Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.466 views

PAHAM: Penangkapan Mahasiswa BEM SI Langgar Hak Asasi

JAKARTA (voa-islam.com), Mahasiswa dari berbagai universitas yang tergabung dalam aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) melakukan aksi damai dalam rangka menyampaikan pendapat di muka umum yang dijamin oleh Undang-Undang di depan istana merdeka Jl. Merdeka Barat, Jakarta Pusat (20/10).

Pusat Advokasi Hukum dan Hak Asasi Manusia (PAHAM) Indonesia menjelaskan bahwa aksi dimulai pada Pkl. 11.00 wib, diawali dengan longmarch dari patung kuda dan berhenti di depan istana merdeka.

"Aksi mahasiswa tersebut mengusung gerakan TUGU RAKYAT (Tuntutan Pembangunan Pro Rakyat," kata Koordinator PAHAM, Hoirullah, S.Sy. dalam keterangannya, Sabtu (21/10/2017).

Hoirullah menerangkan mahasiswa menuntut 3 tuntutan dalam aksi, yaitu,Turunkan kesenjangan ekonomi, Gugat pengekangan hak publik dan wujudkan kedaulatan rakyat, dan Tegakkan supremasi hukum.

Aksi mahasiswa tersebut didasarkan pada penilaian atas kinerja pemerintahan RI selama 3 (tiga) tahun. Selama aksi para mahasiswa bersikap tertib dan damai. Bahkan, Polisi membiarkan aksi mahasiswa sampai pukul 21.00 wib.

"Ini membuktikan aksi mahasiswa berjalan tertib dan damai, sehingga mahasiswa memilih bertahan di depan istana merdeka," terangnya.

Namun, lanjut  Hoirullah, kericuhan mulai terjadi ketika pasukan pengamanan aksi mulai melakukan pengusiran dan diperparah dengan provokasi yang dilakukan oleh brimob yang berada di dalam lapangan monas.

Masa mulai berlari menjauhi Istana Merdeka menuju bundaran HI. Pasukan Brimob yang berada di dalam lapangan Monas mulai melakukan pelemparan menggunakan batu yang menyebabkan salah seorang peserta aksi mengalami pendarahan di bagian kepala.

"Melihat hal ini, para Mahasiswa yang sudah lelah mulai melakukan perlawanan yang berakhir dengan ditahannya 13 orang mahasiswa termasuk koordinator lapangan,"terangnya.

Menurut Hoirullah, Mahasiswa yang ditangkap langsung dibawa ke Polda Metro Jaya. Setelah melakukan diskusi dengan koordinator aksi lainnya yang tidak tertangkap dan memberikan arahan aksi.

Selanjutnya, Tim Advokasi dari Pusat Advokasi Hukum dan Hak Asasi Manusia (PAHAM) Indonesia langsung bergerak menuju Polda Metro untuk melakukan pendampingan hukum.

"Tim Advokasi PAHAM Indonesia sudah melakukan pendampingan aksi sejak awal aksi dimulai dari longmarch di patung kuda, karena itu tim advokasi PAHAM Indonesia sangat mengetahui secara detail dan jelas bagaimana aksi tersebut dilakukan hingga para mahasiswa ditangkap dan diciduk ke Polda Metro Jaya,"ungkap Hoirullah.

Sesampainya di Polda, Tim Advokasi PAHAM menuju Reskrimum untuk mendampingi para mahasiswa yang ditangkap. Namun polisi tidak mengizinkan tim advokasi masuk dan bertemu dengan peserta aksi yang ditangkap.

Sampai pukul 03.00 WIB, (21/10) tim advokasi masih tidak diizinkan menemui para mahasiswa yang ditahan. Pagi ini pukul 09.00 wib, tim advokasi telah melakukan berbagai perlawanan hukum kepada Reskrimum agar para mahasiswa mendapatkan haknya untuk bertemu kuasa hukum dan keluarganya.

"Penangkapan secara paksa yang dilakukan aparat tersebut adalah bentuk pelanggaran hak asasi manusia. Mahasiswa aksi dengan damai tetapi diusir dan dibubarkan secara paksa oleh aparat bahkan ditangkap dengan paksa tampa adanya surat perintah penangkapan, ini sangat jelas bentuk pelanggaran hukum dan HAM," tegasnya.

"Aparat tidak boleh bertindak sewenang-wenang, ini negara demokrasi dan zaman sudah masuk era reformasi, jangan mengulang sejarah buruk seperti orde baru. Ini negara hukum, bukan negara kekuasaan,"sambung Hoirullah.

Tim Advokasi, katanya lagi, sudah melakukan advokasi dan pengaduan ke berbagai lembaga negara dan pengawas guna mengadukan penyalahgunaan wewenang dan pelanggaran HAM oleh aparat kepolisian. (bilal/voa-islam)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Hidup dengan satu kaki, pria asal Sibolga Tapanuli ini tak kenal putus asa. Setelah kakinya diamputasi karena tertabrak truk, ia justru makin rajin beribadah di masjid. Pria Batak ini butuh bantuan...

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Baru berusia 9 bulan, bayi ini diuji dengan penyakit Kanker Pembuluh Darah. Kedua pipinya tumbuh dua benjolan sebesar kepal tangan orang dewasa. Ia harus segera dioperasi dan minum susu khusus...

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Musibah muntaber tak henti-hentinya menimpa Ismail, anak aktivis dakwah Solo Raya. Sang ayah, Muhammad Arif adalah pekerja serabutan yang saat ini sedang mendapat ujian yang bertubi-tubi. ...

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Nyaris sempurna ujian hidup muallaf Nyoman Kawi. Di usia senja, ia tak bisa mencari nafkah karena stroke telah mematikan separo tubuhnya. Hidup sebatang kara, ia tinggal di gubuk lapuk yang tidak...

Guru SMP Islam & Mahasiswi Bahasa Arab Solo Terlindas Truk Kontainer. Ayo Bantu..!!!

Guru SMP Islam & Mahasiswi Bahasa Arab Solo Terlindas Truk Kontainer. Ayo Bantu..!!!

Musibah dahsyat menimpa Ustadzah Juwariah. Terlindas truk kontainer, ia kritis tak sadarkan diri: tulang panggul remuk, tulang pubis patah, engsel tulang panggul bergeser (dislokasi), engkel...

Latest News

Reseller tas batam

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X

Jum'at, 22/02/2019 08:21

Prabowo tak Ingin Rakyat Ditipu