Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.394 views

BHF FPI: Pelarangan Menara Masjid Papua Langgar HAM

JAKARTA (voa-islam.com), Badan Hukum Front (BHF) FPI mengecam keras tuntutan Persekutuan Gereja-gereja di Kabupaten Jayapura (PGGKJ) untuk membongkar menara Masjid Al-Aqsha di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Koordinator BHF FPI, Aziz Yanuar, SH menilai sikap gereja yang tertuang dalam keputusan PGGKJ pada 16-2-2018 dalam 8 poin melanggar Hak Asasi Manusia.

"Poin 1,3,4,5 dan 7 adalah bentuk pelanggaran HAM bahkan masuk ranah tindak pidana," kata Azis kepada voa-islam.com, Senin (19/3/2018).

Azis menjelaskan tuntutan poin nomor (1) soal pelarangan adzan, nomor (3) soal pelarangan pakaian seragam sesuai agama yang dianut, nomor (4) soal melarang adanya ruang khusus untuk ibadah dan nomor (5) soal melarang pembangunan masjid dan mushola tanpa memandang adanya umat Islam yang membutuhkan tempat ibadah layak  sesuai  ketentuan pemerintah, serta nomor (7) soal melarang menara rumah ibadah,sementara hal itu masuk dalam ranah syariah Islam dan merupakan bagian dari ibadah.

"Ini jelas adalah suatu pelanggaran HAM sebagaimana diatur dalam pasal 28 E ayat (1) dann(2) dan pasal 29 ayat (2) uud 1945 juga pasal 4 dan pasal 22 uu no.39 thn 1999 tentang HAM,"ujarnya.

Bahkan, sambung Azis, dalam edaran itu terdapat semacam ancaman nyata. Hal itu merupakan tindak pidana pelanggaran pasal 175 KUHP dengan ancaman lebih dari 1 tahun penjara serta merupakan sebuah perbuatan melawan hukum (onrechtmatige daad) sesuai ketentuan 1365 KUHPERDATA.

"Hal ini dapat digugat ke pengadilan, dilaporkan ke komnas HAM sesuai ketentuan pasal 90 ayat (1) UU HAM bahkan kepada pihak kepolisian,"tegasnya.

Aziz berpendapat, selain seabreg pelanggaran hukum, sikap PGGKJ juga merupakan bentuk tindakan intoleransi dari minoritas dan dapat menimbulkan kondisi yang meresahkan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang berbhineka tunggal ika.

"Ini nyata juga merupakan bentuk provokasi dan tindakan intoleran sangat nyata serta menantang kerukunan beragama di republik ini,"ucapnya.

Azis meminta aparat hukum agar mengambil tindakan tegas, karena tuntutan PGGKJ dapat menimbulkan gesekan horisontal di daerah-daerah lain di Indonesia.

"Kami menuntut peran aktif pemerintah atas tindakan intoleran, provokatif dan arogan ini, "pungkasnya.

Sebelumnya diketahui, PGGKJ menuntut pembongkaran menara Masjid Al-Aqsha karena lebih tinggi dari bangunan-bangunan gereja yang banyak ada di Sentani. Ketua Umum PGGKJ, Pendeta Robbi Depondoye menyatakan, pembongkaran harus dilakukan selambat-lambatnya pada 31 Maret 2018, atau 14 hari sejak tuntutan resmi diumumkan hari ini. PGGKJ juga sudah menyurati unsur pemerintah setempat untuk pertama-tama menyelesaikan masalah sesuai aturan serta cara-cara persuasif.

Cara lain akan ditempuh jika dalam 14 hari, belum ada titik temu penyelesaian masalah.

Berikut delapan tuntutan dari PGGJ Jayapura:

1. Bunyi Adzan yang selama ini diperdengarkan dari toa kepada khalayak umum harus diarahkan ke dalam masjid.

2. Tidak diperkenankan berdakwah di seluruh tanah Papua secara khusus di Kabupaten Jayapura.

3. Siswa-siswi pada sekolah-sekolah negeri tidak menggunakan pakaian seragam/busana yang bernuansa agama tertentu.

4. Tidak boleh ada ruang khusus seperti musala-musala pada fasilitas umum, sekolah, rumah sakit, pasar, terminal, dan kantor-kantor pemerintah.

5. PGGJ akan memproteksi di area-area perumahan KPR BTN tidak boleh ada pembangunan masjid-masjid dan musala-musala.

6. Pembangunan rumah-rumah ibadah di Kabupaten Jayapura Wajib mendapat rekomendasi bersama PGGJ, pemerintah daerah dan pemilik Hak Ulayat sesuai dengan peraturan pemerintah.

7. Tinggi bangunan rumah ibadah dan menara agama lain tidak boleh melebihi tinggi bangunan gedung gereja yang ada di sekitarnya.

8. Pemerintah Kabupaten Jayapura dan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Jayapura Wajib menyusun Raperda tentang kerukunan umat beragama di Kabupaten Jayapura.

Berdasarkan delapan poin penting di atas maka sikap PGGJ terkait pembangunan Masjid Al-Aqsha:

1. Pembangunan menara masjid Al-Aqsha harus dihentikan dan dibongkar.

2. Menurunkan tinggi gedung masjid Al-Aqsha sejajar dengan tinggi bangunan gedung gereja yang ada di sekitarnya. (bilal/voa-islam)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X