Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
23.120 views

Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Roji'un, 17 Orang Jamaah Haji Persis Meninggal di Mina

BANDUNG (voa-islam.com) - Pimpinan Pusat Persatuan Islam (Persis) Wawan Sofwan mengatakan ada 17 orang anggota jamaah haji asal Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) organisasinya yang meninggal dalam tragedi Mina.

“Ini dilaporkan dari kesaksian jemaah, kami beritahukan pada keluarganya ini belum resmi,” kata dia di Sekretariat Pimpinan Pusat Persis di Bandung, Sabtu, 26 September 2015. “Ini dilaporkan dari kesaksian jamaah, kami beritahukan pada keluarganya ini belum resmi,” kata dia di Sekretariat Pimpinan Pusat Persis di Bandung, Sabtu, 26 September 2015. 

Wawan mengatakan nama 17 orang itu diperoleh dari laporan anggota jamaah yang diterima pembimbing utama. Laporan itu telah diperiksa ulang pada setiap pimpinan rombongan. Data itu sudah diserahkan pada perwakilan pemerintah untuk memastikannya. 

Menurut Wawan, identitas anggota jemaah biasanya terdapat pada papan nama dan gelang yang dikenakan. Jika dua identitas itu ada, maka gampang mengidentifikasikannya. “Makanya kita bisa paham sampai hari ini pemerintah belum beranjak dari angka tiga (jemaah Indonesia yang meninggal), karena itu yang baru dapat dipastikan,” kata dia. 

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Persis Irfan Safrudin mengatakan seluruh jemaah KBIH organisasinya berada dalam dua kloter, yakni 370 anggota JKS 59 berasal dari Kabupaten Bandung, sekitar 300 orang dari JKS 61 yang berasal dari Kota Bandung, dan sejumlah daerah lain seperti Sukabumi, Banjar serta Ciamis. Tujuh belas orang yang diduga meninggal dalam tragedi Mina itu berasal dari kloter JKS61 Maktab 07. 

Irfan mengatakan KBIH Persis membagi jemaah dalam sembilan rombongan beranggotakan masing-masing 45 orang. Dia merinci, dari 17 orang yang meninggal itu empat orang dari rombongan empat, delapan orang dari rombongan delapan serta lima orang dari rombongan sembilan. “Seluruhnya 17 orang,” kata dia di Bandung, Sabtu, 26 September 2015. 

Menurut Irfan, dari ratusan orang anggota KBIH Persis di kloter 7 yang berada di Maktab 7 itu pun masih ada yang belum ditemukan. “Masih ada 46 orang lost-contact. Apakah masih di rawat di rumah sakit, atau nyasar di tempat lain,” kata dia. Selebihnya, yakni jemaah rombongan dua, tiga, lima serta tujuh seluruhnya lengkap. 

Irfan mengatakan pembeda identitas jemaah haji Indonesia mengandalkan papan nama dan gelang. “Identitasnya itu bisa hilang. Terakhir gelang, tapi itu bisa copot juga. Kalau ini tidak ada sulit,” katanya. 

Berikut nama 17 jemaah haji dari KBIH Persis yang diduga meninggal:
1. Koko Koswara bin Oyong Suwaryo, pria, asal Banjaran
2. Atik Suryati binti Suarno, perempuan, Banjaran
3. Supardi bin Harjodikromo, pria, asal Banjaran
4. Aruk bin Emen, pria, Banjaran
5. Rosidah binti Adjo, Ciamis
6. Sardjo Mulyana bin A. Sukarta, Ciamis
7. Nji Saadah binti Eno, Ciamis
8. Imas Masyitoh binti Suhandi, Ciamis
9. Nana Hendiana bin Idi, Ciamis
10. Atang Gumawang bin Dede Herlan, Kota Banjar
11. Ima Rismawati binti Endang Nandar, Kota Banjar
12. R. Maemunah binti Dasa Sasmita, Kota Banjar 
13. Rumiyati binti Moh. Nyono, Banjaran
14. Wisma Widyana Puspitasari binti Endang Soekandar, Kabupaten Sukabumi
15. Neneng Rukmini Binti Didin Minwari, Kota Cimahi 
16. Dikdik Mochamad Tasdik bin Udin Syamsudin, Kota Banjar 
17. Ira Kusmira binti Dede Herlan, Kota Banjar

Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kasabaran dalam menghadapi musibah yang terjadi di Mina, dan bertawakal atas segala takdir yang terjadi. Semoga para hujaj yang meninggal di Mina, mendapatkan kemulaiaan disisi-Nya. Amiin. (afgh/dbs/voa-islam.com)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X