Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.386 views

Ratusan Jamaah Antusias ikuti Doa untuk Bangsa dan Shubuh Berjamaah

JAKARTA (voa-islam.com), Ratusan jamaah antusias ikuti 'Doa untuk Bangsa'dan Shubuh berjamaah di Masjid Al Falah Pejompongan, Jakarta Pusat, Ahad Pagi (13/8/2017). Jamaah menghadiri kegiatan yang diinisiasi oleh  Parade Munajat berkolaborasi dan Gerakan Indonesia Shalat Subuh (GISS) itu dengan terlebih dahulu ikut mabit atau bermalam di Al Falah sejak  Sabtu Malam (12/8).

Kegiatan Mabit diisi oleh tausiah Ketua Bidang Dakwah dan Kader FUI, Ustadz Abu Saad. Pada kesempatan itu, Abu Saad menerangkan urgensi memahami aqidah Islam dan ideologi Islam.

"Aqidah dan ideologi berkaitan pertanyaan besar darimana kita berasal, untuk apa, dan mau kemana? Karena itu Islam mengatur kehidupan dunia dan akhirat. Berbeda dengan kapitalisme yang hanya mengatur urusan dunia," katanya.

Kemudian, peserta mabit melanjutkan aktuvitas dengan shalat tahajud berjamaah. Lalu seusai shalat subuh berjamaah, Ketua Parade Munajat, Edy Mulyadi memberi pengantar jelang doa bersama.

Edy menegaskan bahwa Parade Munajat diinisiasi oleh sejumlah alumni kegiatan besar umat Islam, yakni Parade Tauhid dan aksi 212. "Sebelumnya, Parade Munajat menggunakan 212, tapi 212-nya kami hilangkan, khawatir dalam perjalanan kami tidak bersih, Naudzubillah semoga tidak. Jadi kami hilangkan agar tidak mencoreng nama 212," tuturnya.

Edy melanjutkan Parade Munajat berangkat dari pemikiran bahwa umat Islam adalah umat yang tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan, ketangguhan itu tidak lepas dari bersandarnya umat kepada Allah Swt. "Kita yakin semuanya berdoa untuk memenangkan Islam, maka dari itu kita sekalian doa kita jadikan gerakan bersama untuk terus memohon bantuan kepada Allah,"  cetusnya.

Ia juga sempat menjelaskan keadaan bangsa yang sangat memprihatinkan. Jeratan hutang yang semakin kuat yang tidak benar-benar diketahui rakyat secara umum. "Keadaan bangsa kita sangat kasihan, untungnya, kita semua tidak benar-benar tahu. Kalau tahu sangat miris. Makanya, kita perlu berjuang dan berdoa untuk bangsa ini," ucap Ketua Korps Mubaligh Jakarta (KMJ) itu.

Selanjutnya, doa bersama didahului dengan pembacaan asmaul husna, al matsurat secara bersama, dan doa untuk bangsa. Diteruskan dengan ceramah agama oleh ustadz Ahmad An-Nuri dari DDII. Dalam tausiyahnya, An-Nuri mengungkapkan besarnya pahala jariyah berinfaq dan sedekah ilmu meski bentuknya kecil. Ia meminta jamaah untuk perhatian dengan penyebaran ilmu, karena kemajuan dan berkah suatu bangsa sangat dipengaruhi dengan kedekatannya bersama Al Quran.

"Dulu pak Natsir pernah katakan sambil mengangkat kertas kecil, jika kertas kecil ini ditulis doa berwudhu dengan benar, setiap yang membaca dan mengamalkannya, pahalnya akan mengalir kepada penulis," ujarnya.

An-Nuri mengingatkan kepada jamaah bahwa masih banyak umat Islam di pedalaman dan perbatasan negara yang jauh dari modernisme, sangat kesulitan belajar Islam karena ketiadaan al Quran dan alat mengaji. "Ada daerah yang belajar al Qurannya hanya punya satu mushaf, dipakai secara bergantian, maka saya mengajak jamaah bila punya kelebihan membantu dakwah di pedalaman dengan menyumbang Al Quran dan lain sebagainya,"katanya.

Di sesi terakhir, kegiatan doa bersama ditutup dengan tausiyah dari Sekjen FUI sekaligus Ketua GISS, ustadz M. Al Khathtath. Ia mengingatkan bahwa shalat shubuh menjadi tolok ukur kebangkitan umat Islam di Indonesia dan dunia. Untuk itu, ia berharap jamaah dapat membantu mengajak umat shalat shubuh berjamaah di masjid-masjid.

"Program shalat Shubuh berjamaah, ini sebenarnya diinisiasi oleh Ki Gendeng Pamungkas yang sekarang sudah taubat. Ia berpesan kepada saya kalau nanti keluar penjara," katanya menambahkan. (Bilal)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X