Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.703 views

Kecintaan Kepada Penuntut Ilmu, DR. Zain An Najah Menulis 'Waktumu Adalah Hidupmu'

BEKASI (voa-islam.com) – Pengakuan Dr. Ahmad Zain An Najah bahwa buku ‘Waktumu Adalah Hidupmu’ yang ditulisnya sebagai hadiah untuk para mahasiswanya di pesantren Tinggi Al-Islam yang sedang menuntut ilmu. Bahkan, pengakuannya, dia belum pernah menulis buku yang dihadiahkan untukistrinya.

“Untuk istriku jangan cemburu,’candanya saat menjelaskan isi buku ‘Waktumu Adalah Hidupmu”, di Pesantren Tinggi Al-Islam, Pondok Melati, Bekasi, Ahad, 14 September 2014 .

Doktor lulusan Al-Azhar,Cairo, Mesir ini menjanjikan akan menulis buku yang dihadiahkan untuk istrinya, yang diberi judul wanita-wanita penghuni surga.

Bedah buku ‘’Waktumu Adalah Hidupmu” diselenggarakan bebarengan dengan event Khutbah Ta’aruf dan Khutbah Wada’ santriwan Pesantren Tinggi Al-Islam, Pondok Melati, Bekasi. Tercatat ada sepuluh santri diwisuda dalam kesempatan itu. Semuanya telah rampung menghafalkan Al-Qur'an.

Dalam penyampaiannya, Dr Zain yang juga direktur Pesantren Tinggi Al-Islam ini memberikan sejumlah contoh orang-orang yang sangat memperhatikan waktunya.

Pada halaman 33, “Abu Al-Barakat, kakak Ibnu Taimiyah, jika masuk kamar mandi atau WC, dia menyuruh saudaranya untuk membacakan sebuah buku dengan suara keras, agar dia bisa mendengarnya.”

Teladan lain yang beliau tuturkan, tentang kebiasaan mahasiswa Mesir yang pernah disaksikannya saat menimba ilmu di negeri Piramid. Maha Siswa asli mesir saat naik bis berangkat ke kampus mereka habiskan waktunya dengan membaca Al-Qur'an melalui mushaf kecil. Padahal bisa dalam kondisi penuh sesak, “seperti bis mayasari di Jakarta,” tuturnya.

Sebagai Direktur Pesantren Tinggi Al-Islam, Dr Zain meminta agar santri-santri juga memanfaatkan waktunya saat naik angkot dengan membaca Al-Qur'an. “kalau seisi angkot dipenuhi santri al-islam maka angkotnya ngaji,” tuturnya.

Ustadz Farid Okbah menjadi pemateri yang mengomentari buku yang sebagian babnya ditulis saat Doktor bidang Fikih ini berada di kendaraanya.

Dalam pemaparannya, Ustadz Farid memuji penulis sebagai orang hebat yang mampu memanfatkan waktunya sehingga mengahasilkan sejumlah karya istimewa. Tidak banyak yang dikritisi dari isi buku tersebut, tak seperti biasanya saat diminta untuk membedah satu buku.

Dalam bedah buku yang dihadiri hampir seribu jamaah tersebut, Ustadz Farid menambahkan 10 macam bentuk waktu yang tak bermanfaat agar dihindari. Di antaranya, ilmu yang tidak bermanfaat, amal yang tidak ikhlas, harta yang tidak diinfakkan, dan seterusnya.

Sepuluh keterangan tersebut beliau nukilkan dari kitab Al-Fawid milik Ibnul Qayyim Rahimahullah.

Sementara pemateri kedua adalah penulis buku itu sendiri. Dr. Ahmad Zain An Najah menerangkan isi buku yang berisi 21 tips manajemen waktu dalam Islam tersebut. [PurWD/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X