Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
17.395 views

Republik K-Pop: Gara-gara Girl Band, Ayu Ting Ting, Hotpants Melejit

JAKARTA (VoA-Islam) – Fenomena boyband atau girlband makin marak di Indonesia. Anak-anak SD, ABG (Anak Baru Gede), mahasiswa, hingga ibu gaul betul-betul terbius dengan virus budaya Korea Pop (K-Pop)  yang sedang booming ini. Mereka bukan hanya hafal lagu-lagunya, tapi juga meniru-niru lenggak-lenggoknya, hingga pada tampilan seksi para personilnya.

Ironis, anak-anak SD dengan cerianya melantunkan lagu “Playboy..playboy..gak-gak kuat…” – lagu yang dipopulerkan oleh 7 Icon, grup girlband asal Indonesia itu. Sekedar info, 7 Icons adalah girlband pertama yang muncul di blantika music Indonesia. 7 Icons sendiri merupakan Girlband yang digawangi oleh 7 cewek cantik, diantaranya adalah Angela Tee, Grace Wohangara, Linzy, Mezty, Natly, PJ, dan Vanilla.

Setelah SMASH, 7icons berhasil membius masyarakat Indonesia, menggeser tren musik-musik melayu yang selama beberapa tahun belakangan ini telah merebut hati masyarakat Indonesia. Fenomena girlband di negeri ini boleh dibilang kreasi yang menjiplak habis girlband asal Korea Selatan yang terkenal dengan sebutan K-POP (Korean Pop). Dari situlah, menjadi inspirasi bagi tumbuhnya girlband-girl band di Tanah Air dari hari ke hari.

Selama Korean Pop terus menyerbu negeri ini, maka kemunculan girlband juga tak akan pernah habis. Sebut saja, Cherry Belle, Kilau, Bidadari, G String, Mascara,  Minni, 6 Starz, Queen 5, yang kini diidolakan remaja-remaja putri Indonesia. Pengamat music menilai, SM*SH, Cherrybelle dan 7icons adalah 3 boyband dan girlband teratas di Indonesia saat ini.

Seperti diketahui, Boyband-boyband dan juga girlband-girlband Korea, telah menembus dunia internasional bahkan Hollywood, seperti Super Junior (SuJu), Big Bang, Shinee, Girls Generation (SNSD), After School, Wonder Girls dan lain-lain. Trend inilah yang menginspirasi boyband dan girlband di Indonesia dengan konsep boyband ala Korea.

Belakangan, banyak komentar miring terhadap girlband-girlband itu, karena dianggap tidak bermutu, plagiat alias meniru girlband asal Korea tersebut. Bila menyimak status di twiter-twiter, sebagian besar mencerca boyband dan girlband Indonesia. Begitu juga di forum-forum dengan komentar-komentar yang isinya penuh dengan kritikan.

Maraknya bermunculan boyband dan girlband Indonesia baru, membuat banyak musisi angkat bicara tentang ini. Piyu 'Padi' mengatakan, "Budaya boyband dan girlband yang berkiblat pada Korea, mempengaruhi industri musik di Indonesia hanya sekadar mementingkan tampilan fisik semata. Dengan kata lain, tidak menaruh perhatian yang serius pada kualitas aransemen musik dan suara para penyanyi. Tidak sedikit ketika tampil live, mereka menggunakan cara lipsync.”

Kalau hanya dengan cara lipsync seperti itu, justru menunjukkan mereka tidak memiliki kualitas dalam bernyanyi. Piyu menganggap fenomena ini tidak akan bertahan lama. Bahkan Piyu, mengatakan kalau boyband itu tidak punya masa depan.

“Boyband tidak punya masa depan. Mereka hanya pengekor, kebanyakan masih lipsync, dan hanya mengandalkan dance. Tapi, bukannya saya enggak suka boyband. Saya suka kok sama NSYNC, Backstreet Boys. Tapi, boyband kebanyakan masih lipsync,” ujar Piyu.

Konyolnya, Ibu Negara Ani Yudhoyono malah terkagum-kagum dengan boyband Korea. Ibu Ani berkesempatan menyaksikan penampilan boyband Korea, JYJ saat hadir di acara ‘Nuclear Summit First Ladies’ Event‘ di Blue House, Korea Selatan, Selasa (27/12/2012) kemarin. Bersama dengan para ibu negara lainnya, Ani Yudhoyono juga berkesempatan berfoto bersama dengan grup boyband idola para remaja itu.

Hotpants Melejit

Bicara fenomena girlband, tak bisa dilepaskan dari performance atau penampilan mereka saat berada di atas panggung atau pun di layar kaca. Hampir rata-rata girlband mempertontokan auratnya, buka paha tinggi tinggi (bupati), dan adakalanya mengumbar aurat di sekwilda alias sekitar wilayah dada. Terlebih, mereka kerap mengenakan hotpants atau rok mini setiap kali manggung.

Bukan hanya kelompok girlband yang suka mengumbar aurat, selebritis seperti Agnes Monica, Sheila Marcia, pelantun dangdut “Kemana” Ayu Ting Ting juga memilih hotpants saat beraksi di atas panggung maupun dalam tayangan iklan di televisi.

Di Amerika, jangan ditanya sdan tidak aneh, itulah gudangnya para makhluk pengumbar aurat. Selain Britney Spears, Madona, Lady Gaga, hingga Rihanna kerap berbusana hotpants. Tapi, ternyata tak semua seleb Amrik tampil edan. Sebut saja Melanie Chisholm yang mengaku pengagum berat suara Rihanna. Namun untuk urusan gaya berbusana sang idola, mantan personel Spice Girl ini tidak senang lantaran terlalu seronok.

 “Saya penggemar berat Rihanna, tapi saya juga seorang ibu. Seseorang harus bertanggung jawab untuk tidak membuat generasi muda terlalu dalam terpengaruh seksualitas. Rihanna memiliki tanggung jawab itu, meski budaya telah berubah. Kita harus melindungi anak-anak, ” tulis Mel C pada akun Twitternya.

Kata Mel C, Rihanna adalah penyanyi yang hebat. Tapi dia belum menjadi ibu, mungkin jika dia menjadi ibu akan merasa ada yang salah dengan caranya berbusana. Mengingat tahun-tahun kesuksesan Spice Girl, Mel C mengaku seluruh personel kerap tampil seksi. Tapi itu semua telah berubah ke arah yang lebih baik. 

“Saya sadar pertama kali tampil, kami juga dikritik karena kerap tampil seksi. Kami mengenakan atasan terlalu terbuka dan sebagainya, tapi keadaan kini telah berbeda,” tutupnya. Desastian

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X