Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
65.083 views

Masya Allah, Banyak Muslimah di Ambon yang Murtad, Kemana Para Ulama?

Ambon (voa-islam) - Gerakan Kristenisasi telah menggurita di segenap penjuru di negeri yang penduduknya mayoritas muslim ini. Berbagai fakta dari gerakan Kristenisasi tersebut telah banyak diungkap oleh organisasi massa Islam dan diketahui oleh publik di negeri ini.

Yang belum banyak diketahui oleh kaum Muslimin di Indonesia adalah adanya gerakan Kristenisasi di Maluku terutama Ambon, daerah yang berulangkali dilanda konflik bernuansa SARA tersebut. Beberapa waktu yang lalu, Voa-Islam pernah mengetengahkan fakta di Kota Ambon akan adanya orang-orang muslim yang murtad, berpindah agama menjadi Nasrani, yaitu di daerah Talake dan Waihaong.

Kali ini Voa-Islam akan memaparkan temuan terbaru tentang gerakan pemurtadan (Kristenisasi) di Desa Nania, kecamatan Teluk Ambon Baguala, Kotamadya Ambon. Desa Nania berjarak kurang lebih 20 Km dari pusat kota Ambon. Desa ini dihuni oleh dua komunitas Islam dan Kristen dengan perbandingan Muslim 75 % sedangkan Nasrani 25 %.Namun demikian, jabatan kepala desa justru dijabat oleh orang Nasrani.

Gerakan Kristenisasi di Desa Nania terbilang cukup gencar dan berhasil dilihat dari jumlah orang yang berhasil di Kristenkan. Hampir seluruh korban Kristenisasi adalah perempuan. Modus yang dipakai oleh Salibis dalam melancarkan gerakannya tidak berbeda dengan Kristenisasi di tempat lain di Maluku, yaitu melalui pacaran, kemudian dihamili, baru setelah itu dinikahi. Awalnya, si laki-laki mau menikah dengan cara Islam, tapi dikemudian hari justru si wanita (muslimah) yang murtad menjadi Kristen.

Muslimah yang Murtad

Beberapa nama yang berhasil dihimpun oleh Voa Islam melalui investigasi diyakini, bahwa diantara  mereka yang  telah murtad  adalah:

1. Ny NSB (36 tahun) yang menikah dengan pria Nasrani bernama AP. Wanita ini adalah anak seorang muadzin (orang setempat menyebutnya bapak Mudin). Keterangan dari sumber Voa Islam menyebutkan, bahwa Ny NSB pada masa gadisnya dikenal kecantikannya sehingga dianggap sebagai kembang desa. Berawal dari pergaulannya dengan orang-orang Kristen akhirnya ia berpacaran dengan Pria Kristen, kemudian menikah dan murtad menjadi Kristen. Ny NSB sekarang tinggal bersama suaminya di Desa Nania bagian wilayah komunitas Kristen.

2. Ny R (40 tahun), wanita yang telah dikaruniai tiga orang anak ini murtad menjadi Nasrani juga setelah menikah dengan pria Nasrani bernama YP. Ny R dan keluarganya masih menetap di Desa Nania.

3. Ny TM (35 tahun),wanita ini murtad menjadi Nasrani setelah menikah dengan seorang tukang ojek bernama A. Keluarga Nasrani ini sekarang telah mempunyai dua orang anak dan berdomisili di Desa Nania.

4. Ny A (40 tahun).Sebelum murtad Ny A bersuami seorang muslim dan dikaruniai dua orang anak. Ia menjadi murtad setelah selingkuh dengan anak angkatnya sendiri seorang pria Kristen bernama NP. Setelah perselingkuhannya terbongkar Ny A lari dengan NP meninggalkan suaminya yang muslim dan menikah secara Kristen dengan NP, dan kini ia menjadi penganut Kristen. Dari pernikahnnya dengan NP ini Ny A memiliki 2 orang anak. Salah satu anak perempuan Ny A dengan suaminya yang pertama bernama A, sudah dua tahun ini A menghilang lari bersama seorang Pria Kristen.

5. Ny EM (33 tahun). Ketika kerusuhan tahun 1999  Ny EM yang ketika itu masih gadis mengungsi di Desa Halong tempat Pangkalan Utama Angkatan Laut berada. Halong sendiri termasuk desa yang sebagian besar penduduknya beragama Nasrani. Di tempat pengungsian inilah Ny EM murtad menjadi Nasrani setelah menikah dengan pria Nasrani. Kini Ny EM tinggal di Halong bersama suaminya. Sumber Voa Islam belum berhasil mendapatkan nama suami dari Ny EM.

6. Ny H (40 tahun), ia seorang janda dengan 3 orang anak. Ny H murtad menjadi Nasrani setelah menikah dengan Pria Nasrani. Dua orang anak Ny H tetap beragama Islam sedangkan seorang anaknya yang lain mengikuti jejak ibunya murtad menjadi Nasrani.

7. Ny E (45 tahun), murtad menjadi Nasrani setelah menikah dengan Pria Nasrani bernama JS. Sekarang Ny E bertempat tinggal bersama suaminya di permukiman Kristen Desa Passo Batu Gong. Keluarga ini telah memiliki 3 orang anak, 2 orang anaknya beragama Kristen dan yang satu orang beragama Islam.

