Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.036 views

Adnin Armas: Perguruan Tinggi Islam jadi Ladang Pemikiran Orientalis

SOLO (voa-islam.com)  - Gelombang pemikiran orientalis melanda dunia sejak abad petengahan. Kebencian kaum orientalis terhadap Islam bahkan ditandai dengan menyebut Rasullulloah Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan sebutan “Mamed, Mawmet, Mahoun, Mahun, Mahomet, Mahon, Machmet’ yang kesemua kata itu memiliki makna satu, yakni Setan (Devil).

Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Ustadz Adnin Armas, MA. (Direktur & Peneliti INSISTS Jakarta) pada saat memberikan pemaparannya dalam Seminar Nasional bertajuk “Wujudkan Ramadhan Tahun Ini Sebagai Titik Awal Kebangkitan Islam Melawan Orientalisme Barat”  di Auditorium Muh. Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Ahad pagi (22/7/2012).

Seminar yang digagas oleh Jama’ah Masjid Fathurrohman (JMF) UMS Solo ini juga menghadirkan Ustadz Dr. Mu’inudinillah Bashri, MA. selaku Direktur Magister Program Pasca Sarjana Pemikiran Islam UMS Solo sebagai pemateri lainnya.

Adnin Armas menjelaskan bahwa para pemikir orientalis adalah para pemikir yang melakukan kritik terhadap agama dan hendak melakukan suatu rekonstruksi pemahaman  agama yang baru menurut logika mereka.

“Para orientalis menganggap agama islam adalah sebuah dogma. Dan agama, dia anggap tidak ilmiah”, paparnya.

Untuk memuaskan hawa nafsunya mereka melakukan kritik dengan  menggunakan metode yang dianggap ilmiah menurut akal fikiran dan logika mereka, serta menafikan pemahaman agama dengan metode para salafush shalih.

Adnin Armas menegaskan bahwa penyebaran pemikiran orientalis ini merupakan suatu proyek penghancuran Islam dan umat Islam dari dalam tubuh umat Islam sendiri (orang-orang munafik) yang dibiayai oleh orang Barat. Contoh ini semua bisa dilihat dengan banyaknya diantara pemikir orientalis melakukan kritik terhadap keotentikan wahyu Al Qur’an.

Proyek penyebaran pemikiran orientalis tak segan-segan menjadikan perguruan tinggi Islam sebagai ladang penyebaran pemikiran, bahkan kegiatan tersebut marak terjadi dan dilakukan di pergurun tinggi Islam negeri (semisal IAIN atau kalau sekarang adalah UIN).

Bahkan tak jarang para pelaku kritik Al Qur’an itu adalah dosen atau pengajar, yang seharusnya mencetak para generasi rabbani dan kader ulama, tapi karena pemikirannya tersebut justru akhirnya mencetak para pemikir sesat (orientalis). Seakan seikat setali, mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di perguruan tinggi Islam yang ternama di Indonesia pun turut jadi agen pemikiran orientalis. 

“Untuk lembaga yang melawan pemikiran orientalis belum ada, malah justru yang menyebarkan orientalis dari universitas-universitas islam, seperti dari IAIN, UIN itu banyak,” imbuhnya.

Beliau pun menyayangkan perguruan tinggi Islam yang seharusnya menghalau dan melawan orientalis tetapi justru menyebarkan dan menyemai bibit-bibit perusak aqidah dari generasi muda yang ada.

“Ya, kita prihatinnya dengan orang-orang islam ini, yang seharusnya melawan orientalis tapi justru menjadi agen yang menyebarkan,” ungkap salah satu pengurus MIUMI ini.

Lebih lanjut Direktur Eksekutif INSISTS itu membongkar gelombang masuknya pemikiran orientaslias di sebabkan oleh masalah keuntungan ekonomis (finansial). Tak jarang proyek-proyek di berikan dan beasiswa di buka lebar-lebar bagi mahasiswa untuk melanjutkan studi keislaman ke luar negeri lengkap dengan seluruh fasilitasnya. lebih ironis lagi, perguruan tinggi Islam justru degan membuka tangan terbuka mengizinkan masuknya pemikiran orientalis untuk diterapkan pada generasi muda islam.

“Karena ada kekuatan ekonomi, mahasiswa yang belajar kesana akan mendapat beasiswa. Siapa coba yang gak mau dan tergiur. Universitas-universitas itu bukannya menolak tapi justru membuka diri”, pungkasnya. [asg/Kru FAI]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X