan Sertifikasi Halal di BPJPH

Senin, 30 Nov 2020 21:51

Dukung Perjuangan Palestina, Adara Gelar Acara ‘Solidarity for Peace’

Dukung Perjuangan Palestina, Adara Gelar Acara ‘Solidarity for Peace’

Senin, 30 Nov 2020 21:44

Pasukan Afghanistan Klaim Tewaskan Dalang Serangan Bom Mobil Jibaku di Markas Militer Ghazni

Pasukan Afghanistan Klaim Tewaskan Dalang Serangan Bom Mobil Jibaku di Markas Militer Ghazni

Senin, 30 Nov 2020 21:00

Israel Tingkatkan Keamanan Seluruh Misi Diplomatiknya Setelah Pembunuhan Ahli Nuklir Iran

Israel Tingkatkan Keamanan Seluruh Misi Diplomatiknya Setelah Pembunuhan Ahli Nuklir Iran

Senin, 30 Nov 2020 20:00

Persatuan Ulama Muslim Internasional Kecam Fatwa Anti-Ikwahnul Muslimin Saudi

Persatuan Ulama Muslim Internasional Kecam Fatwa Anti-Ikwahnul Muslimin Saudi

Senin, 30 Nov 2020 19:30

Raja Salman Tidak Tahu Pertemuan Rahasia Antara Putra Mahkota MbS dan PM Israel Netanyahu

Raja Salman Tidak Tahu Pertemuan Rahasia Antara Putra Mahkota MbS dan PM Israel Netanyahu

Senin, 30 Nov 2020 17:45

Seperti Apa Bumi 4,5 Tahun Lalu? Ilmuwan Beri Gambarannya

Seperti Apa Bumi 4,5 Tahun Lalu? Ilmuwan Beri Gambarannya

Senin, 30 Nov 2020 15:55

Kekuatan Figur Ayah dan Ibu dalam Membentuk Kepribadian Anak

Kekuatan Figur Ayah dan Ibu dalam Membentuk Kepribadian Anak

Senin, 30 Nov 2020 15:51

Bagikan Info Pengguna, Facebook Didenda di Korsel

Bagikan Info Pengguna, Facebook Didenda di Korsel

Senin, 30 Nov 2020 15:50

Nyeri Haid Tanda Masalah Kesuburan, Benarkah?

Nyeri Haid Tanda Masalah Kesuburan, Benarkah?

Senin, 30 Nov 2020 15:45

Seragam Khutbah Racun Agama

Seragam Khutbah Racun Agama

Senin, 30 Nov 2020 15:42

Terpilih Ketua MUI Pusat, Ustaz Jeje: Bukan Anugerah tapi Amanah dan Ujian Berat

Terpilih Ketua MUI Pusat, Ustaz Jeje: Bukan Anugerah tapi Amanah dan Ujian Berat

Senin, 30 Nov 2020 15:31

Dewan Da'wah Resmikan Akademi Da'wah Bengkulu

Dewan Da'wah Resmikan Akademi Da'wah Bengkulu

Senin, 30 Nov 2020 15:02

Jangkau Pulau Terpencil, Kimia Farma dan BWA Luncurkan Klinik Apung

Jangkau Pulau Terpencil, Kimia Farma dan BWA Luncurkan Klinik Apung

Senin, 30 Nov 2020 14:56

Fahri: UMKM Jadi Roda Penggerak Ekonomi dan Mampu Bertahan dari Krisis Saat Ini

Fahri: UMKM Jadi Roda Penggerak Ekonomi dan Mampu Bertahan dari Krisis Saat Ini

Senin, 30 Nov 2020 12:41

Nguber HRS, Ada Apa dengan Bima Arya?

Nguber HRS, Ada Apa dengan Bima Arya?

Senin, 30 Nov 2020 11:32

Edhy Prabowo Terlibat Suap, Usamah Hisyam: Presiden Gagal Memilih Menteri

Edhy Prabowo Terlibat Suap, Usamah Hisyam: Presiden Gagal Memilih Menteri

Senin, 30 Nov 2020 10:11


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X