Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.447 views

Forum Jurnalis Muslim Kunjungi Pengungsi Muslim Rohingya di Bangladesh

BANGLADESH (voa-islam.com), Dewan Pembina Forum Jurnalis Muslim (Forjim) bersama Lazis Dewan Dakwah, mengunjungi para pengungsi muslim Rohingya di Bangladesh, pekan lalu. Kedatangan Forjim diwakili oleh Dewan Pembina Forjim Tjahja Gunawan dan dua relawan Dewan Dakwah.
     
"Saya bersama dua relawan Lazis Dewan Dakwah mengunjungi sejumlah pengungsi yang tersebar di Cox’s Bazar, Ramu, Teknaf, Ukhia, Leda, Nayapara, Shamlapur dan Kutupalong," ujar Tjahja Gunawan, yang juga mantan wartawan salah satu media nasional.

Pada kesempatan itu, Lazis Dewan Dakwah ikut menyalurkan bantuan berupa paket makanan senilai 8.000 Dollar AS, pompa air senilai 1.800 Dollar AS, dana untuk pembangunan dua madrasah RP 39 juta serta dana untuk pembangunan dua mesjid Rp 21 juta.

Menurut Nurbowo, dari Lazis Dewan Dakwah, bangunan madrasah maupun masjid di tempat pengungsian bersifat sementara berupa tenda, bahannya dari bambu dan terpal serta pengeras suara.

Selain itu, Lazis Dewan Dakwah juga ikut membantu memberikan bantuan tunjangan honor bagi para imam dan ustadz yang berjumlah 45 orang. "Setiap imam dan ustadz mendapat tunjangan honor 5.000 Taka Bangladesh. Kalau dikonversi hampir Rp 1 juta per orang. Nilainya tidak besar tapi semoga ikut membantu mereka," tambah Nurbowo.

Sejak tanggal 25 Agustus 2017, ekskalasi tindak kekerasan terhadap etnis muslim minoritas Rohingya di Rakhine State, Myanmar semakin meningkat. Tercatat lebih dari 519.000 pengungsi baru Rohingya telah menyebrang ke Bangladesh hingga 10 Oktober 2017.

Sementara etnis Rohingya yang telah mengungsi ke Bangladesh sebelum tanggal 25 Agustus 2017 lebih dari 500.000 tersebar di Cox’s Bazar, Ramu, Teknaf, Ukhia, Leda, Nayapara, Shamlapur dan Kutupalong.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Tim Komite Nasional Save Rohingya (KNSR) yang kini berada di Bangladesh dan Myanmar, menggambarkan indikasi kuat adanya etnis cleansing atau genosida.

Kesaksian dari sejumlah pengungsi juga menyatakan ada upaya sistematis dan terencana dari tentara Myanmar untuk melakukan pengusiran, pembakaran rumah penduduk, dan pembunuhan kepada etnis Rohingya yang tersebar di berbagai pemukiman di Rakhine State. (bilal/voa-islam)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X