Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.754 views

Misi Kemanusiaan Palang Merah & Bulan Sabit Merah Bertemu di Jenewa

Jenewa (voa-islam) - Tantangan kemanusiaan dalam konflik bersenjata dan bencana alam kontemporer akan menjadi salah satu tema yang dibahas pada Konferensi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah ke-31 di Jenewa minggu depan.

Konferensi yang dimulai tanggal 28 November mempertemukan perwakilan dari Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional (Gerakan) - jaringan kemanusiaan terbesar dunia - dan perwakilan Negara-negara peserta Konvensi Jenewa. Lebih dari 2.000 orang diperkirakan menghadiri acara tersebut.


Salah satu tujuan dari konferensi ini adalah mendorong perbaikan dalam hal keamanan sehingga pelayanan kesehatan dapat diberikan tanpa hambatan ketika terjadi konflik bersenjata dan situasi kekerasan lainnya. "Jumlah korban meninggal sangat besar akibat konflik bersenjata atau kekerasan lainnya yang menghalangi akses para korban ke perawatan kesehatan atau karena dokter, rumah sakit atau ambulans dijadikan sasaran serangan langsung," kata Jakob Kellenberger, presiden Komite Internasional Palang Merah (ICRC).

"Dalam empat tahun ke depan, kami akan mengumpulkan para pakar hukum, petugas kesehatan, pembuat kebijakan dan perwakilan angkatan bersenjata untuk mencari solusi praktis atas apa yang telah berkembang menjadi salah satu bencana kemanusiaan terbesar namun mendapat perhatian yang sangat minim dewasa ini."

Peserta konferensi diharapkan mengadopsi resolusi yang akan mendukung sebuah inisiatif empat tahun guna mengatasi kondisi darurat global ini. Studi terbaru ICRC atas 650 insiden di 16 negara serta laporan lanjutan mengenai konsekuensi bagi staf medis dan pasien merupakan dasar dari inisiatif ini. Temuan menunjukkan bahwa hambatan untuk menyediakan dan mendapatkan perawatan kesehatan meluas dan mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia terutama di negara-negara seperti Afghanistan, Republik Demokratik Kongo (RDK), Kolombia dan Libya.

Tujuan penting lain dari konferensi ini adalah memperkuat perlindungan hukum korban konflik bersenjata. Hukum humaniter internasional yang ada masih sesuai secara keseluruhan, namun perbaikan masih diperlukan di bidang-bidang tertentu. Secara khusus, ada kebutuhan untuk perlindungan lebih baik terhadap tahanan dalam konflik bersenjata non-internasional, dan kebutuhan akan mekanisme internasional yang lebih efektif untuk memantau kepatuhan terhadap hukum humaniter internasional.



Yang juga menjadi perhatian dalam Konferensi Internasional ini adalah isu perlindungan para relawan dalam kondisi darurat. Hampir satu miliar orang di seluruh dunia menjadi relawan. Lebih dari 13 juta di antaranya bergabung dengan Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, membantu orang-orang tanpa mengharapkan keuntungan finansial. Karakter pekerjaan tanggap darurat membuat banyak relawan mempertaruhkan keselamatan mereka dan sering kali nyawa mereka. Pada tahun 2011, sejumlah relawan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah di negara-negara seperti Libya, Sudan, dan Pakistan menderita luka-luka atau dalam beberapa kasus tewas ketika sedang menolong korban.

Atas dasar tragedi tersebut atau tragedi lainnya, penguatan perlindungan hukum bagi relawan dan menciptakan sebuah lingkungan yang dapat melindungi secara lebih baik, mempromosikan dan mengakui manfaat dari keberadaan para relawan, akan menjadi tujuan utama konferensi.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) yang dilakukan sesuai dengan Manual on the Measurement of Volunteer Work (Manual tentang Pengukuran Kerja Sukarela) dari Organisasi Buruh Internasional (ILO), pelayananan para relawan di seluruh dunia dalam kegiatan-kegiatan darurat dan pembangunan yang dilakukan oleh Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional bernilai hampir enam miliar dolar AS pada tahun 2009 - atau sekitar Rp.100 (90 sen US) untuk setiap satu orang di seluruh dunia.

"Keputusan yang kita buat pada Konferensi Internasional, resolusi yang kita hasilkan, kebijakan yang kita adopsi, menjadi masuk akal hanya ketika para relawan ada dan siap menerjemahkan kata-kata kita ke dalam tindakan nyata," kata Bekele Geleta, Sekretaris Jenderal IFRC.

"Relawan tanpa pamrih menolong orang lain dan terkadang berada dalam bahaya. Sudah saatnya kesejahteraan, pengakuan dan perlindungan bagi relawan ditinjau secara serius dan langkah-langkah dibuat untuk memastikan mereka dapat melakukan pekerjaannya tanpa rasa takut pada intimidasi atau bahaya."

Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional terdiri atas ICRC, IFRC dan 187 Perhimpunan Nasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah. Konferensi Internasional, badan konsultasi tertinggi Gerakan, bertemu empat tahun sekali.   (Desastian/IFRC)


Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X