Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
17.231 views

Ijtima' Pimpinan Pondok Pesantren se-Indonesia Tolak Manuver Hary Tanoe Dirikan YPP

JAKARTA (voa-islam.com)--"Setuju! Jawa Timur menuntut dibubarkannya Yayasan Peduli Pesantren (YPP) Hary Tanoe," seru Ustadz Achmad Fathony, menanggapi usulan seorang pimpinan pondok pesantren.

Aspirasi itu mengemuka dalam Ijtima (Persamuhan) Pimpinan Pondok Pesantren se-Indonesia di Gedung Menara Dakwah Jl Kramat Raya 45, Rabu (14/12) siang.

Sekitar 500 peserta yang diundang melalui Whatsapp broadcasting, memenuhi aula Masjid Al Furqon Menara Dakwah. Melukiskan keragaman peserta, Achmad Fathony menuturkan bahwa para peserta terdiri Kyai Sepuh, Ustadz Muda, yang berinduk organisasi NU, Muhammadiyah, Dewan Dakwah, dan lain-lain.

"Kalau mau menyebut kelompok dari sifat garisnya, maka di forum ini berkumpul pimpinan Islam garis keras, garis lembek, garis fleksibel, yang tumplek jadi satu dalam barisan Garis Tegas Bela Islam," Achmad Fathony menamsilkan.

Silaturahim tersebut dipicu oleh kegelisahan terhadap manuver politik Harry Tanoe yang mendirikan Yayasan Peduli Pesantren beberapa waktu sebelumnya.

Melalui yayasan ini, Ketua Umum Perindo yang berambisi menjadi Presiden RI masa datang, mewadahi kegiatannya blusukan ke kantong-kantong umat Islam dengan iming-iming bantuan dana.

Dibakar spirit 212, ratusan pimpinan pondok memenuhi undangan via medsos atas nama KH Prof Didin Hafidhuddin dan KH Ahmad Cholil Ridwan Lc. Keduanya adalah pembina Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia.

Acara didahului dengan sholat dhuhur berjamaah di Masjid Al Furqon. Dilanjutkan dengan kuliah dhuhur yang dibawakan KH Muhammad Al Khaththath, sekretaris GNPF-MUI (Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia).

Usai sholat dan makan, peserta meluberi ruang pertemuan. Kursi yang tersedia tidak mencukupi, sehingga sebagian peserta berdiri atau duduk lesehan.

Semua wartawan yang hadir dipersilakan Kyai Cholil Ridwan untuk masuk dan meliput acara, kecuali MetroTV. Dipimpin KH Didin Hafidhuddin, para pimpinan pondok pesantren menyampaikan sikap tentang ancaman terhadap NKRI berupa kolonialisme Tiongkok, komunisme, dan syiah.

Ijtima juga menyikapi proses hukum tersangka penista agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Yayasan Peduli Pesantren rintisan Hary Tanoe Soedibyo.

Ijtima mendukung TNI dan warga Negara untuk mengantisipasi bahaya yang mengancam NKTI baik dari dalam maupun luar negeri. Ijtima mendesak pemerintah untuk menegakkan hukum secara cepat, tegas, dan memenuhi rasa keadilan publik atas tersangka Ahok.

"Mengulur-ulur bahkan mempermainkan proses hukum atas Ahok, sama saja dengan memprovokasi umat Islam untuk melakukan Aksi Bela Islam jilid 4," kata seorang peserta.

Pada bagian lain, ijtima memperingatkan Hary Tanoe agar menghentikan manuver politik berkedok bantuan sosial di kantong-kantong umat Islam. Ijtima juga mengingatkan umat Islam dan pesantren untuk tegas menolak pemberian bantuan dari pihak kufar yang bertendesi politis. Pesantren adalah lembaga penegakan agama (iqomatuddien) yang tidak selayaknya diintervensi oleh kepentingan politik praktis, apalagi politik orang kafir.

"Saya bersyukur dengan adanya acara ini, walaupun undangan disampaikan hanya melalui WA. Sebelumnya saya menangis, melihat pondok pesantren kok diblusuki yayasan milik orang kafir. Itu penghinaan, dianggapnya kita tidak bisa mengurus lembaga-lembaga pendidikan kita sendiri," curhat seorang Kyai dari Palembang. * [Nurbowo/Syaf/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X