Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.832 views

Konferensi Internasional Kajian Stratejik Global Angkat Isu perdamaian

JAKARTA (voa-islam.com), Konferensi internasional The First International Conference on Strategic and Global Studies (ICSG) menyelenggarakan kompetisi penulisan jurnal ilmiah (Call of Papers).

Sejumlah tema penulisan di antaranya adalahi Islamic Finance (Ekonomi Syariah), National Security (Keamanan Nasional), National Resilience (Ketahanan Nasional), dan Gender Issues (Isu-Isu Gender), serta Sustainable Regional (Pembangunan Kawasan Secara Berkelanjutan).

Tema-tema lainnya yang juga diangkat dalam Call of Papers ini ialah Global and Regional Issues (Isu-isu dunia dan kawasan, Peace and Conflict Resolution ( Perdamaian dan Resolusi konflik), Youth and Leadership (Pemuda dan kepemimpinan, serta Social, Culture, Religion, and Humanities (sosial, budaya, agama, dan kemanusiaan)

Kegiatan ini akan diselenggarakan oleh Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI) pada Kamis, 30 November 2017 mendatang, bertempat di Pusat Studi Jepang, Kampus UI, Depok.

Konferensi ICSGS ini mengangkat tema "Strengthening Sustainable Development Goals toward A World Peace Order" atau "Memperkuat Tujuan-Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Menuju Suatu Tatanan Dunia yang Damai".

Adapun karya tulis ilmiah yang telah lolos seleksi akan dipublikasikan di jurnal terindeks Scopus/ Thomson Reuters Publication, konferensi internasional ICSGS UI, dan Jurnal Strategic and Global Studies (Studi Strtejik dan Global).

Koordinator Humas The First ICSGS UI, Muhammad Ibrahim Hamdani, menyatakan bahwa konferensi internasional ini merupakan upaya SKSG UI untuk mendukung kebijakan politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif serta ikut berperan dalam menjaga dan memelihara perdamaian dunia.

Sesuai dengan tema yang diangkat dalam konferensi, yakni "Strengthening Sustainable Development Goals toward A World Peace Order," tatanan dunia yang damai dan harmonis merupakan prasyarat utama terwujudnya pembangunan berkelanjutan di segala bidang, terutama di bidang sumber daya alam (sda) dan sumber daya manusia (sdm).

"Situasi politik internasional yang kini dipenuhi konflik antar agama, etnik dan negara serta menguatnya pemahaman ekstrimisme dan terorisme global merupakan ancaman serius bagi pembangunan dunia secara berkelanjutan," tutur M. Ibrahim Hamdani yang juga Asistem Direktur Pusat Kajian Timur Tengah dan Islam (PKTTI UI) ini.

Jika kondisi krisis dunia ini dibiarkan berlarut-larut, lanjutnya, maka kemanusiaan kita akan terancam dengan semakin sulitnya akses terhadap pangan sandang, dan papan akibat perang dan konflik antar sesama manusia.

"Konflik Myanmar antara pemerintah dengan etnik Rohingya di Rakhine State merupakan contoh nyata betapa faktor kemanusiaan sangat diabaikan oleh pihak-pihak yang berkonflik," paparnya.

Akibatnya, fasilitas umum di sana menjadi hancur-lebur, bahkan terjadi gelombang pengungsian besar-besaran ke berbagai negara di sekitar Myanmar seperti Bangladesh, Malaysia, Thailand, dan Indonesia.

"Dalam kondisi seperti ini, tentu pembangunan berkelanjutan untuk pangan, sandang,dan papan akan terhambat dan tidak dapat dikakukan dengan baik," ungkapnya.

Menurutnya, kondisi serupa dapat kita lihat dalam konflik Israel-Palestina yang telah berlangsung lebih dari 60 tahun dan tidak kunjung selesai hingga kini. "Betapa pembangunan infrastruktur di Jalur Gaza dan Tepi Barat, Palestina, sangat minim dan di bawah standar internasional untuk fasilitas sandang, pangan, dan papan yang layak," ucapnya.

Hamdani juga mengajak semua pihak untuk belajar dari konflik Suriah antara pemerintah dengan kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di satu sisi, dan kelompok oposisi Free Syrian Army (FSA) atau Tentara Pembebasan Suriah di sisi lain.

Kelompok-kelompok ini juga terlibat konflik dengan Pasukan Milisi Kurdi atau Yekîneyên Parastina Gel (YPG), dan Pasukan Demokratik Suriah atau Syrian Democratic Front (SDF). "Berbagai konflik ini telah memporak-porandakan berbagai fasilitas umum yang ada di Suriah, baik sandang, pangan, maupun papan," imbuhnya.

Kualitas dan harapan hidup rakyat Suriah pun, jelasnya, menurun drastis seiring dengan berlarut-larutnya konflik Suriah.

Apalagi negara-negara besar seperti China, Iran, Amerika Serikat, Rusia, dan Turki ikut terseret arus pusaran konflik di Suriah sehingga semakin menjauhkan negara itu dari harapan terwujudnya pembangunan berkelanjutan di segala bidang secara berkelanjutan.

Di sisi lain, konflik antara negeri Paman Sam, Amerika Serikat (AS), dengan Korea Utara semakin memanas akhir-akhir ini. Perang kata-kata bernada saling ejek antara Presiden AS, Donald Trump, dengan Presiden Korea Utara, Kim Jong Un, membuat negara-negara di kawasan Asia Timur, terutama Kekaisaran Jepang, Republik Rakyat China (RT)RC), dan Korea Selatan, meningkatkan anggaran militer untuk memperkuat armada lautnya.

Bahkan, latihan militer pun semakin sering dilakukan dengan alasan untuk mempertahankan kedaulatan negara dari apa yang mereka sebut ancaman senjata rudal dan nuklir Korea Utara. Daya ledak dan jelajah Rudal Taepodong II yang semakin jauh dan kuat turut memperbesar ancaman itu.

Sebaliknya, RRC pun tetap berkomitmen untuk membantu sekutu tradisionalnya, Korea Utata, seraya tetap mengimbau semua pihak, khususnya Korea Utara, untuk mempertahankan stabilitas keamanan regional Asia Timur dan masing-masing pihak untuk menahan diri.

Bertambahnya anggaran militer di negara-negara Asia Timur ini tentu berpotensi menimbulkan konflik terbuka, bahkan perang antar negara. Jika perang terbuka itu sampai terjadi, teantu saja pembangunan berkelanjutan dalam berbagai bidang akan terhambat dan menurunkan kualitas sumber daya manusia (sdm) di Asia Timur akibat banyaknya pengungsi dan korban perang. (bilal/voa-islam)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X