Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.261 views

Ribuan Muslim se-Solo Kutuk Pembantaian Militer Atas Umat Islam Mesir

SOLO (voa-islam.com) – Pembantaian massal yang dilakukan pasukan militer Mesir terhadap rakyat dan umat Islam di Mesir dari hari ke hari makin memilukan dan menyanyat hati setiap orang yang menyaksikan.

Awalnya, dunia seakan diam dengan adanya pembantaian massal yang diawali kudeta militer pimpinan Jenderal Abdul Fatah al-Sissi untuk menggulingkan Presiden Mesir terpilih, DR Mohammed Mursi tersebut.

Namun, pembantaian massal yang dilakukan para preman dan pasukan militer Mesir kian lama makin memprihatinkan dan mendapatkan perhatian dunia internasional, termasuk Indonesia.

Puncaknya, pada Jum’at 16 Agustus 2013 kemarin sepertinya menjadi hari “kemarahan” masyarakat dunia atas pembantaian massal tersebut, dengan mengadakan aksi demo dan solidaritas untuk rakyat Mesir.  

Di Indonesia sendiri, aksi demo dilakukan serentak hampir 30 kota pada hari Jum’at (16/8/2013) ba’da shalat Jum’at. Salah satu kota yang mengadakan aksi solidaritas adalah kota Solo, Jawa Tengah.

Ribuan kaum muslimin se-Solo Raya lintas ormas, mulai dari kalangan akademisi, aktivis masjid, jama’ah pengajian ibu-ibu dan lainnya, menggelar aksi solidaritas dan mengutuk keras kejahatan kemanusiaan dan pembantaian massal yang berlangsung di Mesir itu.

Aksi demo dengan tajuk “Aksi Damai Solidaritas Untuk Mesir - Aliansi Solidaritas Masyarakat Surakarta Untuk Mesir” ini melakukan longmarch jalan kaki dari THR Sriwedari menuju Bundaran Gladak, Pasar Kliwon, Solo, Jum’at (16/8/2013) siang.

...Kita mengutuk pasukan Mesir yang telah menganiaya umat Islam yang tidak berdosa...

Sesampai di Bundaran Gladak, ribuan umat Islam Solo Raya itu kemudian berkumpul dibawah patung bundaran Gladak dan dilanjutkan dengan melakukan orasi dari para orator yang sudah disiapkan.

Para orator yang sudah siap untuk menyampaikan pesan dan motivasinya kepada ribuan kaum muslimin se-Solo Raya antara lain, ustadz DR Mu’inudinillah Basri MA, Abdul Khoris (tokoh masyarakat Solo) dan Fahim (Forum Komunikasi Aktivis Masjid/FKAM Solo).

Dalam orasinya, ustadz Mu’in dan para peserta aksi mengecam keras pembantaian massal pasukan militer Mesir terhadap ribuan umat Islam Mesir karena menyuarakan dikembalikannya tampuk kepemimpinan Mesir kepada Presiden Mursi.

“Kita mengutuk pasukan Mesir yang telah menganiaya umat Islam yang tidak berdosa,” kata pimpinan PPTQ Ibnu ‘Abbas Klaten Jateng itu dihadapan ribuan kaum muslimin Solo Raya.

Disela-sela orasi, sekitar tiga puluhan aktivis Islam melakukan aksi teatrikal yang menggambarkan kekejaman militer Mesir dalam membantai umat Islam Mesir. Mereka berbaring dan dibalut dengan kain putih yang telah dilumuri warna merah seperti darah.

Sementara itu, beberapa aktivis Islam yang berperan sebagai tentara Mesir memegang senjata dan menembaki rakyat Mesir tidak berdosa hingga berlumuran darah. Selain itu, para aktivis Islam juga menggantung Jenderal Al-Sissi yang disimbolkan dengan alat peraga.

Aksi damai tersebut diikuti ribuan umat Islam baik laki-laki, wanita dan anak-anak. Mayoritas dari mereka mengenakan pakaian serba hitam sebagai bentuk belasungkawa terhadap rakyat Mesir. Aksi berjalan dengan tertib dan selesai setelah adzan ashar. [Khal-fah/arh]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X