Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
13.269 views

Mimpi Presiden Dengan Sandal Jepit dan Baju Compang-Camping

Jakarta (voa-islam.com) Partai-partai politik sudah tidak zaman lagi. Rakyat sudah bosen dengan muslihat partai politik dan para pemimpinnya. Rakyat sudah tidak tahan lagi dengan bau busuk partai politik yang menyengat hidung.

Semua gambaran yang buruk itu, terpampang di Senayan. Tak ada lagi yang menyangsikan tentang partai politik, yang wakil-wakilnya, tampak tak ada yang menunjukkan perhatian dan keberpihakan terhadap rakyat. Hanya mengurusi kepentingan pribadi, kelompok dan golongannya belaka. Sambil mengeruk APBN.

Partai tak lagi menarik dimata rakyat. Rakyat sudah tak menghitung partai politik. Pemilu DKI Jakarta menjadi gambaran konkrit. Dukungan partai-partai besar tidak dapat menjamin seorang calon memenangkan pemilihan. Partai tak lagi dapat menentukan kemenangan. Nampaknya, faktor figur menentukan kemenangan dalam sebuah pemilihan. Inilah dinamika baru dalam kasanah politik di Indonesia.

Figur yang diinginkan identik dengan kehidupan rakyat banyak adalah yang bersahaja, jujur, amanah, tidak bergaya borju, tidak flamboyan, berempati dan memiliki komitmen keberpihakan terhadap rakyat, lugas, dan tidak aji mumpung. Itulah barangkali tipologi pemimpin yang akan disukai rakyat.

Tipologi pemimpin seperti itu, lahir ditengah-tengah kehidupan rakyat banyak. Bukan berada di gedung-gedung yang sejuk dengan pendingin. Pemimpin yang benar-benar merasakan kehidupan rakyat kecil.

Karena masih ada 60 juta rakyat miskin, dan bahkan hidup dibawah garis kemiskinan. Jadi model tipologi pemimpin seperti itu, yang akan mendapatkan dukungan rakyat di tahun 2014 nanti.

Bukan tipe pemimpi yang munafik, tukang menipu rakyat, dan mulutnya mencla-mencle. Bicaranya berubah-rubah, dan tidak memiliki rasa malu, ketika berbuat salah.

Bicaranya tentang kemiskinan, tetapi hidupnya sangat borju, tidak pernah merasakan penderitaan rakyat. Hidup di apartemen yang mewah, di rumah yang luas, lengkap dengan kolam renang, disertai ajudan, mobil yang mewah, dan berbaju branded (bikinan luar negeri), sepatu mengkilap, yang tak pernah menyentuh tanah, dan lengkap dengan dasi.

Hobinya plesiran ke luar negeri. Sambil membawa gundik. Hidupnya dari lobi hotel ke lobi hotel, tak pernah bertemu dengan kehidupan rakyat jelata. Rakyat sudah bosan dengan model pemimpin seperti itu.

Rakyat ingin pemimpin yang jujur tidak berpura-pura. Jujur antara yang diucapkan dengan yang dikerjakan. Tidak menyelisihi. Semua jelas, tidak dibuat-buat. Inilah sebuah harapan tipe pemimpin di masa depan.

Mimpi-mimpi  rakyat jelata, mengharapkan mereka yang tinggal dibantaran kali, di kolong jembatan, di emperen toko, di pinggir rel kereta api, di bawah fly over, semuanya akan segera pindah di rumah susun, dan terasa nyaman. Bukan hanya pemimpin partai yang hidupnya nyaman. Sementara itu, rakyat hidupnya pas-pasan dan penuh dengan penderitaan, dan setiap hari hanya makan raskin.

Mereka tidak lagi dikejar-kejar trantib. Mereka akan mempunyai  pekerjaan dan penghasilan yang layak. Anak mereka bisa sekolah dan menjadi pandai. Ketika mereka sakit tidak susah lagi berobat.

