Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.105 views

CIIA: PERPPU Ormas Potensi Buat Kegaduhan

JAKARTA (voa-islam.com), Wacana pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) oleh pemerintah nyata melahirkan kontraksi di beragam kalangan. Tidak hanya HTI, tapi kabarnya semua kelompok ormas yang dianggap kontra Pancasila dan UUD45 juga hendak dibubarkan.

Demikian diungkapkan Analis Sosial Budaya The Community of Ideological Islamic Analys (CIIA),  DR. Rida Hesti R dalam keterangannya, Rabu (12/7/2017).

"Dalam sistem demokrasi yang di anut, ternyata pemerintah Indonesia lebih memilih jalan pintas (Perppu) dibanding mekanisme pengadilan yang diprediksi butuh waktu panjang," katanya.

Menurut Rida, kegaduhan baru berpotensi mencuat, karena lahirnya Perpu banyak dinilai pakar hukum sebagai produk prematur. Sikap DPR yang proporsional juga dinanti oleh rakyat terkait Perppu tersebut.

Di sisi lain, imbuh Rida, MUI Pusat yang melakukan penelitian dan pengkajian terhadap ormas HTI juga belum mengeluarkan fatwanya. Sekalipun Perpu keluar dengan aroma hendak kesampingkan referensi di luar pemerintah semisal MUI.

"Namun, fakta aktualnya masyarakat muslim Indonesia masih setia mendengar fatwa MUI dalam banyak kasus lebih-lebih menyangkut isu kelompok keagamaan," ucapnya.

Di luar itu semua, katanya lagi, perlu direnungkan bersama,  menyusul keluarnya Perpu. Ada kewajiban urgen bagi pemerintah dengan seluruh instrumennya terkait dampak atau resiko yang harus dituntaskan.

"Paling tidak, ada kewajiban untuk melindungi dan membina mantan anggota,  kader dan pimpinan ormas yang dibubarkan," cetusnya.

Rida menjelaskan, perlindungan tersebut mencakup penghormatan atas dignity/kehormatan, pencegahan tindak diskriminatif dan penerimaan sebagai warga negara yang tidak memiliki cacat hukum maupun norma.

Karena, lanjutnya, ketiadaan langkah pembinaan, dapat semakin mengembangkan ketidakpercayaan kolektif terhadap pemerintah.  

"Perkembangan gerakan-gerakan politik menjadi tidak terkendali dan tidak teridentifikasi secara dini baik gagasan yang diusung pada tataran wacana maupun praksis," tuturnya.

Sementara itu, ujarnya, kekuatan kelompok-kelompok pengusungnya pun menjadi tidak terpantau. Gerakan-gerakan ideologis yang tak pernah mati, akan melahirkan babak baru suburnya organisasi tanpa bentuk dengan pemikiran dan perjuangan ideologis yang tetap sama.

"Proses pembubaran ormas melalui Perpu ini ditengarai sebagai langkah mencederai kekuasaan dalam ruang demokrasi negeri ini, ujarnya.

Rida menilai masyarakat  sedang dididik untuk menurunkan kesadaran berkelompok, semangat berorganisasi dalam rangka mewujudkan perubahan.   Kesadaran yang mestinya dibutuhkan oleh negara dalam membangun generasi bangsa beradab.  

"Rekayasa sosial melalui langkah politis ini menunjukkan kekuasaan dapat membunuh gagasan suatu kelompok ormas secara tebang pilih.  Konstruksi ini dapat dimaknai sebagai pembungkaman terhadap gagasan yang dianggap berpotensi berseberangan dengan penguasa," ungkap Rida. (Bilal)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X