Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.816 views

Halal Navi Permudah Wisatawan Muslim Cari Semua Informasi Halal di Jepang

JAKARTA (voa-islam.com) - Berkunjung ke Jepang bisa jadi sangat sulit bagi wisatawan Muslim. Apalagi informasi & komunikasi hampir semuanya dilakukan dalam Bahasa Jepang. Bahkan alamat-alamat restoran dalam google maps juga banyak yang menggunakan Bahasa Jepang. Selain itu, beberapa status Halal restoran di Jepang juga susah dikonfirmasi karena kita tidak bisa berbahasa Jepang.

Namun kesulitan itu sekarang sudah bisa diatasi dengan adanya sebuah aplikasi Halal Navi. Aplikasi ini bisa membantu kita untuk tahu status kehalalan sebuah restoran dengan bantuan Muslim yang tinggal di sana.

Halal Navi sendiri adalah aplikasi mobile yang bertujuan untuk menjadi one stop platform bagi Muslim yang tinggal atau berkunjung ke Jepang dan 12 negara non-Muslim lain. Pengguna bisa mencari restoran Halal, masjid, toko yang menyediakan barang-barang Halal, dan akomodasi ramah Muslim dengan aplikasi ini. Harapannya ke depan Halal Navi bisa menambah fitur-fitur lain seperti waktu sholat dll, agar pengguna Muslim bisa mendapatkan semua info yang diperlukan cukup dalam satu app saja.

Halal Navi pertama kali dikembangkan oleh saudara Rafiq, yang kesulitan mencari makanan Halal selama kuliah di Jepang. Kebanyakan umat Islam khususnya mahasiswa Muslim hanya tahu makanan Halal di area tempat mereke tinggal dari informasi senior atau teman-teman yang sudah lama tinggal di tempat tersebut. Tapi ketika pergi ke kota lain, tidak ada informasi serupa yang bisa mereka dapatkan. Dari pengalaman tersebut, Halal Navi dibuat agar ketika kita pergi kemanapun di Jepang ada teman-teman Muslim lain yang akan berbagi informasi mengenai restoran Halal di tempat itu.

Apa yang membedakan Halal Navi dengan aplikasi Halal lainnya?

Halal Navi bukan hanya aplikasi untuk mencari makanan Halal, namun juga sebagai wadah komunikasi sesama Muslim di Jepang. Di Halal Navi kita bisa melihat review pengguna lain yang pernah datang ke restoran tersebut. Pengguna juga bisa meninggalkan “Halal Tips” tentang restoran yang pernah dikunjungi untuk membantu pengguna lain. Seperti apakah restoran tersebut memiliki sertifikasi Halal, apakah pemiliknya Muslim, apakah peralatan yang digunakan unutk menu Halal di pisah dari menu non Halal, dll.

Pengguna juga bisa saling berkomunikasi satu sama lain, seperti untuk menanyakan bagaimana caranya pergi ke restoran tsb, apakah sertifikasi Halal masih aktif, dlsb.

Sementara di app lain, status Halal terkadang kurang kredibel atau informasi yang diambil sudah tidak update dengan kondisi di lapangan. Sementara di Halal Navi, pengguna bisa mengcross check dan report setiap restoran yang ada sehingga informasi ke Halal-an restoran dalam Halal Navi selalu up-to-date. Pengguna lain pun bisa datang ke restoran tersebut tanpa perlu was was.

Kelebihan lain dari Halal Navi adalah ada beberapa fitur-fitur penting yang tidak ada di aplikasi lainnya di antaranya adalah:

  • Di Halal Navi kita bisa melihat review dan tips Halal dari pengguna lain. Dari sini kita bisa melihat informasi Halal yang akurat dari pengguna lain yang pernah datang ke restoran tersebut. Kita juga bisa melihat foto-foto makanan yang ada, cek harga, dan info-info lainnya.
  • Kita bisa mencari restoran halal dan Masjid paling dekat dari tempat Kita. Tinggal cari di tab “nearby”, Halal Navi akan menunjukkan semua restaurants Halal & masjid di sekitar kita. Restoran-restoran tersebut ditampilkan dalam peta sehingga kita bisa memilih mana yang paling dekat lokasinya. Kita juga bisa menghubungkannya ke aplikasi google map atau aplikasi map yang lain untuk mengarahkan kita ke tempat tsb, jadi insha Allah tidak akan nyasar.
  • Selain untuk mencari restoran halal dan Masjid, Halal Navi juga bisa digunakan untuk mencari toko halal dan akomodasi ramah Muslim di tab “explore”. Toko halal ini menyediakan barang-barang Halal seperti daging dan bahan makanan Halal juga snack-snack Halal yang bisa kita beli sebagai oleh-oleh. Sementara akomodasi ramah Muslim adalah akomodasi yang menyediakan makanan Halal serta fasilitas beribadah seperti kompas qiblat dan sajadah di dalam kamar.
  • Kita juga bisa mencari restoran Halal dan Masjid yang berdekatan dengan tempat wisata dan stasiun kereta. Cukup dengan menuliskan tempat yang ingin kita tuju di kolom “search”, kita bisa melihat list restoran yang berdekatan dengan tempat tersebut. Fitur ini sangat berguna bagi para wisatawan agar bisa merencanakan perjalanan dari jauh-jauh hari dan agar tidak perlu berjalan terlalu jauh untuk mencari restoran Halal dari tempat wisata.
  • Di Halal Navi, kita juga bisa berkomunikasi dengan pengguna lain untuk mendapatkan informasi terkini. Bahkan Kita juga bisa follow dan mention pengguna lain seperti di sosial media lain. Kita bisa bertanya bagaimana cara pergi ke restoran tersebut dari stasiun terdekat, menu apa yang aman dikonsumsi oleh Muslim, dlsb.
  • Restoran-restoran dalam listing Halal Navi dilengkapi dengan informasi penting lainnya seperti Jam buka, menu, dan detail fasilitas restoran (kapasitas, parkir, wifi, dll). Perlu diketahui bahwa restoran di Jepang banyak yang menerapkan sistem buka tutup, misalnya hanya buka pada pukul 12.00-15.00 dan 18.00-22.00. Jadi informasi-informasi ini sangat penting bagi pengguna.

Saat ini aplikasi Halal Navi sudah di download lebih dari 60,000 pengguna (IOS & Android) dengan database lebih dari 800 restoran Halal di Jepang dan 6,000 restoran Halal di 12 negara lainnya, lebih dari 200 masjid dan tempat sholat di Jepang, lebih dari 150 halal supermarket dan akomodasi ramah Muslim di Jepang.

Disclaimer status Halal restoran dalam listing Halal Navi
Certified Halal: Restaurant has obtained halal certification from recognized halal certification providers.
Halal: Meat and ingredients used in the menu are deemed halal by restaurant owner/staff.
Halal friendly: Halal menu is provided but non-halal dishes are also served.

Untuk lebih jelasnya bisa dicek di alamat-alamat di bawah ini:

Halal Navi Media
Website: https://www.halal-navi.com/
Blog: https://blog.halal-navi.com/en/
Facebook: https://www.facebook.com/halalnavi/?ref=bookmarks [fq]

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X