Rakyat ingin pemimpin mereka, tak usah bergaya borju, seperti seorang menejer perusahaan asing. Tetapi, seperti kebanyakan rakyat yang sebagian besar masih  hidup dibawah garis kemiskinan. Penuh empati. Memprioritaskan kehidupan rakyat. Bukan orang-orang kaya yang terus-menerus dimanjakan dan diberi fasilitas.

Tapi siapa? Adakah di tahun 2014 nanti akan lahir pemimpin seperti yang diimpikan oleh rakyat? Atau hanya pemain sinetron, yang mukanya penuh  dengan bedak kemunafikan, dan hobinya membohongi rakyat?

Rakyat ingin pemimpin yang sehidup dan semati dengan mereka. Merasakan penderitaan, kesulitan, kesusahan, serta kekecewaan mereka. Mereka ingin pemimpin yang benar-benar lahir dari kehidupan rakyat. Bukan pemimpin jenis keturunan, yang tak pernah mengenal kehidupan rakyat, dan hanya pandai beretorika belaka.

Adakah calon pemimin yang akan datang bersahaja, menggunakan sandal jepit, bajunya penuh tambalan, mobilnya tak usah gonti-ganti. Sesuai dengan nasib rakyatnya. Pemimpin itu benar-benar mencintai rakyat, dan memakmurkan rakyat, adil, dan tidak memiliki pamrih pribadi. Pokoknya, rakyat ingin memiliki pemimpin yang dapat melindungi rakyatnya.

Kalau ada orang-orang yang memiliki syarat itu, tidak mudah, karena harus memenuhi syarat undang-undang, karena setiap setiap calon presiden yang akan maju harus didukung oleh 20 persen suara di parlemen. Siapa? Mungkin sudah tidak pernah ada lagi. Jenis pemimpi seperti itu.

Sekarang yang ada hanya pemimpin yang pura-pura miskin, dan mendatangi pasar, menanyakan ini dan itu, naik kereta sambil membawa juru foto, naik bus sambil membawa wartawan yang dibayar, atau pergi jalan kaki ke kampung-kampung, sambil mengendong bayi. Tetapi, semuanya hanya kepalsuan belaka. Karena hakekatnya jati diri mereka bukan seperti itu.

Banyak pula pemimpin karbitan yang modalnya hanya melalui pencitraan, seakan-akan merakyat, seakan peduli terhadap rakyat, seakan bersih dan tidak korup. Semuanya bisa diciptakan. Tergantung dari dukungan kekuatan yang mendukungnya. Semua bisa dibikin. Media massa sangat mujarab mengubah citra, dan rakyat hanya bisa mengamininya.

Tentu, bagi rakyat Indonesia perlu waspada, jenis pemimpin yang hidupnya menggantungkan kepada asing. Meminta perlindungan dan dukungan serta jaminan asing. Jenis pemimpin ini meyakini dukungan asing itu, sangat penting dan menjadi jalan bagi kemenangannya menuju kekuasaan.

Maka, model pemimpin seperti ini, pagi-pagi sudah mendatangi "bos", dan minta restu, sambil membuat janji-janji. Hati-hati jenis pemimpin seperti ini, ia bukan lagi berpihak kepada rakyat, tetapi ia jenis pemimpin yang akan menjadi pengkhianat rakyat. mh.

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
MK Tolak Legalkan Penikahan Beda Agama

MK Tolak Legalkan Penikahan Beda Agama

Selasa, 31 Jan 2023 17:13

Pengadilan Militer SNA Vonis Istri Pemimpin Islamic State Somalia 8 Tahun Penjara

Pengadilan Militer SNA Vonis Istri Pemimpin Islamic State Somalia 8 Tahun Penjara

Selasa, 31 Jan 2023 15:30

Haruskah Basuh Telinga Bagian Dalam Saat Mandi Janabat?

Haruskah Basuh Telinga Bagian Dalam Saat Mandi Janabat?

