Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.867 views

Hadiri Halal bi Halal JISc, Aa' Gym Ajak Gunakan Bahasa Hati dalam Bersilaturahim

JAKARTA (voa-islam.com) - Ada yang menarik dari acara Halal bi Halal keluarga besar Jakarta Islamic School (JISc) pada hari Senin kemarin (17/7/2017). Bukan hanya tampilnya para siswa yang mahir dalam berbagai bahasa asing, tapi juga hadirnya pimpinan pondok pesantren Daarut Tauhid Bandung, KH Abdullah Gymnastiar atau yang akrab disapa Aa'Gym.

Acara Halal Bi Halal yang digelar di lapangan basket JISc tersebut dihadiri oleh ratusan orang yang terdiri dari para wali murid, para guru serta para staf sekolah. Dan tentu saja pendiri dari JISc, Ibu Fifi Proklawati Jubilea atau Mam Fifi ikut hadir dalam acara itu.

Dalam sambutannya Mam Fifi menceritakan perkembangan singkat sekolah yang dia pimpin, sejak dari awal merintis hingga sekarang menjadi sekolah yang banyak peminatnya.

Pendiri JISc ini menerangkan awal JISc berdiri jumlah siswa hanya 180 anak, yang terdiri dari Playgroup, TK dan SD yang berlokasi di jalan Inspeksi No. 41 A Pangkalan Jati.

“Bangunan sekolah pada saat itu sangat sederhana, bahkan ada orang tua siswa yang meragukan sekolah baru tersebut dengan sebutan kandang kerbau,” kisahnya di sela-sela Halal bi Halal JISc di Jl. Manunggal I No.17, Komplek Kodam Kalimalang, Jakarta Timur.

Namun seiring berjalannya waktu, JISc saat ini semakin maju dan berkembang bahkan sudah memiliki beberapa cabang yang tersebar di wilayah Jakarta. Para alumni JISc juga saat ini banyak tersebar di berbagai Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri, seperti di USA, England, Netherland, Germany, France, Turkey, Poland, Malaysia dan Australia. Adapun dalam negeri, alumni JISc diterima Universitas Terkemuka seperti UI, ITB, UGM, UNHAS, UNSOED, ITS, UNIBRAW, UNPAD dan Universitas terkemuka lainnya.

Pada kesempatan yang sama, Aa'Gym sebagai pemberi tausiyah, kagum dengan kemampuan berbahasa asing siswa/siswi JISc, namun beliau juga memberi nasehat agar para guru dan siswa JISc tidak hanya pandai menggunakan bahasa asing tapi juga harus pandai menggunakan bahasa hari. Karena menurut Aa'Gym bahasa hati adalah inti dari silaturahim.

Dalam tausyiahnya, Aa’ Gym berpesan kepada umat Islam, khususnya hadirin, untuk tidak bersikap Tengil yang merupakan singkatan dari Takabur, Egois, Norak, Galak, Iri hati, dan Licik .

“Kita jangan pernah takabur, karena tidak akan masuk surga jika masih ada sifat takabur. Orang yang sombong dan takabur adalah yang mendustakan kebenaran dan meremehkan orang lain,” jelas Aa’.

Dalam pergaulan, kata Aa’, pasti ingin merasakan kenyamanan. Termasuk dalam menjaga hubungan antara orangtua dengan anak-anaknya, guru dengan murid-muridnya. Karena itu komunikasi dan keterbukaan menjadi sangat penting bagi seorang pendidik.

“Jauh lebih wibawa, jika guru minta saran kepada murid, mau dikoreksi, tidak alergi dengan masukan dan kritikan. Itulah tanda orang yang tawadhu. Orang tua atau guru jangan cuma bisa nyuruh atau menghakimi. Jika ada yang melakukan kesalahan, maafkan. Jika suami ada kekurangan, istri jangan dibongkar di depan anak-anak. Begitu juga sebaliknya.”

Aa’ Gym berpesan, seseorang dihormati bukan karena harta dan jabatannya. Allah lah yang menutupi aib dan kekurangan kita di masa lalu. “Selama tujuh tahun saya dibully, padahal menurut agama sah,” kata Aa’ menyinggung poligaminya.

“Intinya adalah jangan remehkan orang lain. Tidak akan rugi untuk menjadi orang yang rendah hati. Jika menyuruh orang lain misalnya, gunakan kata permisi, maaf, tolong ambilkan ini. Jika ingin punya anak sopan, maka orng tua harus baik pada pembantu,” tukas Aa’.

Selanjutnya, jangan Egois. Aa’ berpesan, jadikanlah hidup ini yang orientasinya bermanfaat untuk orang banyak. Jangan Cuma menguntungkan diri, tapi juga menguntungkan banyak orang. Mengalah lah untuk kebaikan. Orang yang mulia adalah yang senang berkorban.

“Karena itu tanamkan sikap, lakukan lalu lupakan. Tidak perlu nyebut kebaikan kita. Jangan pamrih. Ikhlas tidak perlu diucapan. Yakinilah setiap perbuatan ada balasannya. Allah akan membalas perbuatan baik dan buruk sekecil apapun.”

Lalu, Jangan Norak atau ingin selalu kelihatan hebat, ingin dipuji, ingin dibalas budi baiknya. “Hendaknya kita just the way you are. Para istri hendaknya jangan terlalu cinta pada suami, tapi cintailah pada penciptanya. Jika terlalu cinta pada suami, maka tidak ada keikhlasan dan tidak ada kebahagiaan. Berharaplah hanya kepada Allah, sedangkan bersandar pada makhluk tidak ada daya.”

Aa’ Gym pernah mengaku centil saat dirinya seperti “selebritis”, sampai-sampai ia menelantarkan keluarga dan pesantren. Tapi berkah dihina, ia memperbaiki dirinya. Bagi Aa’, tak perlu disibukkan dengan penilaian orang.
Sikap selanjutnya adalah jangan Galak. Namun galak berbeda dengan tegas. Jika ada persoalan jangan marah-marah, karena marah itu sumber masalah, bukan solusi. “Buatlah aturan secara tertulis, tapi jangan kita yang buat aturan, lalu kita juga melanggar. Jadi bukan galak, tapi tegas dan santun.

“Jangan pernah keras pada wanita. Bersikaplah sabar. Banyaklah istighfar, jangan debat kalau ada masalah,” pesan Aa’.

Kemudian, jangan Iri hati . jangan pernah merasa senang dengan kesusahan dan penderitaan orang lain.
Yang terakhir adalah jangan Licik. Siapapun ingin kejujuran. Bahkan, penjahat pun juga ingin mencari temen yang jujur.

“Janganlah tertipu dengan topeng. Suami yang punya pangkat, istri yang berlagak seperti pejabat. Seperti video seorang istri jenderal yang menempeleng petugas bandara yang kemudian menjadi viral. Juga banyak anak yang sembunyi di balik topeng ortu, padahal kelakuannya jelek.”

Aa’ Gym berpesan, rumus sakit hati itu adalah bertobat. Dengan istighfar dapat melapangkan hati dan diberi rezeki.[fq]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X