Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.091 views

Katibah Gelar Aksi Ramadhan Berbagi Ramadhan Peduli Serentak di 4 Kota di Jawa Tengah

SOLO (Voa-Islam) – Seperti yang sudah digariskan dari Markaz Al ‘Aam, para Relawan KATIBAH (Komunitas Ansharut Tauhid Peduli Musibah) pada ahad (28/6) pagi hingga siang tadi, terjun ke jalan di 4 (empat) titik lokasi acara Car Free Day, yakni Solo, Jogya, Karanganyar dan Klaten. Dengan menghasung spanduk ukuran 1,2 x 2 m2, Relawan juga membagi-bagikan leaflet berisi Program dan Visi serta Misi Katibah.

... Masyarakat yang berada di lokasi-lokasi Car Free Day pada 4 (empat) titik acara juga dilaporkan sangat antusias dengan aksi Katibah ini, mengingat didukung juga dengan nuansa bulan Ramadhan 1436 ini ...

Disamping itu, para Relawan juga membawa kotak untuk menampung donasi masyarakat yang mau berbagi kepedulian kepada saudara-saudara Muslim Rohingya. Hal ini mengingat kebutuhan mendesak Pengungsi Muslim Rohingya, khususnya yang berada di Kuala Langsa, Aceh, untuk bisa menempati Shelter (Barak) pada hari ke-7 sebelum Hari Raya Iedhul Fitri besok.

Pada aksi langsung kali ini, Relawan Katibah mampu mengumpulkan donasi masyarakat sejumlah Rp. 7.782.500,- dari 4 lokasi tersebut. Sementara itu, Relawan katibah Ambon sejak kemarin sudah melaporkan perolehan dana tidak kurang dari Rp. 10.000.000,-. Alhamdulillah.

Masyarakat yang berada di lokasi-lokasi Car Free Day pada 4 (empat) titik acara juga dilaporkan sangat antusias dengan aksi Katibah ini, mengingat didukung juga dengan nuansa bulan Ramadhan 1436 ini.

Pada saat bersamaan, dengan berlandaskan semangat berbagi dalam bulan Ramadhan, beberapa hari yang lalu, Relawan Katibah juga membagi-bagikan shodaqoh yang berhasil dikumpulkan kepada beberapa keluarga Ikhwan-ikhwan yang dipenjara oleh penguasa akibat aktivitas Jihad yang mereka geluti. Sebagian berada di Solo dan sekitarnya, sebahagian di kota-kota lain yang cukp jauh letaknya dari kedudukan Markaz Katibah di Solo.

Tahap Pertama Bantuan

Pada tanggal 8 – 12 Juni 2015 lalu, Katibah sudah mengirim Relawannya untuk menyampaikan bantuan Tahap Pertama senilai Rp. 35.750.000,-. Semuanya ditujukan untuk penyelesaian pembangunan Barak I yang sekarang sudah selesai dan telah dihuni 40 orang perempuan dan anak-anak Muslim Rohingya. Sementara untuk menampung lebih dari 270 jiwa Muslim Rohingya yang berada di Kuala langsa dibutuhkan 9 (Sembilan) barak.

Sedangkan per 28 Juni 2015, total penggalangan dana sementara untuk membiayai Program Peduli Muslim Rohingya Tahap II baru sejumlah Rp. 35.917.500,-. Dana terkumpul ini diharapkan terus bertambah hingga bisa digunakan untuk target program yang berbentuk:

  1. Program Pengiriman Du’at bagi pembinaan Pengungsi Muslim Rohingya
  2. Pembangunan Shelter berikutnya (senilai Rp. 215.500.000,-)
  3. Ifthor Shoum Ramadhan Pengungsi Muslim Rohingya, dimana setiap hari nilai kebutuhan ifthor Pengungsi Muslim Rohingya dan Bangladesh di Langsa Aceh tidak kurang antara Rp. 15.000.000 sampai dengan Rp. 25.000.000,- jika total pengungsi dihitung 1.000 jiwa saja.

Jatidiri Katibah

Dalam Pedoman Pelaksanan keorganisasiannya, ada keterangan yang menerangkan hal ihwal terkait jatidiri Katibah, sebagai sayap sosial kemanusiaan dari Jama’ah Anshorut Tauhid yang mulai bergerak sejak tahun 2010. Visi Katibah adalah terwujudnya alat kelengkapan ‘ibadah sebahagian anggota Jama’ah Ansharut Tauhid dalam medan amal kebajikan pada sektor sosial, kemanusiaan dan lingkungan.

Sedangkan misinya terurai sebagai berikut:

  1. Keselamatan, yaitu aktif melakukan pertolongan bagi mereka yang mem-butuhkannya dan turut serta dalam berbagai aksi tanggap dan penanggulangan musibah biasa dan bencana alam yang menimpa masyarakat.
  2. Kesehatan, yaitu berperan serta dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat mulai dari penyuluhan hingga pelayanan semampunya.
  3. Lingkungan, yaitu menyelenggarakan kerja-kerja pemeliharaan dan advokasi (pembelaan) terhadap kelestarian lingkungan sekitar penduduk, juga penghijauan dan keseimbangan alam flora serta fauna di hutan, gunung dan sebagainya.

Semoga Alloh Subhanahu wa Ta’ala berkenan menurunkan pertolongan bagi muslim yang selalu peduli akan nasib saudara-saudara muslim lainnya yang sedang tertimpa musibah dan problema kemanusiaan. (AF/voa-islam.com)

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X