Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
15.751 views

Hukum Sudah Jomplang,Giliran Anak Pejabat Cuma Divonis 5 Bulan Penjara

JAKARTA (voa-islam.com) – Enak betul jadi anak pejabat. Giliran rakyat kecil berbuat salah, diberikan hukuman berat, sedangkan anak pejabat cuma divonis 5 bulan, itu pun tidak dikurung penjara. Hukum di negeri ini betul-betul sudah jomplang dan sangat tidak adil. Menyedihkan!

Kemarin, Senin (25/3/2013) Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur menjatuhkan vonis lima bulan penjara dengan masa percobaan enam bulan kepada Rasyid Amrullah Rajasa, putra dari Menteri Perekonomian Hatta Rajasa itu tidak akan dikurung penjara. Demikian dikatakan Ketua Majelis Hakim Suharjono dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

"Rasyid Amrullah Rajasa bersalah melakukan tindak pidana mengendarai kendaraan bermotor yang mengakibatkan kecelakaan lalu lintas, korban meninggal dunia dan luka berat serta kerusakkan kendaraan dan atau barang," kata Hakim Suharjono.

Seperti diberitakan sebelumnya, Rasyid Rajasa sempat dituntut 8 bulan penjara dengan masa percobaan selama 12 bulan penjara akibat tabrakan maut yang terjadi 1 Januari 2013 lalu antara BMW X5 dan Luxio yang diketahui merupakan angkutan umum gelap.

Dalam insiden tersebut mobil mewah yang ditungangi Rasyid menabrak Luxio dari arah belakang. Dalam kecelakaan itu, dua penumpang Luxio tewas setelah terlempar keluar dari mobil, yaitu Harun, 57 tahun, dan seorang balita, Muhammad Raihan, 14 bulan. Selain itu, tiga orang lainnya mengalami luka-luka, yaitu Enung, Supriyati, dan Rifai.

Padahal terdakwa Rasyid dijerat dengan dua pasal yakni pasal 229 ayat 4 UU LLAJ yang berisi tentang kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan korban meninggal dunia dan pasal 310 ayat 4 UU tentang kecelakaan lalu lintas akibat mengendarai kendaraan dengan lalai dan subsider pasal 310 ayat 3. Ancamanmya adalah enam tahun penjara.

Majelis Hakim menegaskan, terdakwa hanya divonis 5 bulan penjara dan itu pun tidak akan menjalani kurungan penjara. Namun, katanya, jika dalam waktu enam bulan terdakwa melakukan kesalahan yang sama, maka akan dijatuhi bersalah dan menjalani kurungan penjara. Terdakwa menurut Suharjono juga dihukum membayar denda Rp 12 juta.

Menurut Suharjono, majelis hakim menerapkan pasal 14a KUHP tentang Pidana Bersyarat. Dijelaskannya, dalam perkara ini, ada prinsip teori hukum restoratif justice dalam putusan hakim sehingga setimpal dengan perbuatan Rasyid. Teori ini menyebutkan adanya unsur pertanggungjawaban terdakwa dan keluarga kepada korban. Sementara itu, hal yang memberatkan, perbuatan terdakwa tidak patut di contoh oleh para pengendara kendaraan bermotor.

Jaksa Penuntut Umum mengatakan masih mempertimbangkan keputusan hakim tersebut. Salah satu Jaksa Penuntut Umum, T.Rahman usai persidangan mengatakan, tim jaksa penuntut umum diberi waktu tujuh hari untuk menyatakan sikap atas vonis hakim. Terkait vonis bersyarat dari majelis hakim sehingga Rasyid tidak menjalani lima bulan penjara, Rahman memastikan putusan itu adalah kewenangan dari majelis hakim.

Tagih Janji Hatta Rajasa

Keluarga korban kecelakaan BMW maut yang dikemudikan Rasyid Amirullah Rajasa mengaku menerima vonis yang dijatuhkan hakim. Oleh hakim, putra bungsu Hatta Rajasa tersebut divonis divonis 5 bulan kurungan dengan masa percobaan 6 bulan.

"Kami sekeluarga pasrah, kami menerima itu sebagai takdir. Kami juga menerima putusan hakim, karena itu kewenangan dia," kata Umianah (44), istri Harun, salah satu korban tabrakan, saat dihubungi Senin (25/3).

Meski mengaku ikhlas dan menerima vonis yang dijatuhkan hakim, pihak keluarga, lanjut Umianah, akan tetap menangih janji keluarga Hatta Rajasa untuk membiayai kuliah anak bungsunya, Ferdiansyah (18) yang saat ini masih duduk di bangu kelas X SMK."Tapi kami tetap memegang janji keluarga Pak Hatta untuk mengkuliahkan si bontot sampai selesai. Janji keluarga Pak Hatta dibuat dalam perjanjian tertulis," ujar Umianah.

Selain membiayai kuliah Ferdiansyah, keluarga Hatta Rajasa, yang diwakili oleh adik Hatta, Irza Rajasa juga mengatakan akan memberikan bantuan kepada kakak Ferdiyansyah, Nur Hasanah berupa bantuan kerja. “Selain itu, pada waktu tujuh harian, keluarga Pak Hatta juga ngasih katering," ujarnya.

Sementara itu, ipar Harun, Ukar mengatakan tidak ada tuntutan apa-apa kepada Rasyid. Dia sudah menyerahkan semuanya kepada proses hukum. "Kami serahkan semuanya kepada proses hukum," ujarnya.

Sebagai seorang ayah, Hatta Rajasa berharap yang terbaik bagi putranya tersebut. Namun, Hatta menegaskan, dirinya sama sekali tidak ingin ikut campur apalagi mengintervensi proses hukum di persidangan. Hatta menyerahkan seluruh hasil persidangan kepada majelis hakim persidangan."Saya tidak mau ikut campur dan tidak boleh ada intervensi terhadap itu. saya serahkan semuanya pada proses hukum," ujarnya. [desastian/dbs]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X