Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.355 views

#SavePalestine: Dompet Dhuafa Serukan Masyarakat Indonesia Bantu Palestina

TANGERANG SELATAN (voa-islam.com) - Lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa menyerukan masyarakat Indonesia peduli terhadap warga Palestina. Hal ini menyusul kondisi Palestina yang luluh lantah setelah digempur secara membabi buta milter zionis Israel sejak awal Ramadhan lalu.

Seruan tersebut disampaikan Presiden Direktur Dompet Dhuafa, Ahmad Juwaini pada Rabu (10/7) di Ciputat. “Sungguh memilukan nasib masyarakat Palestina. Kita, semua masyarakat yang memiliki hati nurani harus membantu masyarakat Palestina,” ungkap Ahmad.

Ahmad pun menyeru lembaga-lembaga internasional agar membantu warga Palestina dan juga bertindak untuk menghentikan kekejaman zionis Israel. Pasalnya, pembantaian dan penindasan di Palestina merupakan tragedi kemanusiaan yang tidak bisa ditolerir oleh hukum internasional.  

Menurut laporan Abdillah Onim, relawan Indonesia yang menetap di Gaza, Palestina, hingga Senin (7/7) lalu Israel telah meluncurkan lebih dari 300 roket ke Gaza. Imbasnya, warga sipil umumnya anak-anak, wanita, serta lansia yang tak berdosa menjadi korban kekejaman Israel.   

Kondisi di Palestina, imbuh Onim, kian mengkhawatirkan. Pasalnya, perbatasan antara Gaza dan Mesir masih tertutup. “Dengan demikian segala bantuan tidak satu pun yang masuk Gaza, terutama bantuan bahan makanan, bahkan warga Gaza yang masuk Gaza dan sebaliknya pun belum diperbolehkan,” katanya melalui surat elektronik yang diterima Dompet Dhuafa.

Terkait bantuan untuk warga Palestina, saat ini Dompet Dhuafa terus melakukan koordinasi dengan beberapa lembaga internasional di antaranya South East Asia Humanitarian (SEAHUM) Comitte. Palestine Welfare House serta mendorong komunitas Internasional lainnya, khususnya PBB untuk menghentikan serangan-serangan Israel.  Untuk tahap awal, Dompet Dhuafa sendiri mengalokasikan bantuan dana sebesar Rp 300 juta untuk kebutuhan makanan warga Palestina. Bantuan tersebut akan disalurkan melalui Jommah Al Najjar, relawan yang berada di Palestina. Selain itu, Dompet Dhuafa juga melepas relawannya pada Kamis, 10 Juli 2014 untuk diberangkatkan ke Gaza. 

“Untuk itu, kami mengetuk hati semua masyarakat untuk peduli dan turut berpartisipasi membantu meringankan penderitaan warga Palestina, bantuan bisa disalurkan berupa donasi melalui Dompet Dhuafa dan selanjutnya dana yang terkumpul akan kami salurkan kepada warga Palestina.” Tutup Ahmad.

Keresahan akan tragedi kemanusiaan di Palestina ini juga dirasakan oleh sejumlah artis dan Mitra Dompet Dhuafa. “Saya mengecam keras kejadian ini. Betapa banyak orang-orang menjadi korban terutama anak-anak.  Saya berharap ini bisa segera terhenti.” Ungkap Marsha Timothy melalui pesan pendek yang diterima Dompet Dhuafa. Hal senada juga diungkapkan oleh Novita Dewi Marpaung, melalui akun twitternya usai mengirimkan donasi melalui Dompet Dhuafa, “Apapun agamamu, mari berdoa untuk Gaza dan menyumbang.” Pungkasnya.

Bantuan Dompet Dhuafa terhadap palestina bukan kali ini saja, sejak 2010 Dompet Dhuafa telah mendirikan program kemandirian pangan yang disebut Gaza Food Bank Jabaliyah.  Bergulirnya program Gaza Food Bank ini telah memberikan manfaat kepada warga di jalur Gaza, Palestina. Sekitar 70 Keluarga miskin, janda dan anak yatim rutin mendapat manfaat dari Gaza Food Bank.

Berdasarkan laporan bulan April 2014 dari Palestinian Welfare House Association (PWH), mitra Dompet Dhuafa di sana, sekitar 140 ekor kelinci tersalurkan setiap dua bulan.

Gaza Food Bank yang didirikan di atas tanah seluas 250 m2 ini bertujuan mendukung daya tahan (resilience) warga melalui revitalisasi sektor peternakan yang rusak.
Gagasan hadirnya Gaza Food Bank dilatarbelakangi terhadap kondisi lumpuhnya sendi-sendi Palestina, terutama jalur Gaza akibat serangan militer zionis Israel yang seakan tidak pernah berhenti. Akibatnya, terjadi embargo di Gaza sehingga suplai logistik pangan terhambat. Hal tersebut telah membuat kehidupan masyarakat Gaza yang berjumlah sekitar 1,5 hingga 1,7 juta jiwa menderita.

Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Wakaf, Infaq, Shadaqah, Wakaf serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga). Selama 20 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan ummat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi dan kebencanaan serta CSR.

Untuk Informasi Lebih Lanjut Silakan Menghubungi:
Public Relations Dompet Dhuafa
Perkantoran Ciputat Indah Permai Blok C 26-28, Jl Ir H Juanda No 50, Ciputat
U.P : PR Manager Etika Setiawanti Telp. 021 741 6050
www.dompetdhuafa.org @Dompet_Dhuafa

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X