Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.303 views

Inilah Sejumlah Harapan Persis Terkait Kunjungan Raja Salman

 

JAKARTA (voa-islam.com)--Wakil Ketua Umum PP Persatuan Islam (Persis) Ustadz Jeje Zaenudin meyakini bahwa kunjungan Raja Saudi Arabia Salman bin Abdul Aziz Al Saud ke Indonesia memiliki makna lebih dalam, bukan sekadar kepentingan kunjungan balasan atas kunjungan Presiden Indonesia ke Arab Saudi.

"Saudi sebagai pusat Islam dan tempat muslimin dunia dalam menghadapkan diri waktu shalat dan tempat yang dituju dalam menunaikan ibadah haji sebagai rukun Islam yang terakhir. Sementara Indonesia adalah negeri muslim terbesar di dunia. Jadi secara emosional spiritual hubungan keduanya sangatlah erat," kata Ustadz Jeje  dalam keterangan resmi yang diterima Voa Islam, Rabu (1/3/2017).

Menurut Ustadz Jeje, bila ratusan ribu muslim Indonesia berhaji dan umrah setiap tahun ke Mekah dan Madinah, maka, sangat wajar Raja Saudi berkunjung ke Indonesia. Selain, akan berdampak pada peluang kerjasama dalam berbagai hal baik itu kerjasama ekonomi,  keamanan, politik,  hukum,  pendidikan,  dan sebagainya.

Adapun Persis, lanjut Ustadz Jeje, memiliki sejumlah harapan dengan adanya kunjungan Raja Salman ke Indonesia.

"Pertama, semoga kunjungan ini merealisasikan kerjasama ekonomi melalui investasi para pengusaha Saudi di Indonesia dalam skala besar sehingga dapat menguntungkan kedua pihak yang dilandasi spirit persaudaraan dan kesamaan akidah," ucapnya. 

"Diharapkan membuka lapangan pekerjaan bagi rakyat bawah Indonesia sehingga mengurangi berlomba lombanya tkw Indonesia ke Arab Saudi. Diharapkan juga Pemerintah Indonesia dapat menyampaikan proposal kerjasama ekonomi yang lebih luas dengan Arab Saudi diantaranya di bidang pangan dan industri pakaian," lanjutnya.

Kedua, sambung Ustadz Jeje, kehadiran Raja Saudi dapat mengklarifikasi secara langsung kepada publik Indonesia bahwa Pemerintah Saudi sangat serius menangkal paham ekstrim apalagi terorisme. 

"Paham keagamaan yang diserukan Saudi secara tegas adalah Wasathiyah,  kemoderatan Islam. Sehingga tidak ada lagi alasan bagi tuduhan tuduhan busuk kepada Saudi sebagai sarang radikalis ekstrimis," tegasnya.

Ketiga, ujar Ustadz Jeje, kerjasama dan bantuan di bidang pendidikan keagamaan lebih diarahkan kepada peningkatan SDM dengan memperluas bantuan beasiswa dan sarana pendidikan. Selama ini bantuan lembaga Saudi,  baik itu Lembaga Pemerintah maupun NGOnya lebih banyak bantuan ke pembangunan mesjid dan pendidikan Al Quran. Sementara bantuan sarana pendidikan dan bea siswa pendidikan di bidang disiplin ilmu yang lain yang juga penting bagi penguatan SDM umat Islam masih sangat sangat terbatas. 

"Keempat. Kita juga berharap kunjungan ini memperkuat kerjasama pertahanan dan keamanan,  semoga pula pemerintah Indonesia dapat memberi masukan penting kepada Pemerintah Saudi dalam mengatasi konflik dan perang yang berkepanjangan di Timur Tengah,  khususnya di Yaman dan Suriah yang berbatasan langsung dengan Saudi," jelasnya.

Kelima, tambah Jeje, semoga pemerintah Indonesia dapat menangkap pesan dari antusiasme rakyat Indonesia dalam menyambut hangat kedatangan Raja Salman,  bahwa rakyat lebih berharap dan menginginkan Pemerintah Indonesia memprioritaskan dan mengoptimalkan kerjasama dalam berbagai bidang dengan negara-negara yang seideologi dan sevisi dengan Indonesia.

"Selama itu bisa dan memungkinkan daripada bekerja sama dengan negara negara yang berbeda ideologi dan dikhawatirkan berupaya mengintervensi ideologi,  politik,  dan ekonomi Indonesia," tutupnya. * [Bilal/Syaf/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X