Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.272 views

Forjim: Urgensi Menulis dengan Hati di Media Sosial

JAKARTA (voa-islam.com), Forum Jurnalis Muslim (Forjim) menilai masyarakat harus lebih banyak melakukan cek dan ricek saat mengkonsumsi berita dan informasi di era digital ini. Sehingga, informasi itu memiliki kebenaran dan fakta yang dipertanggungjawabkan.

"Di era digital, masyarakat lebih banyak mengkonsumsi berita dan informasi. Sekarang itu banyak informasi diberitakan di media dan media sosial itu orang ragu. Cek and ricek itu harus dilihat dulu dan informasi langsung. Penting juga menulis dengan hati di media sosial," kata Penulis Buku Chairul Tanjung Si Anak Singkong Tjahja Gunawan Diredja, yang juga Pembina Forjim itu dalam acara kajian menulis di Masjid An Nabawi, Tangerang, Ahad (8/10/2017). Acara tersebut kerjasama DKM Masjid An Nabawi dan juga komunitas Bengkel Hati Al Hidayah, Tangerang.

Menurut Tjahja yang juga pemimpin redaksi AHAD.CO.Id, dalam dunia menulis patokannya sangat sederhana yakni harus ada subyek, predikat dan obyek dalam penulisan. Selain itu harus memakai kata-kata yang baku. Karena itulah, menulis adalah penting untuk memberitahukan kepada orang lain tentang informasi terkait banyak hal di media sosial. Misalnya tentang tragedi Rohingya di Myanmar, PKI dan sejarah kelam Indonesia dan HUT ke-72 TNI serta Jenderal Gatot Nurmantyo.

"Menulis adalah memberitahu kepada yang lain. Misalnya soal Rohingya, PKI dan sejarah. Sekarang kita perang di media sosial. Sejarah membuktikan bahwasanya PKI adalah komunis yang anti agama. Itu jelas. Jadi kita semua harus mengetahui sejarah dengan benar," jelasnya.

Hal menarik lainnya harus diperhatikan adalah aktualitas dalam menulis.  Misalnya kisah film kolosal Jenderal Sudirman yang saat ini viral. Film tersebut diperankan cucunya Jenderal Sudirman. Sejarah mencatat saat perang kemerdekaan Jenderal Sudirman telah mengukir teladan kebaikan. Dikisahkan sebelum berperang dan berjuang melawan penjajah Belanja, Jenderal Sudirman ternyata lebih dahulu berdzikir dan sholat tahajud dulu. "Ini yang membuat saya merinding mendengarnya."

Keterampilan menulis, terang Tjahja, harus dilatih dan juga harus sering-sering berkumpul bersama penulis. Selain itu seorang penulis harus rajin membaca. "Itu penting".

"Melatih menulis itu dari membaca. Dan harus aktual dan dibicarakan orang dan viral. Dalam konteks Islam harus sesuai dengan keIslaman. Ada sebuah ide dan gagasan itu tulis-tulis saja," jelasnya.

Dalam era media sosial ini, tambahnya, masyarakat sebaiknya tidak membaca media-media mainstream yang berita dan informasinya pro penguasa dan hanya menerapkan sistem bisnis dan kapitalisme semata. Untuk penerapan ideologi pers hanya slogan saja.

"Kita jangan membaca media mainstream yang pro penguasa semata. Apalagi saat ini informasi yang ada di media sosial begitu banyak. Dan percepatan berita dan informasi begitu cepat dan aktual," imbuhnya.

Ketua Bengkel Hati Syariful Alam memberikan apresiasi dengan kajian menulis yang disampaikan Tjahja Gunawan Diredja. Dengan kajian ini memberikan motivasi dan semangat peserta kajian untuk terus membaca dan terus menghasilkan karya dengan menulis.

"Kajian ini memberikan inspirasi dalam menulis bagi peserta kajian. Menulis bisa mengasah otak dan mentransfer ilmu kepada publik. Ini penting untuk umat Islam. Islam mengajarkan kita untuk terus belajar, menuntut ilmu dan mengajarkan ilmu," ucapnya.

Alam yang juga Ketua Divisi Keorganisasian dan Keanggotaan Forjim berharap kajian-kajian literasi dan mentransfer keilmuan bagi umat Islam terus digalakkan sehingga umat Islam semakin mencintai ilmu dan terus belajar.

Lembaga Bengkel Hati, ujarnya, adalah suatu organisasi yang fokus dalam pembinaan kemasyarakatan, pelatihan bisnis dan kajian Islam serta menggalakkan olahraga sunnah Rosulullah. (bilal/voa-islam)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X