Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.491 views

PN Jakpus Sidangkan Terdakwa Aktivis yang Dituduh Meracuni Polisi

JAKARTA (voa-islam.com) - Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menggelar sidang perdana terhadap tujuh terdakwa aktivis yang didakwa berencana menyebarkan racun sianida di berbagai kantor kepolisian.

Ketujuh terdakwa ini adalah Santhanam, Martoyo, Jumarto, Umar, Paimin, Budi Supriadi, serta Ali Miftah.

"Mereka melakukan permufakatan jahat, percobaan atau pembantuan untuk melakukan tindak pidana terorisme," kata jaksa penuntut umum (JPU) Fatikhuri, saat membacakan dakwaannya di Jakarta, Selasa (20/12).

Ketujuh terdakwa ini disidangkan secara terpisah, lalu dakwaannya dibacakan oleh JPU yang berbeda-beda di hadapan majelis hakim yang sama yang diketuai Ahmad Rivai.

JPU menilai para terdakwa dinilai telah mempersiapkan, membawa air racun yang diolah dari buah jarak, kemudian dikemas dalam botol Aqua agar dikonsumsi oleh polisi.

Target para terdakwa ini adalah meracuni polisi yang direncanakan disebarkan di kantin kantor Polsek, Polres, dan Polda di Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Tengah, katanya.

JPU menuturkan bahwa racun itu berasal dari buah jarak yang diproses menjadi cairan yang berbahaya.

Kantor Polsek Kemayoran yang sering didatangi anggota polisi menjadi sasaran percobaannya.

"Namun sebelum sampai di warung tenda makanan tersebut, terdakwa Santhanam dan Paimin (pelaku pelaksana) terlebih dahulu ditangkap oleh anggota polisi," ujar JPU Fatikhuri.

JPU melanjutkan, menurut hasil Puslabfor Polri, racun dari buah jarak itu mengandung senyawa ricin yang berbahaya jika terhirup, disuntikan atau tertelan dan hingga saat ini belum ada antitoksin untuk ricin.

Atas penangkapan Santhanam dan Paimin pada 10 Juni 2011, ditemukan sejumlah senjata api model pulpen, delapan senjata api rakitan dan lima butir peluru.

Selain itu ditemukan pula pelarut toluena, metanol, benzena, etil benzena, trimetil benzena, p-xilena, phospire (PH3), arsenic. Bahan kimia tersebut tergolong pelarut kimia dan bahan kimia beracun.

Belakangan diketahui, Santhanam adalah orang yang memiliki gagasan untuk membuat racun dari biji jarak, sementara Paimin adalah pembuatnya.

Sementara Umar, Wartoyo, Jumarto, Budi Supriyadi dan Ali Miftah, mereka dituduh telah membantu mempersiapkan, melakukan survei atau membiarkan tindak pidana terorisme.

"Upaya meracuni aparat keamanan ini diusulkan oleh Ali Miftah agar dilaksanakan sebelum putusan sidang terdakwa kasus tindak pidana terorisme, Abu Bakar Baasyir," ujar JPU Lila Agustina.

Ali Miftah alias Ibrahim ini merupakan pihak yang mengetahui dan membiarkan orang-orang jaringan terorisme pelatihan militer di Aceh.

Niat jahat ini bermula pada April 2011, saat Santhanam memimpin pengajian yang diikuti oleh Jumarto, Umar, Wartoyo dan Budi Supriadi di halaman masjid Al Ikhlas Kelurahan Kebun Kosong, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Awalnya Santhanam hanya mengajarkan baca tulis Al Quran, lama-kelamaan mengarah kepada jihad dengan acara mempersiapkan racun tersebut menyimpan senjata api.

Para terdakwa diancam dengan pidana paling berat pidana mati untuk Santhanam dan Ali Mufthi berdasarkan Pasal 9 Perppu Nomor 1 tahun 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

Para terdakwa ini juga didakwadengan Pasal 7, Pasal 13 dan Pasal 15 UU yang sama. Sidang selanjutnya akan dilanjutkan pada pekan depan, Selasa (27/12) dengan agenda pembacaan eksepsi oleh pihak terdakwa atau kuasa hukumnya. (Antr/Widad)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X