Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
21.911 views

Gerakan Mahasiswa Indonesia Bertekad Menurunkan Jokowi

JAKARTA (voa-islam.com) - Saking 'pede'nya Jokowi yang belum genap sebulan menjadi presiden, sudah mengambil keputusan menaikan BBM. Menaikan BBM ini sudah menjadi obsesi Jokowi sejak belum dilantik sebagai presiden.

Bahkan, saat bertemu dengan SBY di Bali, Jokowi langsung 'meminta' SBY dengan permintaan agar SBY menaikan BBM. 

Jokowi yang 'konon' menjadi trending topic di media sosial, dan bahkan di berbagai media sosial internasional, saat menghadiri pertemuan APEC di Beijing dan pertemuannya dengan para pemimpin dunia, dan janji para CEO perusahaan raksasa, dan sejumlah komitmen investor asing yang akan menanamkan investasi di Indonesia.

Nampaknya populeritas di APEC itu, kemudian menjadi modal Jokowi, dan ketika pulang ke Indonesia, langsung Jokowi melaksanakan rapat kabinet, dan mengumumkan kenaikan BBM yang tanpa dihadiri 'Bos' PDIP, Puan Maharani. 

Menghadapi keputusan Presiden Jokowi itu, para mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiwa (BEM), melakukan unjuk rasa menolak kenaikan bahan bakar minyak (BBM) mulai hari ini, Selasa, 18 November 2014, dan Kamis, 20 November 2014, BEM seluruh Indonesia akan mengepung Istana Kepresidenan di Jakarta. Mereka menolak keputusan pemerintah yang menaikan BBM.

Ketua BEM Universitas Indonesia, Moehamad Ivan Riansa, mengatakan aksi itu tidak hanya gabungan BEM, tapi akan diikuti oleh semua organisasi kepemudaan (OKP) yang menolak kenaikan BBM. "BEM Seluruh Indonesia akan turun bersama semua OKP yang menolak kenaikan harga BBM, kami kepung Istana," kata Ivan di Jakarta kepada wartawan, Selasa, 18 November 2014. 

Menurut dia, aksi BEM UI dan mahasiswa kampus lain di seluruh Indonesia sudah mulai dilakukan hari ini. UI sendiri tadi pagi melakukan aksi permulaan di depan stasiun UI.

"Tadi pagi hanya satu jam saja karena respon dadakan," katanya. Menurut dia, Jokowi sangat lihai mengalihkan keadaan, sehingga orang-orang tidak tahu jika BBM akan dinaikkan tadi malam. "Kita tak tahu karena panglima pun kemarin diundang ke sini (UI)."

Nanti malam, BEM UI akan rapat konsolidasi soal keputusan aksi untuk hari Rabu besok. "Aksi besok akan diputuskan nanti malam," kata dia. Sementara, aksi kepung Istana hari Kamis sudah final dan rapat koordinasi sudah dilakukan. Selain BEM SI, beberapa OKP yang akan bergabung adalah IMM, HMI, PMKRI, GMNI, Elemende, dan lainnya. 

Fokus aksi mahasiswa adalah menurunkan Jokowi-JK. Soalnya, keputusan kenaikan BBM itu tidak ada hubungannya dengan lembaga lain seperti DPR. Presiden memutuskan langsung kenaikan itu, sehingga harus bertanggung jawab penuh. "Kita ingin aksi sampai turun dulu, ini soalnya presiden saja, bolanya di presiden," katanya. 

Ivan menyayangkan keputusan presiden yang katanya dipilih oleh rakyat. "Katanya pilihan rakyat, rakyat yang mana?" katanya. Dia menduga dukungan rakyat yang dikarakan oleh Jokowi dan timnya saat kampanye hanyalah slogan saja. "Jangan-jangan hanya janji palsu."

Selamanya, mahasiswa menjadi pelopor gerakan perubahan, dan pelopor menghadapi rezim-rezim yang tidak pro-rakyat. Lengsernya Soekarno, Soeharto, dan Abdurrahman Wahid, merupakan hasil dari gerakan mahasiswa. Sementara itu, di Makassar terjadi yang sangat ironi, di mana mahasiswa yang menentang kenaikan BBM diadu dengan rakyat. Rakyat melawan mahasiswa di Makassar. [jj/dbs/vos-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X