Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
13.590 views

Alasan Syar'i Amalan Trio Mujahid Jepara

JEPARA (voa-islam) Trio mujahid Jepara yang bernama Amir Mahmud, Sony Sudarsono, dan Agus Suprapto sebagaimana telah diketahui bahwa mereka telah mengeksekusi seorang murtadin Omega Suparno, selain murtad iapun telah menghina Islam dengan mengatakan Allah itu sebenarnya tidak ada, baru diadakan setelah adanya bangsa arab, Alquran itu tidak ada yang benar, salah semua, dan yang terakhir dia merendahkan Nabi Muhammad SAW dengan mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW tidak boleh dikultuskan karena kenabiannya setara dengan kyai di Jawa.

Lalu bagaimana sebenarnya Islam melihat permasalahan seperti ini, tulisan berikut mencoba untuk memaparkannya.

Definisi Murtad

Orang murtad menurut syari’at adalah seorang muslim yang kembali kafir setelah keislamannya tanpa ada paksaan, dalam usia tamyiz (sudah mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, pent) serta berakal sehat.

Hukuman bagi Orang Murtad

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman :

”Hukuman bagi orang yang memerangi Allah dan Rasul-Nya dan membuat kerusakan di bumi, hanyalah dibunuh atau disalib, atau dipotong dan kaki mereka secara silang, atau diasingkan dari tempat kediamannya. Yang demikian itu kehinaan bagi mereka di dunia, dan di akhirat mereka mendapatkan azab yang besar. (Al-maidah : 33)

Imam Bukhari mengatakan dalam Fathul Baari bahwa ayat muhaarabah turun berkenaan dengan orang-orang kafir dan orang murtad.

Dalam QS Al-Isra’ ayat 33 Allah juga berfirman :

“Dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) melainkan dengan suatu alasan yang benar.

Terdapat riwayat dari Qataadah dalam tafsir At-thobari yang menjelaskan tentang firman-Nya : ‘Dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya), melainkan dengan suatu (alasan) yang benar’ (QS. Al-Israa’ : 33), ia berkata : “Kami tidak mengetahui darah seorang muslim dihalalkan kecuali dengan satu di antara tiga sebab : seorang yang membunuh secara sengaja, maka wajib baginya ditegakkan qishaash; atau orang yang telah menikah yang berzina, maka baginya hukum rajam; dan kafir setelah Islamnya, maka baginya hukum bunuh”

Dari Ibnu Mas’ud Radhiyallahu ‘Anhu ia berkata, Rasulullah Shallallahu “alaihi Wasallam bersabda ‘tidak halal darah seorang muslim kecuali karena salah satu dari tiga sebab; orang yang telah menikah yang berzina, jiwa dengan jiwa (qishas), dan orang yang meninggalkan agamanya sekaligus keluar dari Aljama’ah (HR Bukhari & Muslim)

Dalam Shahih Bukhari disebutkan hadits dari Ibnu Abbas Radhiyallahu Anhuma dari Nabi Shallallahu’alaihi Wa Sallam bersabda,”Barangsiapa menukar agamanya, maka bunuhlah dia”

Dan masih banyak lagi hadits-hadits yang lain yang semakna dengan ini.

Fatwa Mati Pendeta Suradi

Sebelumnya FUUI yang pernah mengeluarkan fatwa mati terhadap para penghina islam. Dalam fatwa tertanggal 1 Februari 2001 itu pendeta Suradi ben Abraham dan Penginjil Winangun difatwa mati karena terbukti melakukan penghujatan terhadap Allah SWT, Nabi Muhammad, menghina Alquran dan syariat Islam.

Maka berdasarkan uraian singkat diatas maka apa yang telah dilakukan oleh trio mujahid jepara itu telah sesuai dengan apa yang ada dalam syariat islam.

Sebenarnya apa yang telah dilakukan oleh trio mujahid itu bukan semata-mata  karena Omega Suparno itu murtad melainkan juga karena dia telah merendahkan Allah, Nabi Muhammad, dan juga Alqur’an. Hal ini bisa dilihat dari jumlah muslim yang telah keluar dari islam, dimana Berdasarkan hasil riset Yayasan Al Atsar Al-Islam (Magelang) dan dalam rangkaian investigasi diperoleh data bahwa mulai tahun 1999-2000 Kristen dan Khatolik di Jateng telah meningkat dari 1-5 % di awal tahun 1990, kini naik drastis 20-25% dari total jumlah penduduk Indonesia.

BPS (Badan Pusat Statistik) Indonesia melaporkan terjadinya penurunan jumlah umat Islam di Indonesia. Contohnya di Sulawesi Tenggara turun menjadi 1,88% (dalam kurun waktu 10 tahun). Demikian pula di Jawa Tengah, NTT dan wilayah Indonesia lainnya.

Dengan melihat data statistik tersebut terlihat banyaknya umat islam yang murtad, namun demikian bukankah mereka aman-aman saja, tidak ada yang ancaman ataupun fatwa mati.

Jadi Omega Suparno dibunuh lebih dikarenakan dia telah menghujat islam. Semoga dengan adanya amalan trio mujahid ini tidak akan ada lagi murtadin yang berani menghina islam. Allahu akbar... (Ukhwatuna/voa-islam)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X