Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
18.193 views

Awas! CCISO Laboratorium Cyber Canggih Polri Dibiayai Australia

JAKARTA (voa-islam.com) - Komnas HAM terus mengkritisi sikap Densus 88 yang tak menghiraukan desakan sejumlah pihak terkait sikap represif dan main bunuh yang dilakukan dalam operasi penyergapan.

Sebab faktanya, Densus 88 menembak mati para terduga seperti yang terjadi di Tulungagung beberapa waktu lalu.

Padahal, selama ini aparat kepolisian sudah diperkuat sejumlah peralatan canggih, sehingga Densus 88 sebenarnya tak perlu sampai membunuh karena mereka seharusnya sudah bisa dideteksi sejak awal.

“Dengan alat-alat yang semakin lama semakin canggih termasuk CCISO (Cyber Crime Investigations Satellite Office), itu kan seharusnya bisa dioptimalkan untuk mendeteksi seawal mungkin, kata Komisioner Bidang Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM, Siane Indriani di kantor Komnas HAM, Menteng Jakarta Pusat, pada Jum’at (23/8/2013).

Siane mengungkapkan, perangkat canggih yang dimiliki aparat kepolisian itu bisa menyadap semua jenis alat komunikasi.

“Perangkat itu bisa melacak di mana pun kita berada secara satelit, bisa menyadap semua jenis alat komunikasi dimana pun berada karena pakai satelit. Jadi tidak ada lagi kendala blank spot kalau sudah pakai satelit,” ujarnya.

Laboratorium CCISO Dibiayai Australia

Untuk diketahui, Cyber Crime Investigations Satellite Office (CCISO) Kepolisian Daerah Metro Jaya, diresmikan pada Senin (29/4/2013) oleh Wakapolri Nanan Sukarna (telah pensiun, red.) dan Kepolisian Australia Comissioner (AFP) Tony Negus.

Nanan Sukarna saat itu mengatakan sistem CCISO berguna untuk saling tukar informasi, pengetahuan, dan transfer teknologi. ''Intinya untuk mencegah kejahatan di dunia maya atau cyber crime,'' kata Nanan di Jakarta.

Pihak Kepolisian Australia Comissioner (AFP) Tony Negus mengatakan kejahatan lintas negara, kadang dikaitkan dengan jaringan kejahatan yang sama. Selama 10 tahun terakhir, banyak serangan terorisme.

Tony melanjutkan dengan kerja sama ini dinilai bisa melihat keberhasilan. Pihaknya telah bekerja sama dalam menanggapi berbagai hal, penjualan obat-obatan dan lainnya. ''Sebenarnya sejak 2011, Timur (Kapolri) dan saya buka cyber crime investigation di Mabes Polri,'' ujarnya.

 

Pembangunan CCISO ini merupakan kerja sama Polri dan AFP yang dilaksanakan sejak tahun 2010. Selain ada di Polda Metro, CCISO juga ada di Mabes Polri, juga ada di sejumlah Polda.

Tony Negus menjelaskan, untuk membantu pengadaan seluruh peralatan dan mempersiapkan personel CCISO, Australia menyediakan dana sekitar 9 juta dollar Australia.

Ia melanjutkan, sebanyak 31 Polda di seluruh Indonesia sudah disambungkan dengan CCIC. Menurut dia, CCIC sudah menerima akreditas internasional sebagai fasilitas telekomunikasi. 

Di tempat terpisah, Kepala Badan Reserse dan Kriminal Mabes Polri Komjen Pol Sutarman usai peresmian Laboratorium (CCISO) Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) di Mataram, Rabu (24/07/2013) mengatakan, teknologi CCISO itu sangat membantu polri melacak dan mengejar kawanan teroris yang berkeliaran di wilayah Indonesia, sepanjang para teroris itu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.

Sekarang, seluruh polda di Indonesia sudah mengoperasikan laboratorium cyber crime dan sudah pula terkoneksi dengan laboratorium CCISO Mabes Polri yang sudah lebih dulu dibangun.

Jaringan CCISO di berbagai Polda juga telah tersambung dengan pusat pemantauan (monitoring center) atau jaringan JCLEC (Jakarta Centre For Law Enforcement Cooperation), untuk menganalisa komunikasi dari jaringan kejahatan, seperti terorisme, narkotika, pencucian uang, dan korupsi. [Ahmed Widad/dbs]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X