Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.037 views

Presidium Alumni 212 Sikapi Pertemuan GNPF-MUI dan Jokowi

JAKARTA (voa-islam.com), Presidium Alumni 212 mengeluarkan Resolusi Jogja menanggapi pertemuan antara Tim 7 Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI (GNPF-MUI) dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada acara open house  di Istana Negara, pada Minggu, 25 Juni 2017.

Dalam pernyataanya, Presidium Alumni 212 mengaku dapat
memahami pertemuan itu dengan baik, selama pertemuan tersebut diniatkan sebagai pra-rekonsiliasi atau pra-dialog Nasional.

Pra-rekonsiliasi antara para ulama, aktivis-aktivis & tokoh-tokoh bangsa dengan pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi untuk mencari solusi-solusi menyelamatkan bangsa dr kegaduhan-kegaduhan yang terus menerus dapat berujung kepada perpecahan, kerusuhan, konflik horizontal & disintegrasi bangsa yang bisa mengancam keutuhan NKRI.

"Kami juga menyambut baik inisiatif pertemuan tersebut jika dimaksudkan untuk menyelamatkan dan membebaskan semua ulama, aktivis-aktivis dan ormas Islam yang dikriminalisasi oleh Rezim Penguasa saat ini, bukan sekedar menyelamatkan beberapa gelintir orang-orang tertentu saja," kata Ketua Umum Presidium Alumni 212, Ustadz Ansufri Idrus Sambo dalam Resolusi Jogja yang diterima voa-islam.com, Selasa (27/6/2017).

Ustadz Sambo juga menegaskan menyambut baik pertemuan tersebut selama dilakukan untuk kepentingan ummat Islam yang lebih luas bukan utk kepentingan politik dan ekonomi kelompok tertentu

Namun demikian, lanju Ustadz Sambo, Presidium Alumni 212 tetap kepada pendirian semula bahwa Rekonsiliasi atau dialog Nasional antar anak bangsa hanya bisa dilakukan dengan sejumlah syarat di antaranya;

Pertama, semua komponen anak bangsa harus dilibatkan dan diundang dalam rekonsiliasi atau dialog nasional ini seperti ulama-ulama, aktivis-aktivis, tokoh-tokoh nasional dan purnawirawan TNI.

"Yang semuanya mempunyai kedudukan yang setara dgn pemerintah dlm menyelamatkan bangsa dari kehancuran dan perpecahan," ujarnya.

Kedua, pertemuan harus dilakukan di tempat yang netral atau tidak di Istana Negara dan bersifat terbuka (diliput & disiarkan media). Sehingga, umat dan rakyat tahu apa yang dibahas dalam pertemuan tersebut.

"Sehingga tidak ada deal-deal dibelakang layar yang terjadi dalam pertemuan tersebut, tidak ada dusta diantara kita," tegas Ustad Sambo.

Ketiga, sebelum pertemuan untuk rekonsiliasi tersebut sudah ada kepastian bahwa para ulama, aktivis-aktivis dan ormas Islam yang dikriminalisasi akan dibebaskan tanpa syarat dr segala macam tuduhan serta sangkaan yang dialamatkan kepada mereka.

"Keempat, adapun agenda pertemuan adalah membahas masalah-masalah penghentian diskriminasi hukum dan diskriminasi ekonomi yang hanya berpihak pada kelompok-kelompok tertentu, meredam bangkitnya Komunisme serta penuntasan korupsi-korups besar seperti BLBI, Sumber Waras, Reklamasi dan lain-lain," jelas Ustadz Sambo.

Ustadz Sambo menekankan, jika keempat syarat di atas tidak terpenuhi. Maka tidak akan ada gunanya rekonsiliasi. Maka, menurutnya solusi yang paling tepat untuk menyelamatkan bangsa dari kehancuran, perpecahan dan konflik horizontal hanya bisa diselesaikan dengan dua cara.

"Pertama, Revolusi Konstitusional melalui jalur Komnas HAM dan DPR RI, atau jika cara ini mentok. Maka, kedua, People Power sebagai solusi akhir dimana yang semuanya tetap dilakukan dgn cara Damai, Aman dan Konstitusional," pungkasnya.

Dalam Resolusi Jogja, dinyatakan bahwa  Presidium Alumni 212 diketuai oleh Ustadz Ansufri Idrus Sambo, Sekretaris Jenderal Ustad Hasri Harahap, dan Ketua Penasehat adalah Prof. Dr. H. Amien Rais. (Bilal)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X