8. Ny S (26 tahun). Awalnya ia menjadi murtad ketika S masih gadis ia pindah rumah tinggal bersama tantenya di Mangole Maluku Utara. Di Mangole inilah S murtad menjadi Nasrani setelah menikah dengan seorang anak pendeta dari Manado.Sumber Voa Islam tidak mengetahui nama suami dari Ny S.Akan tetapi sejak Ny S murtad dan menikah pernah mengunjungi keluarganya di Desa Nania.

9. Ny A (27 tahun), Ny A yang berasal dari keluarga Muslim ini murtad menjadi Nasrani setelah menikah dengan seorang anggota polisi Nasrani. Ny A yang telah memiliki seorang anak ini kini berdomisili di Saumlaki Maluku Tenggara Barat menemani suaminya yang bertugas sebagai polisi disana.

10. Keluarga DP yang terdiri dari suami,istri dan beberapa anaknya murtad menjadi Nasrani.Keluarga ini menjadi RMS (Ramai-ramai Masuk Sarani=Nasrani) diawali ketika anak perempuan DP yang bernama Y menikah dengan seorang pria Nasrani. Setelah pernikahan Y dengan pria Nasrani kemudian disusul dengan adik-adik perempuan Y juga menikah dengan pria-pria Kristen.Yang kemudian adik laki-laki Y yang lain juga murtad menjadi Nasrani. Keluarga DP yang berasal dari makassar inipun akhirnya seluruhnya murtad menjadi Nasrani dan mereka sekarang menetap di Passo (kampung Kristen).DP sendiri telah meninggal beberapa tahun lalu dalam keadaan beragama Kristen.

Data yang ada ini hanyalah sebagian kecil dari kenyataan sebenarnya, karena investigasi yang dilakukan oleh Voa Islam dengan dibantu oleh beberapa pemuda Nania baru sebatas tidak lebih dari 50 % wilayah desa Nania. Masih ada beberapa wilayah Desa Nania yang belum diinvestigasi yang menurut kabar dari masyarakat setempat di wilayah-wilayah tersebut juga banyak orang Islam yang ikut RMS (Ramai-ramai Menjadi Sarani=Nasrani).

Gencarnya gerakan Kristenisasi di Ambon yang amat sangat,  tentunya sangat mengkhawatirkan kita. Dan persoalan ini hendaknya menjadi tanggung jawab para tokoh umat Islam, ormas Islam seperti MUI (Majelis Ulama Indonesia) dan juga segenap kaum Muslimin.

Sayangnya pada hari ini masyarakat muslim Ambon belum melihat ada upaya dari MUI untuk menangkal gerakan pemurtadan dan upaya pembinaan terhadap aqidah umat. Padahal seharusnya Ulama berperan sebagai pelayan dan penjaga umat dan bukan menjadi pelayan dan penjaga penguasa. Akankah kita biarkan umat Islam Maluku terus digerogoti oleh gerakan makar Salibis? (Af, Desas)

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News
Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Berikan Pelatihan Pengurusan Jenazah, Ibu-ibu: 'Ternyata, Selama Ini Kita Salah'

Jum'at, 29 Mar 2024 13:12

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Pejuang Palestina Terlibat Pertempuran Jarak Dekat Dengan Pasukan Israel Di Sekitar RS Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 22:02

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Malaysia Dakwa Pemilik Toserba Dan Pemasok Kaus Kaki Bertuliskan ‘Allah’

Kamis, 28 Mar 2024 21:17

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Euro-Med: Militer Zionis Israel 'Eksekusi' 13 Anak Di Sekitar Rumah Sakit Al-Shifa Gaza

Kamis, 28 Mar 2024 20:28

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Meta Diperintahkan Hapus Larangan Kata 'Syahid' Di Postingan Medsos

Kamis, 28 Mar 2024 15:37

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

IHATEC dan GHCC Korea Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Ekosistem Produk Halal

Kamis, 28 Mar 2024 08:36

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Osama Hamdan: Kematian Wakil Komandan Al-Qassam Marwan Issa Belum Terkonfirmasi

Rabu, 27 Mar 2024 21:01

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Ini Pesan KH Bachtiar Nasir kepada Calon Hakim Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI

Rabu, 27 Mar 2024 18:00

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

12 Warga Gaza Tewas Tenggelam Saat Ambil Bantuan Kemanusiaan Di Pantai

Rabu, 27 Mar 2024 17:15

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

6.000 Kali Khatam Al-Qur'an, Begini Metode Yang Dilakukan Pesantren Nuu Waar AFKN

Rabu, 27 Mar 2024 16:29

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Palestina Aman, Publik Dibohongi?

Rabu, 27 Mar 2024 07:22

Puasa Jangan Lemas!

Puasa Jangan Lemas!

Rabu, 27 Mar 2024 07:09

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Polemik Film ‘Kiblat’, MUI: Sutradara Film Horor Perlu Menempatkan Simbol Islam Secara Adil

Selasa, 26 Mar 2024 22:15

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Tgk Yusran Hadi Ajak Umat Islam Untuk Bantu Saudara-Saudara Seiman Di Gaza Palestina

Selasa, 26 Mar 2024 21:20

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Militer Zionis Israel Gunakan Amunisi Era 1950-an Di Tengah Kekurangan Pasokan Dalam Perang Di Gaza

Selasa, 26 Mar 2024 17:12


MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X