Selasa, 31 Jan 2023 15:00

Press Release Audiensi Presidium Duta Peradaban dengan Fraksi PKS DPR-RI

Press Release Audiensi Presidium Duta Peradaban dengan Fraksi PKS DPR-RI

Selasa, 31 Jan 2023 14:46

Adab Saat Menguap

Adab Saat Menguap

Selasa, 31 Jan 2023 13:00

Sudan Bebaskan Pria Yang Dinyatakan Bersalah Membunuh Diplomat AS

Sudan Bebaskan Pria Yang Dinyatakan Bersalah Membunuh Diplomat AS

Selasa, 31 Jan 2023 12:55

Hamas Tangkap Drone Mata-mata Israel, Ekstrak 'informasi sensitif' Terkait Pasukan Pendudukan

Hamas Tangkap Drone Mata-mata Israel, Ekstrak 'informasi sensitif' Terkait Pasukan Pendudukan

Selasa, 31 Jan 2023 12:05

59 Orang Tewas Dalam Pemboman Jibaku Di Sebuah Masjid Di Pakistan

59 Orang Tewas Dalam Pemboman Jibaku Di Sebuah Masjid Di Pakistan

Selasa, 31 Jan 2023 11:00

PKS Serahkan Penentuan Cawapres Kepada Anies Baswedan

PKS Serahkan Penentuan Cawapres Kepada Anies Baswedan

Selasa, 31 Jan 2023 10:05

Diusung PKS, Demokrat dan Nasdem, Anies Resmi Genggam Tiket Pilpres 2024

Diusung PKS, Demokrat dan Nasdem, Anies Resmi Genggam Tiket Pilpres 2024

Selasa, 31 Jan 2023 09:13

Qariah Disawer, Bukti Sistem Sekuler Bikin Keblinger

Qariah Disawer, Bukti Sistem Sekuler Bikin Keblinger

Senin, 30 Jan 2023 19:43

Mantan PM Inggris Boris Johnson Klaim Putin Ancam Bunuh Dirinya Dengan Serangan Rudal

Mantan PM Inggris Boris Johnson Klaim Putin Ancam Bunuh Dirinya Dengan Serangan Rudal

Senin, 30 Jan 2023 17:07

Ulurkan Tangan Bantu Pak Agung, Berjuang Melawan Tumor Ganas!

Ulurkan Tangan Bantu Pak Agung, Berjuang Melawan Tumor Ganas!

Senin, 30 Jan 2023 16:04

Ilhan Omar Sebut Partai Republik Tidak Ingin Ada Seorang Muslim Di Kongres AS

Ilhan Omar Sebut Partai Republik Tidak Ingin Ada Seorang Muslim Di Kongres AS

Senin, 30 Jan 2023 14:41

Surat Kabar Israel Peringatkan Tentang Pecahnya Intifada Pelastina Ketiga

Surat Kabar Israel Peringatkan Tentang Pecahnya Intifada Pelastina Ketiga

Senin, 30 Jan 2023 09:48

Mewaspadai Bencana Alam

Mewaspadai Bencana Alam

Senin, 30 Jan 2023 06:28

Urgensi Mengamalkan As-Sunnah

Urgensi Mengamalkan As-Sunnah

Senin, 30 Jan 2023 05:30

Pelajaran dan Hikmah Dari Bencana

Pelajaran dan Hikmah Dari Bencana

Ahad, 29 Jan 2023 22:09

Nama-Nama Bulan Rajab

Nama-Nama Bulan Rajab

Ahad, 29 Jan 2023 21:07

Piers Morgan Sebut Christiano Ronaldo 'Benar-benar Mencintai Kehidupan Di Arab Saudi'

Piers Morgan Sebut Christiano Ronaldo 'Benar-benar Mencintai Kehidupan Di Arab Saudi'

Ahad, 29 Jan 2023 20:34


MUI

Must Read!
X