Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.408 views

Air Mata Da'i dari Pedalaman

MALUKU (voa-islam.com), Baru pada Senin pagi, 6 November 2017, kabar duka itu tersampaikan ke Muhammad Subki. Innalillahi wainna ilaihi roji’uun, pada Ahad (5/11) malam sekira pukul 22.00 WIB, ayahanda Subki wafat di Tanah Rencong.

Subki terlambat menerima berita kepergian ayahnya, lantaran ia tengah tenggelam dalam medan tugas di kawasan blankspot. Tiada sinyal di Desa Salas, Kec Bula, Kab Seram Bagian Timur, Maluku, tempatnya mengabdi sebagai da’i.

Muhammad Subki salah satu dari 103 sarjana angkatan ke-7 Sekolah Tinggi Ilmu Da'wah (STID) Moh Natsir  yang diwisuda di Gedung Menara Dakwah Jl Kramat 45 Jakarta Pusat pada akhir September lalu.
Bersama M Ridhoi dan Miftahul Huda, da’i sarjana asal Aceh ini kemudian ditempatkan sebagai da’i di Provinsi Maluku.

Tiba di Ambon pada medio Oktober 2017, Subki kemudian ditempatkan di Desa Salas. Butuh sedikitnya 12 jam perjalanan darat dan laut dari Ambon untuk mencapai desa tersebut.

Apa hendak dikata, jika sudah suratan takdir. Belum genap sebulan bertugas di pedalaman nan jauh dari kampung halaman, Subki harus menerima kabar duka. Ayahnya wafat. Maka pada Senin (6/11) Muhammad Subki minta ijin kepada Ketua Dewan Dakwah Maluku, Ustadz Abu Imam Rumbara, untuk cuti pulang kampung.
Da’i muda itu pasrah, tak akan sempat memandang untuk terakhir kalinya wajah sang ayah. Namun setidaknya ia masih bisa berdoa di tepi pusaranya.

Didin, senior Subki di STID M Natsir yang menyampaikan kabar duka itu secara berantai kepada Subki, juga mengalami hal yang hampir sama. Pengalaman tersebut terjadi saat ia sedang bertugas sebagai da’i di Pulau Komodo, Kab Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur,  tahun 2014.
Pada Kamis, 25 Desember 2014, Didin mendapat kabar dari keluarganya bahwa ibunda mereka sedang dalam kondisi kritis (naza’). Bergegas pada hari itu juga, Didin mencari tumpangan kapal turis dari Pulau Komodo menuju Labuan Bajo. Dari sini dilanjutkan dengan naik pesawat terbang menuju Kupang, kemudian lanjut ke Surabaya.

Biasanya, tidak ada pemberangkatan kapal dari Komodo ke Labuan Bajo pada Kamis. Namun bismillah, Didin yakin Kamis ini akan luar biasa baginya.

Saat menunggu tumpangan kapal di Dermaga Komodo, Didin mendapat telepon dari kakaknya. Sambil terisak, sang kakak di ujung ponsel memperdengarkan suara nafas ibunda yang tengah naza’. Sambil berleleh airmata, Didin pun berusaha men-talqin ibunya via ponsel.

Alhamdulillah, akhirnya ada juga sebuah kapal yang akan bertolak ke Labuan Bajo. Didin pun menumpanginya, untuk mengarungi lautan selama 5 jam perjalanan.
Kamis malam, Didin sudah standby di Bandara Labuan Bajo. Ia akan menaiki pesawat ke Kupang pada Jumat pukul 8 pagi.

Namun jelang subuh Jumat itu, kabar duka datang dari ayahnya di desa. Innalillahi wainna ilaihi roji’uun, ibunya telah wafat.
‘’Bagaimana Nak, apakah pemakaman ibumu menunggu kedatanganmu?’’ tanya sang ayah melalui ponsel.

Didin tercekat. Hening sejenak, sebelum ia memutuskan untuk menyegerakan pemakaman ibunya. Walaupun tanpa kehadirannya untuk kali terakhir memandangi wajah perempuan yang telah melahirkannya itu.

‘’Sesuai syariat, sebaiknya jasad ibu segera dimakamkan saja Pak. Toh kedatangan saya tak akan mengubah keadaan,’’ tutur Didin sambil terisak.

Jum'at (26/12/2014), sekira pukul 8 pagi, ibu Didin dimakamkan. Sedang Didin baru tiba di kampung halamannya jelang Maghrib. Tak sempat dia mencium kening ibunya untuk yang terakhir di dunia. (bowo/bilal/voa-islam)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 19/03/2024 13:13

Puasa dan Tingkatannya