Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.357 views

Ulama pun Ikut Berperang, dan Penjara adalah Tempat Rekreasinya

JAKARTA (voa-islam.com)- Ihsam Qasim Salihi dari Irak dalam ceritanya memberitahukan bahwa ketidaksetujuan ulama terhadap politik, karena tidak adanya keadilan dan keimanan kepada Allah SWT merupakan hal biasa. Sekalipun ulama itu dibuang atau diasingkan oleh pemimpin yang zalim, tidak akan membuat para ulama menyerah memperjuangkan misinya, yaitu menegakkan tauhid.

Said Nursi, atau lebih dikenal dengan ‘Badiuzzaman’ Said Nursi adalah ulama yang hidup pada zaman di Turki. Badiuzzaman sendiri memiliki arti ‘Sang Kejaiban Zaman’. Dan Said Nursi merupakan salah satu ulama yang hidup pada zaman di mana perpolitikan pada saat itu manusia melihat materi adalah segalanya dalam hidup. Namun demikian, melimpahnya materi ternyata tidak mampu membuat manusia memiliki kenikmatan tersendiri di dunia.

Ihsam Qasim yang mencoba mengurai kitab Said Nursi yang cukup terkenal yaitu Rasaa’ilun Nur, menyatakan bahwa karya fenomenal klasik dari Said Nursi hingga saat ini masih relevan bila dijadikan sebuah rujukan untuk perpolitikan di manapun.

Ihsam yang turun andil dalam mengkaji perjalanan Said Nursi ini juga menyatakan bahwa pada saat Rusia menyerang Turki saat itu, Said ikut membela dengan berperang pula. Hal ini karena diawali pada tahun 1923 di mana Negara Turki berdiri.

Melalui penolakannya terhadap penyerangan Rusia, juga terhadap kepemimpinanTurki pada tahun tersebut, Said Nursi pun diasingkan atau dibuang ke daerah yang jauh dan terpencil dari kota. Dan selama 25 tahun Said Nursi menikmati pengasingannya yang dilakukan oleh pemerintah pada saat itu.

Dalam pengasingan itu, Said Nursi pun tidak serta merta kehabisan akal untuk memperjuangkan nilai-nilai tauhid di tengah masyarakat Turki, termasuk di lingkungan tempatnya penjara. Melalui tulisan dan kebijkasanaannya terhadap sesame, Said Nursi justru memperoleh kemudahan dalam menyebar pengaruhnya melalui keilmuan agamanya yang mumpuni. Dan hasil tulisan itu pun dibagikan oleh pengikut atau murid-muridnya ke penjuru daerah tempatnya di penjara.

Salah satu dalam tulisannya Said Nursi misalnya sajas disebutkan bahwa ia bersyukur atas diasingkannya ke jauh dari kota dan tiba di daerah terpencil. “Justru belai bersyukur atas dibuangnya ke tempat terpencil. Karena dari sanalah ia mempunyai banyak waktu dan mampu membuat tulisan yang dijadikan buku,” kata Ihsam Salih Salihi yang diterjemahkan oleh moderator beberapa waktu lalu di universitas Paramadina, Jakarta.

Selain itu, ia menyebut bahwa Said Nursi di dalam tercipta bukunya bukan saja untuk orang-orang Islam, melainkan ia menghimbau agar orang non muslim pun diharapkan membacanya. Karena Said Nursi menganggap apa yang dihasilkan olehnya bukianlah semata-mata dari dirinya, melainkan ini adalah hasil atau karya Allah SWT. Namun demikian, Nursi tidak dapat memaksakan orang-oranguntuk tertarik atau membacanya.

“Silahkan jadi apa saja dirimu. Karena setanmu dengan setanku berbeda. Begitupun dengan nafsu, yang masing-masing individu mempunyai,” sampainya mengutip ucapan Said Nursi.

Said Nursi lahir di Timur Turki pada tahun 1876. Jika dikutip dari penulis novel Api Tauhid karya Habiburahman el-Shirazy, pemikiran Said Nursi ini lebih ditekankan ke tafsir Al-Qur’an, kaidah-kaidah memahami hadits, tentang penyakit umat beserta obanya, tentang fiqih dan dakwah, hingga tentang peradaban Al-Qur’an. Sayang, kuburan ulama kesohor ini sempat dibongkar oleh pemerintah dan hingga saat ini pemerintah merahasiakan di mana letak kuburan ‘Sang Kejaiban Zaman’. (Robigusta Suryanto/voa-islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X